Pentingnya Tidur Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Pentingnya tidur bagi kesehatan tubuh dan menjaga stamina tubuh. Tidur merupakan kebutuhan manusia paling dasar selain makan dan minum. Bisa Sobat bayangkan sendiri, jika manusia tanpa tidur atau kurang tidur, pasti mata merah, kepala oyong dan kesehatan menurun.Tidur juga merupakan sarana istirahat, rileks, menstabilkan organ-organ tubuh yang kelehan dan tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Tidur tidak hanya mempengaruhi kesehatan fisik, tetapi juga mempengaruhi mental, kejiwaan dan suasana hati. Biasanya orang yang cukup tidur terlihat lebih fresh, semangat, fokus, sehat dan bertenaga ketika bekerja. Berbeda dengan orang yang kurang tidur terlihat lesu, lemas, berkali-kali menguap, tidak fokus serta tidak bisa konsentrasi penuh.

penttungnya tidur bagi kesehatan

Dari segi kesehatan, waktu tidur normal bagi orang dewasa adalah 7 sampai 8 jam sehari. Jadi, kalau tidur jam 10 malam maka bangunnya pada jam 5 atau jam 6 pagi. Orang yang cukup tidur dengan orang yang kurang tidur sangat kentara dalam aktivitas sehari-hari.

Manfaat Tidur Bagi Kesehatan

Karena tidur sangat penting, maka Sobat perlu tahu apa-apa saja manfaat tidur bagi kesehatan. Terutama bagi Sobat yang suka bergadang hingga larut malam atau terlalu asyik bekerja dan beraktivitas hingga mengabaikan jam tidur ala kadarnya saja. Berikut beberapa manfaat tidur bagi kesehatan:

Menyehatkan.
Ini paling dasar. Tidur otomatis membuat tubuh segar, pikiran fresh, tidak ada rasa kantuk, lemas dan malas. Ketika bekerja dan beraktivitas pun dapat berkonsentrasi dengan baik.

2. Tidur cukup dapat meningkatkan kemampuan memori
Bagi pelajar dan mahasiswa, tidur cukup dapat meningkatkan ingatan. Misalnya ketika belajar di pagi hari bangun tidur atau mengulang pelajaran di pagi hari sehabis bangun tidur. Karena pikiran masih fresh dan segar, biasanya pelajaran mudah diingat karena gampang meresap dalam memori.

3. Meningkatkan kualitas hidup
Tentu ini fakta tidak tebantahkan. Semakin baik kualitas tidur, maka semakin baik kualitas hidup terutama kesehatan. Bayangkan orang yang kurang tidur, maka kualitas kesehatan, konsentrasi kerja dan mental terganggu gara-gara tidak sehat.

Mencegah timbulnya penyakit berbahaya
Tidur cukup dapat menstabilkan protein C-reaktif sehingga dapat mencegah penyakit jantung dan stroke. Tidur cukup juga mampu menstabilkan gula darah sehingga mencegah diabetes. Tidur cukup membuat fikiran fresh, segar dan jernih juga membantu mengurangi depresi.

Meningkatkan kreatifitas dan inspirasi
Biasanya, bagi orang yang sudah berfikir keras sampai buntu dan tidak menemukan solusi, dapat menemukan solusi ketika pikiran tenang, fresh, segar dan konsentrasi penuh. Kondisi itu terjadi ketika bangun tidur.

ads by google :

Mencegah stres dan hipertensi
Bagi orang yang kurang tidur biasanya seringkali stress karena pikiran tidak jernih dan dipaksa fokus sementara rasa kantuk datang menyergap. Selain itu, orang dengan waktu tidur kurang juga berpotensi terkena hipertensi. Jadi, tidur dapat mencegah stress dan hipertensi.

Baca juga: Cara Menghilangkan Emosi Tinggi yang Meluap

Manfaat Penting Lain dari Tidur

Di samping manfaat kesehatan dari tidur cukup seperti di atas, tidur juga bermanfaat untuk hal-hal berikut:

Awet muda
Tidur cukup selain menstabilkan organ dan fungsi tubuh juga mengembalikan vitalitas dan kesegaran tubuh kembali semula. Hal ini membantu tampilan kelihatan awet muda karena sehat dan segar. Bandingkan dengan orang yang kurang tidur dengan mata bengkak, wajah kusam, kantong mata membesar dan lingkaran hitam di mata.

Meningkatkan konsentrasi
Tidur cukup membantu meningkatkan konsentrasi. Terlebih bagi sopir, petugas sekuriti, pilot, atau pekerja bangunan di ketinggian. Tidur cukup menghindarkan dari bahaya. Bila tidur kurang, maka akan mengantuk dan konsentrasi buyar. Sudah menjadi umum bahwa banyak kecelakaan disebabkan oleh rasa kantuk yang menyergap.

Bagi Sobat yang tersita waktunya untuk tuntutan kerja atau terlalu sibuk, cobalah untuk mengatur ulang jadwal dan menyisipkan tidur cukup agar sehat dan segar. Percuma bekerja keras menghabiskan waktu untuk meraih materi, tetapi akhirnya nanti malah habis untuk biaya pengobatan sakit-sakitan akibat kurang tidur dan istirahat.

Baca juga:

Tips Alami dan Mudah Menghilangkan Kerutan di Wajah

Cara Terbaik Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami

Semoga beberapa ulasan tentang pentingnya tidur bagi kesehatan bermanfaat.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


One Komentar Pada “Pentingnya Tidur Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *