Tips Mudah Memilih Susu Formula Terbaik

Susu formula terbaik dan cocok untuk bayi dan balita. Bagi Sobat yang sudah menjadi bunda, maka wajib tahu mana susu formula terbaik untuk si kecil. Selain mendukung pertumbuhannya, susu formula yang dipilih juga harus memenuhi beberapa kriteria seperti cocok untuk bayi, mengandung bahan-bahan nutrisi dan vitamin yang cukup, serta tidak kadaluwarsa. Terlebih bayi tidak bisa langsung diberi susu formula di bawah umur 6 bulan.

Umumnya susu formula diberikan kepada bayi ketika memasuki usia 6 bulan ke atas dan diberikan secara bertahap sebagai pendamping ASI. Kisarannya sekitar 30% dan ketika bayi sudah memasuki umur 12-18 bulan susu formula dan sari makanan sudah mencapai 50% di samping ASI yang diberikan. Barulah umur 18-24 bulan susu formula dan makanan lain diberikan mencapai 70% dan ASI hanya 30%.

Masa terbaik pemberian ASI adalah hingga si kecil memasuki usia 2 tahun. Tapi jika ada berbagai hal yang tidak memungkinkan seperti ASI kurang lancar, si bunda sakit-sakitan dan harus disapih, maka Sobat sebagai bunda harus tepat dalam memilihkan susu formula terbaik untuk si kecil.

susu formula terbaik

Tips Memilih Susu Formula untuk anak 1 Tahun

Bagi Sobat yang bingung memilih Susu Formula untuk si kecil, bisa membaca tips-tips berikut agar mendapatkan Susu Formula terbaik untuk si buah hati.

Perhatikan komposisi susu formula
Utamakan Susu Formula yang komposisi pembuatannya berdasarkan aturan Codex Alimentarius Comission yang mengedepankan kandungan Docosahexaenic acid (DHA), nukelotida dan taurin serta zat penting lain seperti Zat Besi (fe) dan Arachinadonic Acid (AA) dalam komposisi Susu Formulanya.

Perhatikan zat yang terkandung pada susu formula
Jauhi susu formula yang mengandung zat lutein, sphingomyelin serta gangliosida, tetapi cari yang kandungan nutrisinya mendekati nutrisi yang ada pada ASI asli.

Perhatikan usia si kecil
Sesuaikan Susu Formula yang dibeli dengan usia si kecil. Karena bila tidak sesuai, akan berdampak tidak baik bagi sistem pencernaan si kecil, ginjal serta organ lain. Usahakan berbagi pengalaman dengan teman Sobat yang lain yang sudah jadi bunda duluan, atau dari keluarga, iklan dan saran dokter agar Susu Formula untuk si kecil cocok.

Perhatikan tanggal kadaluarsa
Jangan lupa ya lihat kemasan kapan tanggal kadaluwarsa. Jangan beli Susu Formula yang sudah kadaluwarsa karena sangat berbahaya bagi kesehatan si kecil.

Perhatikan reaksi tubuh si kecil terhadap susu
Jangan teruskan pemberian Susu Formula untuk si kecil bila menyebabkan si kecil mengalami muntah, sakit perut, diare, sembelit serta alergi.

ads by google :

Baca juga cara mengatasi alergi susu pada bayi secara aman dan mudah.

Bila si kecil suka dan tidak memicu efek samping apapun, maka teruskan Susu Formula yang diberikan.

Sesuikan harga susu formula dengan kondisi keluarga
Ini penting ya Sobat, mengingat mungkin karena merk, karena banyak orang yang pakai, Susu formula tertentu jadi mahal harganya. Sobat bisa memilih harga yang lebih murah asal komposisi Susu Formula sesuai, berkualitas, cocok untuk si kecil, dan tidak membebani kondisi ekonomi keluarga. Karena, kualitas dan kecocokan tidak ditentukan merk dan harga mahal. Apalagi bagi Sobat yang baru membina rumah tangga dan masih masa-masa awal menata ekonomi keluarga agar mandiri ya.

Pilih susu formula yang mempunyai karakteristik mirip ASI
Memilih susu formula untuk Bayi Dengan karakteristik mirip ASI sanagat penting sekali. Bagi Sobat yang kini sudah menjadi bunda dan mengalami hambatan atau halangan untuk pemberian ASI ekslusif untuk bayi disarankan untuk memilihkan Susu Formula yang kandungan komposisinya mirip dengan yang ada dalam ASI. Secara umum Susu Formula ada dua macam yaitu Susu Formula untuk bayi usia 0-6 bulan dan Susu Formula untuk bayi 6-12 bulan atau lebih dikenal Susu Formula lanjutan.

Ini penting mengingat sistem pencernaan dan fungsi organ dalam bayi masih sangat sensitif belum sempurna maka Susu Formula terbaik untuk bayi harus disesuaikan dengan kondisi si kecil serta mendekati kandungan ASI. Secara umum, memilih Susu Formula mendekati karakteristik ASI bisa dengan tips berikut.

  1. Pilih Susu Formula yang kandungan gizi dan nutrisinya cukup untuk mendukung pertumbuhan si kecil.
  2. Pilih Susu yang tidak mengakibatkan si kecil alergi, disukai dan merupakan rekomendasi dokter, teman, keluarga, saudara atau bahkan kenalan dekat yang juga sudah pernah merawat bayi.
  3. Jangan pentingkan iklan di TV terkait merk Susu Formula terbaik, tetapi lihat kecocokan untuk si kecil dan pilihkan Susu Formula yang memiliki kandungan yang ada dalam komposisi ASI asli dan jenis Susu Formula tersebut banyak tersedia di apotek dan toko.

Semoga si kecil sehat dan Sobat menemukan Susu Formula terbaik yang tepat, sehat dan cocok untuk pertumbuhan si kecil ya. Silakan share kaau bunda mempunyai pengalaman menarik atau pertanyaan seputar si kecil.

Info menarik yang juga wajib sobat baca:

Obat Batuk Pilek Untuk Bayi Aman dan Efektif

Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Selamat mencoba.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *