Kelebihan dan Kekurangan Susu Kambing Untuk Bayi dan Balita

Susu kambing, kayaknya ini salah satu produk yang lagi ngetrend bangetya bun belakangan ini, ada ada saja produk yang dibuat. Meski kebanyakan adalah produk kecantikan. Seperti handbody, sabun, shampoo dan masker. Memang satu fakta yang ga bisa kita pungkirin ya kak, kalau susu kambing itu banyak manfaatnya dan bagus banget buat kulit, bener gaa?

Tapi kali ini kita ga bakal bahas tentang apakah susu kambing itu baik untuk kulit atau nggak ya kak, tapi lebih mengarah dan throwback sekitar ke masa kita kecil, atau nanti ke masa depan kita atau juga untuk sekarang, bagi yang nantinya akan menjadi ibu ya bun.

Manfaat Susu Kambing Untuk Bayi dan Balita

Manfaat susu kambing untuk bayi maupun balita ini ternyata cukup besar loh bun kalau dilihat dari kandungan gizi yang terdapat disusu kambing itu sendiri. Apa saja manfaat susu kambing untuk bayi ini, berikut penjelasannya.

1. Meminimalkan alergi pada protein susu

Sudah sering bukan bunda mendengar cukup banyak bayi yang tidak tahan dengan protein pada susu sapi? Nah susu kambing ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk bunda jika sikecil alergi dengan susu sapi. Susu kambing mempunyai kandungan protein yang sedikit lebih rendah dibandingkan susu sapi.

Selain itu, protein pada susu kambing juga mudah dicerna dari pada protein pada susu sapi. Hal ini tentu saja membuat susu kambing sangat cocok diberikan pada bayi bunda yang mengalami alergi pada protein susu sapi. Jadi bunda tidak harus selalu memberikan susu kedelai saja.

2. Mempunyai kandungan lemak yang mudah dicerna

Susu kambing mempunyai jumlah asam lemak rantai pendek dan menengah lebih tinggi dari pada susu sapi. Kelebihan ini membuat lemak susu kambing lebih mudah dicerna enzim di dalam tubuh.

3. Mempunyai kandungan asam folat yang lebih rendah

Asam folat yang terkandung pada susu kambing jumlahnya lebih sedikit dari susu sapi.

4. Tinggi Kalsium

Kendati asam folat pada susu kambing lebih rendah, namun susu kambing mempunyai kandungan kalsium, vitamin B6, vitamin A, potasium, niasin dan antioksidan selenium yang lebih tinggi dari pada susu sapi.

5. Mempunyai kandungan laktosa yang lebih rendah

Laktosa pada susu kambing lebih rendah dari pada susu sapi. Hal ini meminimalkan resiko intoleransi laktosa pada susu formula.

Bolehkah Bayi Mengkonsumsi Susu Kambing

ads by google :

Bagus ga sih susu kambing buat anak bayi? Sehat ga? Sebagus susu sapi ga ya? Gimana kandungannya? Apa cari aman saja ya pakai susu kedelai? Selain itu berbahaya apa nggak ya susu kambing ini diberikan untuk sikecil?

Mari kita singkirkan keraguan bunda dulu ya, denger yuk penjelasan tentang manfaat susu kambing untuk bayi dibawah ini.

Pada dasarnya, ketika kita sebagai seorang ibu telah memeberikan asi kepada anak kita sang bayi selama 6 bulan pertama, tubuh bayi kita akan menjadi lebih kebal dan kuat. Dan akan berpengaruh terhadap kekebalan tubuh sang anak, sehingga ketika sang bayi mengkonsumsi susu sapi atau kambing atau pun juga tidak akan bermasalah. Secara basic itulah pengertiannya. Dan memang ada beberapa hal yang kita tidak ketahui.

Contohnya ya kak,ketika di Indonesia marak dengan susu sapi, ternyata ibu diluar negeri mulai beralih ke susu kambing loh kak, mengapa?

Diprcaya bahwa memang kandugan susu kambing itu lebih baik dari pada susu sapi. Namun perbedaan harganya juga cukup tinggi dikarenakan pasokan susu kambing di Luar negri yang masih cukup sedikit kak. Bisa kita ambil cotoh dengan 1 liter susu sapi harnya kisaran $1,5 tetapi berbeda dengan susu kambing, harganya itu berkisar $15 beda banget ya kak!

Tapi kak, terkadang mereka akan lebih senang jika sang anak diberi nutrisi terbaik bukan? Nah dengan cara membuat susu orangik sendiri sendiri tentunya menggunakan susu kambing mentah yang belum di proses maupun menggunakan susu kambing bubuk yang nantinya akan diproses dengan ditambahkan beberapa bahan lainnya, yang memang masi jarang ada di Indonesia atau kurang sering kita denger sih kak hehe. Mungkin kakak kalau mau nyoba bisa cari resepnya tuh, tapi beli bahannya jangan dipasar ya kak, soalnya pasti ga ada.

Sebenarnya kak, usia relevan seorang bayi untuk mengkonsumsi susu kambing adalah ketika ia berumur lebih dari 1 tahun atau satu tahun keatas. Dikarenakan biasanya pada umur bayi yang kurang dari 1 tahun bayi membutuhkan banyak vitamin b12 yang ternyata didalam susu kambing itu kandungannya tidak terlalu banyak. Tetapi fine fine saja jika kakak mau memberikan susu kambing pada bayi kakak yang umurnya kurang dari 1 taun tetapi diatas 6 bulan. Namun akan lebih baik jika diimbangi dengan pemberian vitamin b12 yang bisa dilarutkan dalam susu atau dengan metode lainnya agar bayi tidak kekurangan vitamin yang satu ini ya kakk!

Kekurangan Susu Kambing Untuk Bayi dan Balita

Dibalik semua manfaat susu kambing untuk bayi seperti yang sudah dijelaskan diatas, ternyata susu kambing untuk bayi ini mempunyai beberapa kekurangan. Apa saja, simak yuk.

1. Kandungan asam folat yang lebih rendah

Sudah tahukan bunda kalau asam folat dalam susu kambing ini ternyata jumlahnya lebih rendah daripada susu sapi? Maka dari itu, kalau bunda memilih untuk memberikan susu kambing untuk bayi sejak usia dibawah satu tahun bunda perlu memberikan makanan tambahan yang tinggi folat untuk mencukupi kebutuhan folat.

2. Kandungan vitamin B12 yang sedikit

Sama halnya folat, vitamin B12 juga sangat sedikit terdapat pada susu kambing sehingga bunda tetap harus memberikan makanan tambahan.

Memang banyak kegunaan susu kambing ini kak. Sekarang ini cukup banyak dokter anak yang memang menyarankan untuk memberikan susu kambing terhadap anaknya, agar tumbuh kembangnya menjadi lebih optimal. Tetapi semua itu ada ditangan kakak, apalagi jika memang bayi kakak ternyata alergi dengan susu sapi. Mungkin susu kambing dan juga susu kedelai dapat menajdi salah satu alternative ya kakk, sekian dulu ya artikelnya kak, terimakasih

 

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *