10 Daftar Sayuran Untuk Ibu Hamil yang Wajib Dikonsumsi

Sayuran sangat penting untuk ibu hamil. Kekurangan sumber vitamin dari sayuran bisa menjadi hal yang sangat berbahaya untuk ibu maupun janin yang dikandungnya. Sayuran yang sangat baik untuk ibu hamil ini seperti kangkung, kacng dan masih banyak lagi.

Sayuran untuk ibu hamil banyak sekali macamnya. Mulai dari yang tinggi zat besi sampai yang mengandung asam folat. Berbagai vitamin yang terkandung dalam sayuran ini sangat penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Oleh karena itu bunda harus mengetahui jenis sayuran apa saja yang sangat baik untuk ibu hamil ini.

sayuran untuk ibu hamil116

Sayuran Sehat Untuk Ibu Hamil

Beberapa jenis sayuran yang sehat dan sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil muda ataupn ibu hamil tua, diantaranya:

1. Kangkung

kangkung ini sudah sangat akrab sekali dengan lidah kita. Kangkung juga dikenal sebagai sayuran yang bikin ngantuk jika dikonsumsi. Benarkah demikian? Opini ini tidak salah karena pada kangkung mengandung zat yang disebbut zinc dan selenium. Kandungan ini merupakan unsur sedatif yang mana akan membuat syaraf menjadi leih rileks sehingga dapat menyebabkan rasa ngantuk. Jika dikonsumsi secara teratur, kangkung ini dapat mencegah kita dari insomnia.

2. Kacang kacangan

Kacang kacangan ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Jenis sayuran ini mengandung protein nabati yang cukup tinggi. Dari berbagai jenis kacang, kacang buncis adalah jenis dari kacang kacangan yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Yang mana kacang buncis ini mengandung kalsium dan olat yang cukup tinggi.

3. Kol dan kembang kol

sayuran untuk ibu hamil11Kol maupun kembang kol ini sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini karena kembang kol maupun kol itu sendiri mengandung asam folat yang sangat baik untuk ibu maupun janin. Namun bunda harus berhati hati, jika mengkonsumsi kol dalam keadaan mentah, pastikan sudah mencucinya sampai bersih agar tidak ada bakteri yang tertinggal.

4. Bayam

Bayam ini mengandung vitamin dan mineral yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain mengandung vitamin dan mineral, bayam juga mengandung vitamin A, C dan K. Tidak berhenti disitu, bayam ini juga salah satu jenis sayuran yang tinggi akan kandungan asam folatnya. Yang mana asam folat ini sangat bermanfaat untuk perkembangan janin.

5. Brokoli

Sama dengan jenis sayur bayam, brokoli ini juga mengandung tinggi vitamin dan mineral. Selain mengandung dua zat tersebut, brokoli juga tinggi akan kandungan vitamin A, C dan vitamin K. Brokoli juga dikenal dengan kandungan asam folatnya yang tinggi.

6. Jagung

ads by google :

Jagung biasanya kita konsumsi dengan cara direbus atau dibakar. Tapi ada juga jenis jagung yang dapat kita konsumsi dengan cara disayur. Jagung manis merupakan salah satu jenis jagung yang dapat dijadikan sayur. Rasanya yang manis dan lezat ini tidak kalah dengan kandungan gizinya yang tinggi.

Jagung mempunyai kandungan vitamin B12 yang sangat bagus untuk meningkatkan darah dan menjaga kalium didalam tubuh. Selain manfaatnya yang cukup tinggi tadi, jagung ini juga merupakan sumber protein nabati yang sangat baik untuk ibu hamil.

7. Terong ungu

Terong ungu ini juga merupakan jenis sayuran yang tinggi dengan kandungan asam folatnya. Selain asam folat, terong ungu juga mengandung zat besi, kalori, vitamin B1, B2 dan juga vitamin C.

Baca juga: 10 Manfaat Penting Buah Apel Untuk Ibu Hamil

8. Daun singkong

Daun singkong mempunyai warna hijau tua. Sayuran yang berwarna hijau tua ini mempunyai kandungan antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas.

9. Daun katuk

Daun katuk ini terbukti sangat berkhasiat untuk melancarkan ASI.

10. Wortel

Wortel mengandung vitamin A yang baik untuk perkembangan mata bayi.

Itu tadi beberapa daftar sayuran untuk ibu hamil yang bisa bunda jadikan pilihan untuk bunda jadikan lauk untuk sehari hari.

Baca juga:

Manfaat Pepaya, Bolehkah Ibu Hamil Makan Pepaya?

Cara Aman Mengatasi Keluhan Ibu Hamil

Selamat mencoba.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *