10 Daftar Manfaat Sayur Oyong

Pernah makan sayur oyong? Ternyata sayur yang satu ini mempunyai manfaat yang luar biasa. Sayur oyong dapat digunakan sebagai pilihan untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Selain itu, sayur oyong ini juga bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit. Seperti apa saja manfaat sayur oyong ini, kita akan kupas tuntang semua dalam ulasan berikut.

Sayur oyong atau lebih akrab dengan sapaan sayur gambas, merupakan sayuran yang banyak sekalli dijumpai di pasar ataupun tukang sayur yang sering keliling kompleks. Sayur oyong ini mempunyai bentuk yang memanjang dengan warna hijau, mempunyai kulit yang kasar dan keras namun didalamnya sangat lembut.

 

Manfaat Sayur Oyong Untuk Kesehatan

Sayur oyong yang biasa kita konsumsi dengan cara ditumis ataupun dibuat sayur bening, ternyata mempunyai manfaat yang cukup banyak. Berikut ini adalah beberapa manfaat sayur oyong bagi kesehatan, kecantikan, bayi maupun ibu hamil.

1. Mengobati radang tenggorokan

Sayur oyong ini mempunyai kandungan yang bermanfaat untuk mengatasi dan meringankan sakit karena radang tenggorokan.

Untuk mendapatkan manfaat sayur oyong ini, caranya adalah sebagai berikut:

Ambil sayur oyong atau gambas yang masih cukup muda. Cuci sampai bersih kemudian blender sampai halus. Oyong yang sudah di blender tadi minum secara teratur sebanyak 2 sampai 3 kali sehari. Agar lebih nikmat beri tambahan gula pasir atau gula batu sesuai selera.

2. Baik untuk pencernaan dan mencegah sembelit

Sayur oyong mempunyai kandungan serat yang cukup baik, sama seperti sayur yang lain. Serat ini yang akan membantu melancarkan sistem pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit atau konstipasi.

3. Membantu mengatasi asma

Oyong ternyata juga bermanfaat untuk membantu mengatasi dan mengurangi gejala sakit asma. Untuk mendapatkan manfaat ini, yang harus sahabat lakukan adalah menyiapkan oyong yang masih muda. AMbil oyong beserta tangkainya, ingat ya tangkainya jangan dibuang. Cuci bersih kemudian blender sampai halus ( dibuat jus ). Minum jus oyong tadi 2 kali dalam satu hari. Jangan lupa, diminum secara teratur.

4. Membantu mengatasi radang telinga

Tidak hanya untuk mengobati radang tenggorokan ataupun asma, Sayur oyong juga bermanfaat untuk mengatasi radang telinga juga.

Caranya yaitu:

Siapkan 500 gr oyong yang sudah tua potong kecil kecil

Daun sambiloto 50 lembar

ads by google :

Air 2 liter

Cara membuat:

Rebus oyong dan juga daun sambiloto kedalam 2 liter air

Tunggu sampai mendidih dan sisakan kira kira 500cc

Minum 2 sampai 3 kali dalam sehari

5. Melancarkan ASI (air susu ibu)

Untuk mendapatkan manfaat sayur oyong sebagai pelancar ASI, yang kita butuhkan adalah sayur oyong itu sendiri dan juga bijinya. Panggang oyong dan beserta bijinya kemudian tumbuk sampai lembut. Buat oyong panggang tadi sebagai kopi, seduh dengan air panas dan minum 1 sampai 2 kali dalam satu hari. Dalam sekali minum ambil sekitar 6 gr untuk membuat kopi oyong sekali minum.

Baca : 10 Rahasia Manfaat Daun Katuk

6. Melancarkan darah

Sayur oyong ini juga mempunyai manfaat untuk melancarkan peredaran darah. Agar hasil lebih maksimal, sahabat dapat memasak sayur oyong ini dengan mencampuri jamur kuping didlamnya.

7. Membantu mengatasi radang usus

Kandungan antibakteri pada sayur oyong bermanfaat sekali untuk meringankan gejala radang termasuk peradangan pada usus. Siapkan sayur oyong yang cukup tua lalu potong. Jemur hingga kering lalu tumbuk sampai lembut. dalam 20 gr bubuk oyong seduh dengan setengah gelas air panas dan diminum sebanyak 1 sampai 2 kali dalam satu hari.

8. Mengatasi cacingan

Untuk mengatasi cacingan ini, kita dapat memanfaatkan biji sayur oyong yang sudah tua. Ambil dan haluskan bijji oyong, lalu seduh dengan air panas dan minum secara teratur dan rutin setiap satu kali dalam satu hari. Untuk anak anak dapat diberikan 30 gr oyong setiap satu kali minum dan orang dewasa 40 gr oyong.

9. Mengatasi diabetes

Biji oyong mengandung senyawa curcubitacin yang mana mampu membantu menurunkan kadar gula dalam darah. 2 sampai 3 buah biji oyong atau gambas yang sudah tua setara dengan 10,8 sampai 21,6 mg/kg bb diperkirakan dapat membantu pasien diabetes.

10. Menjaga kecantikan dan kelembutan kulit

Kandungan vitamin A, vitamin C dan juga vitamin K pada sayur oyong ini merupakan bagian dari antioksidan alami. Yang mana antioksidan ini sangat bermanfaat untuk membantu mempercantik tubuh dari dalam. Selain itu vitamin C itu sendiri juga merupakan salah satu pembentuk sel sel tubuh yang telah mati sehingga mempercepat proses regenerasi.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *