Obat Batuk Pilek Untuk Bayi Aman dan Efektif

Obat batuk pilek untuk bayi dari bahan alami tradisional, mudah cepat dan aman. Batuk pilek merupakan salah satu momok menakutkan bila menimpa bayi ya sobat. Batuk pilek biasanya terjadi akibat cuaca kurang bersahabat, musim hujan atau bisa juga akibat musim dingin atau cuaca sering mendung dan kerap turun hujan. Batuk dan pilek kerap menimpa bayi secara berbarengan dan menganggu saluran pernafasan si buah hati.

Cara Mengatasi Batuk Pilek pada Bayi

Bagi bunda yang cemas dengan kondisi si buah hati yang tengah pilek, jangan panik ya. Tapi harus tahu apa yang harus dilakukan dengan tepat agar si buah hati cepat sembuh. Terlebih sobat-sobat yang masih baru menjadi ibu muda dan belum pernah menghadapi situasi bayi yang terkena batuk pilek. Berikut ini ada beberapa cara alami mengatasi batuk disertai pilek.

obat batuk pilek untuk bayi

Mandikan bayi dengan air hangat dan sertai mandi uap. Cara mudahnya, rebus air hingga mendidih, kemudian airnya dimasukkan di dalam kamar mandi. Lalu tutup pintu kamar mandi agar uapnya berkumpul. Setelah itu, sobat bisa memandikan bayi di dalam kamar mandi dengan air hangat dan otomatis juga terkena hangatnya uap air tadi.

Beri waktu istirahat untuk si bayi
Jangan diajak jalan atau bagi sobat yang masih menyandang status bunda muda dan kerap berbisnis, usahakan bayinya diutamakan untuk diberi perhatian. Berikan kenyamanan, kasih sayang dan waktu istirahat cukup agar berpengaruh membangun daya tahan tubuh si kecil.

Untuk bayi umur 3 bulan ke atas, gosokkan uap ke badannya terutama pundak, punggung dan bagian leher untuk membantu bayi tidur pulas serta meringankan hidung tersumbat akibat pilek. Menggosok bayi bisa menggunakan minyak kayu putih disertai dengan menggosok uap seperti petrolatum, minyak dan eucalyptus membantu mengurangi hidung tersumbat pada bayi.

Jauhkan bayi dari obat-obatan generik atau antibiotik
Untuk bayi umur 1-9 bulan sangat dianjurkan jangan menggunakan obat-obatan generik untuk mengobati batuk pilek bayi. Sebab daya tahan tubuh belum kuat menghadapi obat, tetapi gunakan cara alami seperti di atas dan bila ingin menggunakan obat tertentu harus di bawah pengawasan ketat dokter ahli.

Obat Batuk Pilek Untuk Bayi 9 Bulan

Untuk mengobati bayi umur 9 bulan ke atas, ada beberapa cara dan tentu sangat berbeda dengan penanganan pada bayi usia di bawah 9 bulan. Sobat bisa mengaplikasikannya bila si buah hati terkena batuk pilek cara-cara berikut:

Berikan minum air putih
Dengan banyak minum banyak cairan akan membantu bayi jauh dari dehidrasi, mengencerkan lender di tenggorokan dan melegakan hidung tersumbat akibat pilek. Bila bayi umur di bawah 9 bulan, sobat harus memastikan asupan ASI lebih dari cukup dari biasanya.

ads by google :

Obat batuk pilek dengan madu
Madu hanya untuk bayi umur 12 bulan ke atas ya bun, jangan diberikan kepada bayi umur 12 bulan ke bawah. Caranya seperti berikut ini:

Campuran remasan jeruk nipis campur kecap. Ini cocok untuk bayi umur 9 bulan ke atas bahkan juga masih cocok untuk meredakan batuk balita, remaja dan orang dewasa.

Beri istirahat cukup untuk bayi.
Istirahat yang cukup pada bayi akan membantu meringankan gejala batuk pilek. Dengan istirahat yang cukup akan mengembalikan tenaga dan juga sel tubh yang rusak akan teregenerasi.

Beri obat berdasarkan gejala sakit si bayi
Utamakan obat yang fokus mengencerkan dahak atau lender di tenggorokan agar sumber pilek dan batuk mereda dan ingat ya sobat, harus berdasarkan resep dokter, atau minimal sudah tahu banyak dan konsultasi dengan bunda-bunda lain yang lebih berpengalaman. Jangan nekat.

Obat Batuk Pilek Untuk Bayi Baru Lahir

Untuk bayi umur 0 bulan sampai 3 bulan harus ekstra hati-hati ya bunda. Disarankan memberikan imunitas kepada bayi dengan cara intensif memberikan ASI. Sobat sebagai bunda juga mesti mengkonsumi makanan bergizi, penuh nutrisi dan vitamin agar ASI untuk bayi bagus untuk kesehatan dan daya tahan bayi ya.

Selain itu karena imun bayi rendah dan kondisi pernafasan sudah tersumbat, sobat harus cepat tanggap dengan mengeluarkan lender atau ingus di hidung dengan obat tetes hidung atau pipet sedotan yang khusus menyedot lendir bayi yang banyak tersedia di apotik.
Semoga cara-cara di atas berhasil ya bunda dan bayi semakin sehat dan kebahagiaan kian komplet.

Info menarik yang wajib juga bunda ketahui:

1. Cara Mudah dan Aman Mengatasi Cegukan Pada Bayi

2. Cara Mudah dan Aman Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Selamat mencoba. Salam sehat.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


One Komentar Pada “Obat Batuk Pilek Untuk Bayi Aman dan Efektif

  1. aiysah

    Terimakasih sekali atas saran sarannya
    Menambah wawasan buat saya karena saya ibu muda hamil

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *