Pengobatan Ginekomastia, Pembesaran Payudara pada Pria

Pembesaran payudara pada laki laki atau sering dikenal dalam medis dengan istilah ginekomastia. Ginekomasti merupakan penyakit berupa pembengkakan pada jaringan payudara dan umumnya terjadi pada laki-laki. Ginekomasti menyerang bayi yang baru lahir, remaja bahkan orangtua. Jadi, sobat harus hati-hati bila ada keanehan dan ketidakberesan di bagian payudara terutama laki-laki. Tentu keanehan pembengkakan hingga benjol dan rasa sakit di payudara cukup mengganggu. Apalagi pembengkakan tersebut kentara dan dapat menghilangkan rasa percaya diri, mengganggu penampilan dan menjadi malu karena laki-laki punya payudara menyerupai perempuan.

Gejala awalnya biasanya payudara terasa nyeri, jaringan payudara dan kelenjar di dalamnya membengkak, ukuran payudara bertambah, serta terasa sakit. Kadang bila parah dapat membengkak menyerupai benjolan, terasa keras, bahkan mengeluarkan darah dari putingnya. Biasanya ginekomasti datang ketika masih masa-masa puber dan hilang dengan sendirinya seiring waktu.

pembesaran payudara pada laki laki

Penyebab Ginekomastia

Penyebabnya adalah terjadinya ketidakseimbangan perkembangan hormon testoteron dan hormon estrogen. Bila seorang anak laki-laki atau sudah dewasa cenderung mengalami perkembangan hormone estrogen lebih besar daripada hormon testoteron, maka dapat menyebabkan semakin besar kemungkinan terkena ginekomasti.

Dalam beberapa kasus yang lebih parah, penderita ginekomasti harus menjalani operasi pembedahan dan pengangkatan payudara. Karena sangat tidak normal dan menganggu ketika seorang laki-laki memiliki payudara layaknya seorang perempuan.

Hormon testoteron adalah hormon normnal pada laki-laki yang berfungsi mengatur keseimbangan tampilan laki-laki seperti otot, pola bulu di wajah (kumis, jenggot dan cambang), suara berat, dan sebagainya. Sementara hormon estrogen berperan dalam membentuk sifat-sifat alami perempuan seperti bentuk payudara, pinggul, suara, pola bulu di wajah yang tanpa kumis, cambang dan janggut dan sebagainya.

Bila ginekomasti disebabkan oleh hormon, biasanya seiring perjalanan waktu akan hilang. Penyebab lain ginekosmatia adalah pengunaan salah obat-obatan, penyakit hati yang sudah akut, akibat penggunaan kimia pada kemoterapi, gagal ginjal serta penyalahgunaan narkoba. Penggunaan obat-obatan tersebut menyebabkan produksi hormon testoteron terganggu.

Bahaya Ginekomasti

Ginekomasti cukup berbahaya terutama bagi bayi, praremaja, remaja dan dewasa. Bahaya ginekomasti dapat Sobat lihat sebagai berikut:

1. Pada bayi
Bila ada bayi laki-laki dilahirkan dan memiliki ukuran payudara tidak normal, maka bisa dipastikan akibat efek hormone estrogen dari ibunya. Dalam beberapa kasus hal tersebut hilang seiring waktu. Bila tidak ada tanda-tanda mengecil atau hilang, maka segera lakukan perawatan dan diobati ke dokter.

2. Pada usia pra-remaja
Biasanya ginekomasti timbul akibat hormon estrogen dan muncul dalam waktu dua tahun dan setelah itu biasanya menghilang.

3. Pada remaja
Biasanya pada remaja ginekomasti timbul akibat hormone pubertas dan biasanya sembuhh dalam waktu enam hingga dua tahun atau hingga masa pubertas berakhir.

ads by google :

4. Pada usia dewasa
Biasnaya puncaknya terjadinya ginekomasti timu di usia 50 sampai 80 tahun dan muncul disebabkan kanker hati, paru-paru, sirosis, tiroid, kelenjar pituitary, testis dan adrenal yang terlalu aktif.

Cara Mengobati Ginekomasti

Untuk pengobatan secara alami hingga saat ini belum ditemukan bahana alami yang bisa mengatasi ginekomasti. Namun secara medis, biasanya di rumah sakit atau dokter khusus akan mengambil sampel payudara penderita untuk diuji di laboratorium untuk memastikan hormone atau penyebab lainnya hingga terjadinya ginekomasti.

Ada beberapa cara mengobati ginekomasti. Di antaranya sebagai berikut:

1. Dengan obat-obatan
Obat khusus kanker payudara terkadang digunakan untuk mengobati ginekomasti seperti tamoxifen dan raloxifene.

2. Dengan operasi atau pembedahan
Operasi atau pembedahan adalah upaya terakhir bila gejala ginekomasti tidak ada tanda-tnda menghilang, atau malah semakin membesar dan bertambah parah.

3. Masektomi
Cara ini juga membutuhkan pembedahan, namun hanya membedah dan menghilangkan jaringan sel dan kelenjar penyebab payudara membengkak.

Semoga artikel tentang ginekomastia atau pembesaran payudara pada laki laki diatas bermanfaat.

Baca juga:

Bahaya dan Cara Mengatasi Bruxism-Gemeretak Gigi Saat Tidur

Cara Efektif Menghilangkan Bulu Kumis pada Pria dan Wanita

Selamat membaca.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *