7 syarat Penting Memilih Tempat Tidur Bayi

Tips memilih tempat tidur bayi yang aman dan tentu nyaman untuk buah hati bunda. Pertimbangan untuk memilih tempat tidur bayi mulai dari tempat idur yang aman, bahan pembuatan tempat tidur, saapai pilihan harga yang mahal atau murah.

Kelahiran buah hati ke dunia memang membawa kebahagiaan tersendiri bagi para orang tua. Ada yang memilih untuk tidur seranjang dengan bayinya, namun ada pula yang memutuskan bayi di tempat tidur khusus yang memang terpisah dari orang tuanya.

tips memilih tempat tidur bayi

Bagi bunda yang merupakan calon orang tua atau baru saja menjadi orang tua, kami ucapkan selamat ya! Mungkin saat ini bunda sedang kebingungan mencari tempat tidur bayi yang pas untuk sang buah hati.

Tips Memilih Tempat Tidur Bayi

Ingat, memilih tempat tidur bayi ternyata membutuhkan trik khusus loh. Bukan soal selera saja, tetapi ada syarat-syarat tertentu yang wajib Bunda penuhi agar keamanan sang bayi terjaga. Apa saja?

Berikut ini beberapa trik dan tips memilih tempat tidur bayi yang aman dan sesuai untuk anak Bunda.

1. Jeruji atau pagar

Bila tempat tidur yang Bunda pilih berbahan kayu yang memiliki jeruji, maka pastikan untuk tidak memilih box bayi yang memiliki pintu di bagian samping. Selain itu, usahakan jarak antar jeruji maksimal 6 cm. Hal ini dilakukan agar tangan atau bagian tubuh si bayi tidak terjepit di sela-sela jeruji tempat tidurnya.

2. Kelambu

tips memilih tempat tidur bayiSalah satu hal yang terpenting dari tempat tidur bayi adalah kelambu. Kelambu wajib ada di tempat tidur anak Bunda agar ia bebas dari gigitan nyamuk dan mengurangi terpaan angin. Kelambu yang ada di tempat tidur bayi juga membantu menghangatkan tubuh si kecil loh. Pastikan memilih kelambu yang jaringnya rapat serta lembut. Pantau juga sirkulasi udara di dalam kelambu supaya anak Bunda bisa tetap bernapas dengan lega tanpa adanya gigitan nyamuk yang masuk ke dalamnya.

 

3. Alas pengganti

Bayi yang masih kecil pasti masih sangat sering buang air sembarangan. Entah itu buang air kecil ataupun buang air besar. Sebaiknya pilihlah alas yang bisa diganti. Supaya ketika si bayi ngompol, Bunda tak perlu kerepotan membersihkan tempat tidur. Usahakan pula memilih alas yang lembut dan juga empuk untuk tidur buah hati bunda.

4. Roda

Roda ini adalah bagian yang sepele tetapi cukup penting untuk diperhatikan. Terutama bagi Bunda yang ingin memindah-mindahkan posisi ranjang bayinya. Dengan adanya roda, para ibu bisa lebih mudah dan leluasa memindahkan tempat tidur buah hatinya ke manapun. Bahkan tanpa bantuan sang suami.

ads by google :

Namun bunda perlu berhati-hati, pastikan rodanya dalam keadaan terkunci bila sedang dipakai. Supaya adik bayi yang ada di dalamnya tidak tergelincir ketika tidur.

5. Matras

Untuk matras, pilihlah yang tidak terlalu empuk dan sesuai dengan ukuran box-nya. Usahakan juga memilih matras dari bahan yang tidak mudah basah saat terkena ompol si buah hati.

Bayangkan kalau matrasnya dari kain biasa, bunda pasti bakal sangat kerepotan untuk membersihkannya. Usahakan juga untuk memilih matras yang dapat diatur ketinggiannya sehingga bunda dapat menyesuaikan ketinggian matras saat bayi bunda mulai bisa berdiri.

Baca juga: Cara Alami dan Aman Mengatasi Ruam Popok pada Bayi

6.Dinding empuk

Untuk menjaga keamanan dan agar bayi tidak terantuk box-nya sendiri, sebaiknya Bunda memilih tempat tidur bayi yang dindingnya empuk. Atau kalau memang Bunda sudah terlanjur membeli tempat tidur bayi dari bahan kayu, ada baiknya Bunda menutupi tiap dindingnya dengan bantal atau guling supaya bayi Bunda tidak terantuk kepalanya ketika aktif bergerak.

7. Bisa diayunkan

Umumnya bayi akan suka dengan gerakan seperti diayun-ayunkan. Terutama ketika mereka tidur. Supaya Bunda tidak lelah menggendong sambil mengayun-ayunkan si kecil, Bunda bisa memilih tempat tidur bayi yang bisa diayunkan agar anak Bunda dapat tidur dengan nyenyak.

8. Budget atau dana

Memilih tempat tidur bayi tidak lepas dari yang namanya anggaran yang telah Bunda sisihkan untuk membelinya. Sesuaikanlah dengan kebutuhan dan juga keselamatan bayi. Belum tentu yang harganya murah itu kualitasnya buruk, begitu pula sebaliknya.

Semoga tips diatas bermanfaat dan dapat membantu serta menambah pengetahuan bunda tentang trik dan juga tips memilih tempat tidur bayi yang cocok untuk buah hati bunda.

Baca juga:

Cara Terbaru Merawat Tali Pusat Bayi yang Belum Puput

Cara Memandikan Bayi dengan Benar Beserta Video

Semoga bermanfaat ya bun. Kalau bunda punya pengalaman lain yang cukup menarik tentang buah hati bunda boleh kok di share di sini. Selamat membaca.

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet