Manfaat Teh Hijau Untuk Rambut dan Cara Menggunakannya

Bukan rahasia umum lagi kalau teh hijau punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh  sebagai antioksidan alami. Selain itu, manfaat teh hijau untuk rambut pun sangat besar, mulai dari mengatasi rambut rontok bahkan sampai membantu pertumbuhan rambut.

Teh hijau juga dipercaya bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Dengan menghancurkan lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh.  Selain dapat menurunkan berat badan dengan mengkonsumsi sacara rutin , teh hijau juga berkhasiat yaitu untuk merawat kecantikan alami secara tradisional seperti mencerahkan kulit, menghilangkan kantung mata dan lain lain.

manfaat teh hijau untuk rambut

Tapi tahukah sahabat semua? Selain khasiat di atas masih ada manfaat teh hijau yang sangat berguna terutama bagi para wanita yang umumnya sangat memperhatikan kecantikan dan penampian termasuk  penampilan rambut. Rambut sehat dan lebat adalah idaman setiap wanita, para pria pun juga pasti akan kurang kepercayaan dirinya jika berambut tipis bahkan botak. Karena itu rambut rontok adalah momok yang bisa dialami semua orang.

Ada banyak penyebab rambut rontok antara lain:

  1. Siklus pertumbuhan rambut tidak seimbang
  2. Kehamilan dan persalainan
  3. Gangguan hormone
  4. Obat obatan
  5. Infeksi
  6. Penyakit
  7. Kurang gizi dan vitamin
  8. Gangguan emosional

Meskipun sekarang sudah banyak dijual obat anti rambut  rontok atau pun sampo tapi jika sahabat ingin cara yang lebih alami dan khasiatnya tidak kalah,  sahabat harus mencoba untuk menggunakan teh hijau.  Antioksidan yang terkandung dalam teh hijau mempunyai manfaat untuk mengatasi kerontokan.

Manfaat Teh Hijau Untuk Rambut

>>Membantu menghiangkan ketombe dan psoriasis penyebab kerontokan

Teh hijau berkhasiat menghilangkan ketombe dan penyakit kulit psoriasis  yang menyebabkan rambut  rontok. Kandungan dalam teh hijau. Kandungan dalam teh  hijau ini dapat mengurangi iritasi yang terjadi di kulit kepala sehingga kulit kepala selalu sehat dan mengurangi rambut rontok.

Baca: Cara Alami Dan Cepat Mengatasi Rambut Rontok

>>Melembabkan dan memperkuat akar rambut

Selain kandungan antioksidan yang tinggi, teh  hijau juga mengandung vitamin E, C,  pathenol dan provitamin.  Vitamn E mampu mengembalikan kelembaban alami rambut dan mencegah dari kerusakan. sedangkan vitamin C berperan untuk melindungi rambut dari panas sinar matahari. Pathenol dan provitamin akan menjadikan akar rambut kuat dan tidak mudah patah.

>>Membantu pertumbuhan rambut

Mencegah rambut rontok dengan teh hijau sangat dianjurkan karena Teh hijau mengandung Epugallocatechin-3-gallate (EGCE) sebanyak 10% yang merupakan komponen antioksidan yang paling kuat. EGCE yang ada pada teh hijau ini  memiliki peran penting untuk membantu merangsang pertumbuhan rambut.

Baca: Cara Alami Meluruskan Rambut Tanpa Ribet

>>Teh hijau sebagai anti DHT

ads by google :

Dihydrotetosterone ( DHT)  adalah jenis testosterone alami yang terdapat pada pria maupun wanita.  DHT merupakan penyebab utama kerontokan rambut. Terutama pada pria, karena folikel rambut pria lebih sensitive terhadap DHT sehingga kemungkinan kebotakan pada pria lebih besar dibanding dengan wanita. Teh hijau adalah bahan alami yang sangat ampuh untuk melawan DHT . karena teh hijau mampu membuat kadar hormone seks pengikat globulin meningkat yang akan berinteraksi dengan testosterone sehingga pembentukan DHT ini dapat dicegah.

>>Melancarkan sirkulasi darah ke folikel

Di dalam teh hijau terkandung folikel jenis katekin yang memiliki fungsi antibiotik dan efek karsinogenik. Katekin ini akan membuat kontraksi pada pembuluh darah semakin baik dan secara aliran darah menuju system kardiovaskular dan pembuluh darah kecil lain. Termasuk ke dalam folikel rambut sehingga aliran darah menjadi lancar.

Cara Menggunakan Teh Hijau untuk Rambut

Cara perawatan rambut rontok dengan teh hijau sangat mudah. Berikut ini langkah langkah yang harus sahabat lakukan untuk mendapatkan manfaat teh hijau untuk rambut:

– Seduhlah teh hijau dengan setengah gelas air panas

– Diamkan Selama satu malam hingga dingin dan basi

– Gunakan air seduhan teh hijau ini kemudian digunakan setelah memakai sampo pada saat keramas

– Cukup oleskan merata ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala, pijat secara lembut dan perlahan

– Diamkan kira kira 15 menit lalu bilas dengan air hingga bersih

– Lakukan secara rutin 2 minggu sekali agar hasil yang didapatkan lebih optimal

Nah sahabat, bagaimana tertarik untuk mencoba bukan. Selain hampir tak mengeluarkan biaya manfaat teh hijau untuk rambut rontok patut dicoba.

Baca juga:

12 Cara Membuat Masker Rambut Tanpa Ribet

Cara Merawat Rambut Bercabang Secara Alami dan Mudah

Selamat mencoba

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *