Pentingnya Zat Besi Bagi Kehamilan dan Janin

Pentingnya zat besi untuk kehamilan terlebih pada ibu hamil dan juga sang janin. Kehamilan merupakan saat yaang paling di tungu oleh keluarga, terlebih sang bunda.

Urusan tentang makanan, untuk ibu hamil sebenarnya tidak ada larangan makan makanan tertentu. Kecuali makanan yang banyak mengandung gas dan bersifat panas seperti durian, nanas muda, mengkonsumsi alkohol dan juga merokok.

pentingnya zat besi untuk kehamilan

Manfaat Zat Besi Untuk Kehamilan

Zat besi merupakan suatu kandungan zat yang sangat diperlukan oleh tubuh dalam proses pembentukan sel darah merah. Kekurangan zat besi ini akan mengakibatkan seseorang kekurangan sel darah merah atau yang biasa dikenal dengan anemia.

Seperti yang sudah bunda ketahui, saat kehamilan di dalam tubuh bunda terdapat janin yang hidup dari bunda. Untuk memenuhi kebutuhan supplai darah untuk bunda dan sang janin, tubuh berkompensasi dengan menambah cairan tubuh sehingga darah lebih encer.

Baca juga:

Keadaan seperti ini membuat ibu hamil rentan terhadap anemia. Karena hal tersebutlah mengkonsumsi zat besi sangat dianjurkan untuk ibu hamil untuk mencegah terjadinya anemia.

Anemia ini dapat memicu rasa lemas dan letih pada ibu hamil. Selain itu bunda juga akan sering merasa mengantuk dan pusing. Yang lebih berbahaya lagi, jika tidak segera diatasi anemia ini dapat membahayakan bunda dan juga bayi bunda.

Akibat fatal dari kondisi anemia ini,dapat menjadi faktor penyebab dari berat bayi rendah saat lahir. Selain itu juga dapat memicu keguguran pada kehamilan.

ads by google :

Kondisi anemia ini akan sangat mempengaruhi perkembangan janin. Seperti yang sudah kita ketahui, zat besi ini sangat penting dalam proses perkembangan otak janin. Saat proses melahirkan, jika bunda menderita anemia, akibat paling fatal yang dapat terjadi adalah terajdinya komplikasi kelahiran yaitu kematian.

Kebutuhan Zat Besi pada Ibu Hamil

pentingnya zat besi untuk kehamilanPada setiap trimester kehamilan, kebutuhan zat besi untuk ibu hamil berbeda beda. Hal ini karena saat usia kehamilan bertambah, janin didalam kandungan bunda juga bertambah besar. Semakin tumbuh besar janin, kebutuhan zat besi pada bunda dan sang janin juga ikut bertambah.

Berikut ini pembagian kebutuhan zat besi pada ibu hamil mulai dari trimester pertama sampai pada trimester ke tiga:

  • Trimester pertama, pada kehamilan di trimester ini belum terjadi perubahan fisiologis yang cukup signifikan. Kebutuhan zat besi pada usia kehamilan ini sekitar 26 mg per hari.
  • Trimester kedua, pada usia kehhamilan pada trimester ini kebutuhan zat besi sudah mulai meningkat. Untuk setiap harinya, kebutuhan zat besi bunda meningkat 9 mg per hari.
  • Trimester ketiga, pada usia kehamilan ini kebutuhan zat besi pada ibu hamil juga meningkat 9 mg setiap harinya.

Baca juga:

1. 10 Manfaat Penting Buah Apel Untuk Ibu Hamil

2. Cara Aman Mengatasi Keluhan Ibu Hamil

Makanan Untuk Ibu Hamil

Makanan yang mengandung cukup banyak zat besi yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil antara lain terdapat pada buah buahan, hati, susu, kacang kacangan telur, dan daging.

Semoga info diatas bermanfaat untuk bunda, dan juga bunda serta janin  bunda selalu diberi kesehatan.

 

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


One Komentar Pada “Pentingnya Zat Besi Bagi Kehamilan dan Janin

  1. oakley sunglasses wholesale

    Hi, just wanted to tell you, I enjoyed this post. It was inspiring.Keep on posting!

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *