Daftar Penyebab Kanker Leher Rahim dan Ciri Cirinya

Mendengar vonis kanker mulut rahim seperti apa rasanya? APakah pernah terbayang dibenak kita tentang kanker yang satu ini. Iya, kanker mulut rahim atau CA Cervik. Kanker servik merupakan momok paling menakutkan setiap wanita. Mengingat bahaya yang begitu komplek dari penyakit ini, semua wanita pasti ketakutan jika divonis dokter mengidap kanker mulut rahim.

Penyebab Kanker Serviks dan Gejalanya

Penyebab kanker mulut rahim atau CA serviks antara lain disebabkan oleh infeksi human papiloma virus atau biasa kita kenal dengan sebutan virus HPV. Virus HPV yang sering menyebabkan kanker mulut rahim adalah virus HPV tipe 16 dan 18. Kanker mulut rahim yang disebabkan karena ifeksi virus HPV perlu diwaspadai karena cukup berbahaya. Virus HPV ini dapat berpindah tempat sehingga kanker dapat menyebar kemana mana.

penyebab kanker leher rahim213

Beberapa faktor lain yang dapat menjadi penyebab kanker mulut rahim ini antara lain:

1. Menggunakan toilet atau WC umum yang tidak bersih

Saat menggunakan WC umum, kemungkinan besar air di toilet tersebut tidak bersih. Bisa jadi kemungkinan di toilet tersebut sudah terdapat virus HPV, sehingga orang yang menggunakan bak mandi yang ada di toilet tadi ikut tertular virus HPV. Untuk meminimalkan penularan virus HPV gunakan selalu air yang dari keran, bukan air yang sudah tersedia di ember atau bak air.

2. Kekurangan vitamin C, E dan juga asam folat

3. Nikotin

Nikotin dapat meracuni sel sel pada leher rahim, selain itu nikotin dalam darah juga dapat mempengaruhi selaput lendir pada tubuh termasuk selaput pada leher rahim. Keadaan ini dapat memperburuk abnormalitas sel sel leher rahim sehingga dapat memicu terjadinya kanker.

4. Melakukan hubungan intim terlalu dini ( usia kurang dari 20 tahun )

Saat usia produktif (17 sampai 20 tahun), sel sel reproduksi mulai aktif berkembang. Selama tidak ada rangsangan dari luar seperti berhubungan intim ataupun terkena sperma, sel sel ini akan tumbuh normal dan tidak berbahaya. Namun jika dalam usia produktif tersebut sudah mendapat rangsangan dari luar, sel sel ini akan berkembang secara abnormal dan memicu terjadinya kanker mulut rahim.

5. Berganti ganti pasangan

penyebab kanker leher rahim54Berganti ganti pasangan dalam berhubungan intim tentu sangat berbahaya. Virus HPV dapat menular dengan melakukan hubungan intim dengan berganti ganti pasangan. Terlebih jika pasangannya tersebut sudah mempunyai virus HPV, resiko penularan sudah sangat tinggi.

Untuk itu selalu setialah dengan pasangan kita. Karena jika melakukan hubungan degan berganti ganti pasangan, bukan hanya terancam tertular virus HPV, namun juga penyakit seksual yang lain seperti HIV AIDS, sifilis dan masih banyak lagi.

ads by google :

6. Terlalu sering menggunakan pembersih miss V

Pembersih miss V memang baik karena dapat membunuh bakteri yang mengganggu. Namun penggunaan pembersih miss V yang terlalu sering justru dapat membunuh bakteri baik yang ada pada miss V. Bakteri baik ini justru sangat bermanfaat untuk membunuh bakteri jahat yang akan masuk kedalam miss V, termasuk virus HPV.

Ciri Ciri Kanker Servik

Beberapa ciri ciri berikut ini dapat menjadi acuan untuk deteksi dini kanker leher rahim, antara lain:

1. Sering merasakan sakit dan selalu keluar darah saat berhubungan intim

2. Sering merasakan nyeri pada daerah pinggul

3. Merasa nyeri saat buang air kecil

4. Perdarahan berlebih saat menstruasi

5. Keputihan yang banyak dan juga berbau tidak sedap

6. Pada stadium lanjut, sesorang akan kehilangan nafsu makan dan juga terjadi penurunan berat badan yang cukup drastis.

Semoga ulasan diatas dapat membantu menambah pengetahuan tentang bagaimana penyebab terjadinya kanker leher rahim serta ciri cirinya.

Baca juga:

Manfaat Penting Buah Naga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Cara Alami Meluruskan Rambut Tanpa Ribet

Selamat membaca, semoga bermanfaat.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *