Tips Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Mudah

Memiliki kulit yang mulus merupakan idaman semua orang, terutama kaum wanita. Banyak wanita yang membeli perbagai produk perawatan wajah untuk mendapatkan kulit wajah yang cantik dan mulus. Masalah akan bertambah jika si empunya kulit sedang memiliki masalah berupa jerawat. Bagi sebagian besar wanita ini adalah masalah yang besar, apalagi jika munculnya di wajah. Banyak usaha yang akan dilakukan untuk menghilangkannya.

Namun usaha yang dilakukan akan sia-sia saja apabila sobat tidak mengetahui penyebab timbulnya jerawat tersebut. Penyebab munculnya jerawat bisa beragam, mulai dari faktor hormone, keturunan, salah pola makan, kurang menjaga kebersihan wajah, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, di sini akan dibagikan tips bagaimana untuk menghilangkan jerawat di wajah. Selain berfungsi untuk menghilangkan, tips ini juga bisa untuk mencegah timbulnya jerawat di wajah mulus sobat. Sebelumnya, akan dipaparkan sedikit mengenai indikasi penyebab timbulnya jerawat di bagian-bagian wajah tertentu. Sobat pasti pernah mengalaminya kan? Mari kita lihat pembahasannya.

Tips Menghilangkan Jerawat

Penyebab Timbulnya Jerawat pada Titik Wajah Tertentu

1. Pada dahi. Jerawat pada dahi diidentikkan dengan system pencernaan yang sedang terganggu.

2. Pada pelipis. Jerawat pada pelipis karena kerja ginjal sedang kurang baik. oleh karena itu disarankan untuk banyak minum air putih.

3. Pada alis atau tulang hidung, kerena kerja hati sedang mengalami permasalahan oleh karena itu perbanyak istirahat dan rutin berolahraga.

4. Pada hidung, bisa karena adanya kesalahan pada jantung sehingga disarankan untuk mengecek tekanan darah sobat.

5. Pada telinga. Jerawat pada telinga bisa dikarenakan kurangnya cairan pada tubuh sehingga disarankan untuk memperbanyak minum air putih.

6. Pada pipi. Sistem pernapasan sobat mungkin sedang mengalami gangguan.

7. Pada dagu. Jerawat yang muncul pada dagu diakibatkan karena sobat sedang stress. Jika pada wanita dikarenakan perubahan hormone, biasanya terjadi ketika menstruasi.

8. Leher. Jerawat pada area leher bisa dikarenakan tubuh sedang melawan bakteri penyakit.

Tips Menghilangkan Jerawat Secara Alami

1. Cara menghilangkan jerawatdengan madu

Tips Menghilangkan JerawatMadu mengandung senyawa anti bakteri yang dapat mengusir jerawat pada kulit. Madu juga mengurangi bakteri yang bersarang di wajah. Sobat bisa mengaplikasikan madu ini secara langsung dengan mengoleskan secara merata ke wajah, diamkan kurang lebih 20 menit lalu terakhir bilang hingga bersih. Selain menggunakan madu murni saja, sobat juga bisa menambahkan putih tellur. Campurkan 1 butir putih telur dengan 1 sendok makan madu. Aduk hingga merata, gunakan campuran madu dan telur tadi sebagai masker pada wajah sebagai cara menghilangkan jerawat.

2. Teh hijau
Tips menghilangkan jerawat berikutnya menggunakan teh hijau. Kandungan antioksidan katekin di dalam teh hiaju mampu mengusir radikal bebas penyebab jerawat. Konsumsi teh hijau setiap pagi atau sore hari juga dapat mencegah tumbuhnya sel kanker, mencerahkan wajah dan mengurangi noda bekas jerawat. Sobat dapat menggunakan air seduhan teh hijau yang di campur dengan putih telur untuk di gunakan sebagai masker menghilangkan jerawat.

3. Temulawak
Temulawak dikenal sebagai bahan tradisional pembuat jamu. Temulawak ini juga mampu mengobati jerawat. Caranya siapkan temulawak seukuran jari orang dewasa, cuci bersih dan potong menjadi beberapa bagian. Rebus potongan temulawak bersama dengan 4 gelas air. Didihkan hingga air menjadi separuhnya. Dinginkan rebusan temulawak lalu campur dengan madu secukupnya. Minum rebusan temulawak tersebut 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

ads by google :

4. Sayur-sayuran dan buah-buahan lain

Tips Menghilangkan JerawatSayuan dan buah-buahan ini dipercaya mampu mengusir jerawat sobat. Diantaranya adalah tomat, wortel, ketimun, belimbing wuluh, strawberry, jeruk nipis, lemon, buah jeruk, lidah buaya dan lain sebagainya. Biasanya bahan-bahan ini dimanfaatkan dalam bentuk masker. Penasaran bagaimana sayuran ini dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat? Baca selengkapnya di Cara Praktis Menghilangkan Jerawat dengan Sayuran

5. Makanan tinggi antioksidan
Antioksidan adalah zat yang dapat mencegah radikal bebas yang dapat merusak sel kulit. Antioksidan banyak terkandung pada buah-buahan seperti tomat, jeruk, buah berry.

6. Omega 3
Omega 3 merupakan salah satu jenis lemak tak jenuh yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Apabila sobat kekurangan omega 3, kulit sobat akan menjadi kering dan rentan terkena jerawat. Makanan yang kaya akan omega 3 ini diantaranya adalah ikan dan kacang-kacangan.

Tips untuk Menghilangkan Jerawat

1. Jangan memencet jerawat
Jika sobat termasuk orang yang hobi memencet jerawat di wajah walaupun jerawatnya masih dalam ukuran yang sangat kecil sebaiknya dihindari. Memencet jerawat akan menyebabkan peradangan pada kulit dan nantinya akan menimbulkan bekas luka di kulit.

2. Jangan mudah stress
Stress memang suatu keadaan yang bisa datang pada siapa pun. Namun stress ini bisa dihindari. Biasakanlah menerapkan sifat dan sikap yang tenang dalam menghadapi segala jenis beban. Olah emosi sobat dengan baik. Niscaya sobat akan terhindar dari stress. Stress ini dapat mempengaruhi hormone di dalam tubuh yang nantinya dapat memicu tumbuhnya jerawat.

3. Jaga kebersihan wajah
Jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan wajah. Setelah beraktivitas di luar rumah, segera bersihkan wajah dengan menggunakan air atau dengan kosmetik pembersih wajah yang biasa sobat gunakan. Adanya kotoran dicampur dengan minyak di wajah akan menimbulkan penyumbatan pada pori-pori kulit dan bisa menyebabkan jerawat.

4. Perbanyak konsumsi air putih
Perbanyak konsumsi air putih untuk melancarkan metabolisme dan membuang racun dalam tubuh. Setidaknya konsumsi 8 gelas air putih per hari

5. Tingkatkan asupan buah dan sayur
Perbanyaklah konsumsi buah-buahan dan sayur untuk membantu melawan bakteri jerawat dari dalam tubuh dan membantu membangun sel-sel kulit yang baru.

6. Gunakan masker untuk mengatasi jerawat
Gunakan masker wajah yang untuk menghilangkan jerawat sobat dari luar. Masker wajah ini bisa sobat buat sendiri di rumah atau beli di toko terdekat. Tapi lebih amannya jika sobat memakai masker yang terbuat dari bahan alami untuk meminimalisir efek samping pada kulit.

7. Pilih pengobatan yang tepat
Jika sobat menginginkan jerawat hilang dengan cepat, sobat bisa membeli cream jerawat yang dijual di apotek. Namun perhatikan kandungan bahannya. Apakah cream tersebut termasuk dalam obat keras atau tidak. Jika perlu hubungi dokter kulit Terpercaya untuk mendapatkan pengobatan tepat.

Itu tadi beberapa tips menghilangkan jerawat yang bisa sobat coba lakukan di rumah.

Baca juga:

Cara Alami dan Cepat Mengobati Jerawat Batu

Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Alami dan Cepat

Selamat mencoba

ads by google :
Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *