Plafon dan Pembiayaan Naik Kelas Perawatan BPJS

BPJS sahabat kelas II tapi ruang perawatan kelas II penuh? Kalau misalnya naik kelas perawatan, kira kira pembiayaannya bagaimana?

Sahabat tidak usah khawatir, karena walaupun sahabat mempunyai asuransi BPJS di kelas II sahabat tetap dapat menikmati layanan kelas I ataupun VIP. Untuk naik kelas perawatan ini hanya tersedia untuk BPJS di kelas II dan kelas I. Untuk BPJS kelas III sekarang tidak dapat naik ke kelas yang lebih tinggi saat dirawat.

naik kelas perawatan

Cara Naik Kelas Perawatan BPJS

Lalu bagaimana sistem pembiayaanya? Dalam BPJS di setiap penyakit terdapat plafon. Walaupun pas edukasi saya tanya sama petugasnya, petugas tersebut bilang kalau dalam BPJS tidak ada plafon. Tapi itulah kenyataannya. Plafon yang diberikan BPJS berbeda setiap penyakit.

Nah jadi penghitungannya seperti ini. Misalnya sobat mempunyai BPJS kelas II dan peserta sedang menderita sakit hipertensi atau darah tinggi. Katakanlah misalnya saja plafon yang diberikan BPJS untuk penyakit hipertensi kelas II misalnya 7 juta. Berhubung ruang kelas II penuh, sobat naik ke kelas VIP. Untuk penghitungan pembiayaan ini bukan dihitung per hari ataupun juga per tindakan.

Untuk penghitungan BPJS seperti berikut:

Misal plafon dari BPJS tadi 7 juta, sedangkan biaya perawatan peserta di kelas VIP menghabiskan 10 juta maka peserta harus membayar selisihnya yaitu 3 juta. Begitu pula misalnya plafon BPJS 7 juta, namun biaya perawatan peserta hanya sekitar 5 juta itu artinya peserta tidak perlu membayar tambahannya. Lalu bagaimana dengan uang 2 juta selisihnya? Untuk selisih 2 juta tersebut akan kembali lagi ke BPJS, jadi tidak dikembalikan ke peserta.

Untuk biaya kelas perawatan, diambil dari biaya kelas perawatan tertinggi. Misalnya tadi BPJS sahabat kelas II, namun sahabat dirawat di kelas VIP, maka biaya perawatan di hitung seperti yang berlaku dikelas VIP.

ads by google :

Kurang lebih seperti itu lah tentang naik kelas perawatan yang berlaku di BPJS.

Nah kalau mau periksa pake BPJS, selain datang membawa si pasien kita juga harus membawa syarat syaratnya. Ini adalah beberapa syarat yang harus dibawa kalau sahabat mengantar periksa di rumah sakit:

  1. Kartu BPJS asli
  2. Kartu keluarga asli ( khusus untuk jamkesmas)
  3. Surat rujukan asli dari faskes I
  4. KTP asli

Pada beberapa rumah sakit ada juga yang minta agar syarat syarat diatas di fotocopy. Denger denger, baru wacana sih kalau nanti per januari 2019 semua rakyat indonesia wajib punya kartu BPJS. Kalau nanti nggak buat kartu BPJS, nggak bisa mendapatkan fasilitas umum lain seperti tidak bisa membuat KTP, KK, akte kelahiran, SIM dan lain lain.

Anyway, saya bersyukurlah ada BPJS yah walaupun prosesnya agak ribet sih.

Baca juga:

Cara Membuat BPJS dan Syarat Wajib Pembuatannya

Syarat dan Cara Pindah Kelas Serta Faskes I BPJS

Semoga bermanfaat.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


One Komentar Pada “Plafon dan Pembiayaan Naik Kelas Perawatan BPJS

  1. ahmad yusup

    Aslmualaikum…. maaffff… tolong saya ingin tahu plafon semua penyakit yg ditanggung bpjs kls 2.. dan apa bener plafon ashma di bpjs hanya 1.800.000

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *