Penanganan dan Pencegahan Lordosis

Lordosis adalah salah satu dari beberapa jenis kelainan pada tulang belakang. Selain lordosis, ada 2 lagi jenis kelainan pada tulang belakang, yaitu skoliosis dan kifosis.

Lordosis merupakan suatu keadaan dimana tulang belakang atau tulang punggung mengalami kelengkungan yang berlebihan dan tulang tampak seperti tertarik kedepan.

penanganan lordosis

Sedangkan kifosis adalah suatu keadaan dimana tulang belakang tampak tertarik kebelakang, sehingga tubuh tampak seperti membungkuk atatu condong ke depan. Hal ini biasanya terjadi pada orang orang yang sudah berusia lanjut. Tapi tidak menutup kemungkinan juga buat kamu yang masih muda juga beresiko.

Kelainan tulang belakang yang berikutnya adalah skoliosis. Kelainan tulang ini tubuh tampak membentuk hiruf S.

Penanganan Pada Lordosis

Baik kifosis, lordosis ataupun skoliosis biasanya seringkali disebabkan karena posisi tubuh saat duduk yang salah, namun ada beberapa jenis penyakit yang juga dapat menyebabkan kelainan ini. Kelainan tulang belakang seperti itu akan menyebabkan rasa sakit pada pinggang atau biasa dikenal dengan sebutan low back pain.

Lordosis ini dapat diobati dengan beberapa tekhnik seperti terapi kiropaksi. Tujuan dari pengobatan pada lordosis ini adalah mencegah agar tulang tidak semakin membengkok dan juga tidak terjadi perubahan pada tubuh si penderita.

ads by google :

Untuk mengetahui seberapa parah lordosis ini, sebelum pengobatan diperlukan juga beberapa jenis pemeriksaan yang harus teman teman lakukan, antara lain:

  • Pemeriksaan sinar X, pemeriksaan ini untuk menilai seberapa besar kelainan dan kelengkungan dari lordosis
  • CT scan, untuk mengetahui seberapa parah lordosis

Beberapa olahraga tertentu dan secara rutin dapat membantu untuk mengurangi resiko dari lordosis. Selainitu, posisi duduk saat sedang belajar atau membaca juga akan berpengaruh terhadap bentuk tulang kita. Untuk itu kita harus menjaga dan membiasakan untuk hidup sehat setiap hari.

Beberapa contoh gerakan dalam video ini dapat membantusobat dalam memilih jenis olahraga yang bisa membantu sobat meringankan gejala sakit pada daerah tulang belakang yang tidak hanya lordosis semata.

Semoga beberapa contoh gerakan pada video diatas bermanfaat untuk sobat dalam mengatasi rasa sakit pada punggung sobat.

Info menarik lain yang juga perlu untuk sobat baca:

Cara Tepat Mengobati dan Mencegah Hernia

Diet Sehat Makanan Untuk Penderita Asam Urat

Selamat mencoba, semoga sobat semua selalu diberi kemudahan dan kelancaran.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *