Bahaya Rumput Fatimah Saat Proses Persalinan

By | Juli 23, 2018

Sudah pernah merasakan sakitnya proses persalinan? Atau baru mau memasuki tahap kehamilan? Nggak usah takut bunda, sakit kok tapi cuma sebentar.

Proses melahirkan yang terkesan menyakitkan itu seringkali membuat seseorang kurang sbar melaui prosesnya. Sehingga tidak sedikit yang lalu melakukan berbagai cara untuk mempercepat proses melahirkan itu sendiri. Salah satunya adalah menggunakan rumput fatimah.

bahaya rumput fatimah1

Tahu tidak, sebenarnya rumput fatimah ini sangat berbahaya untuk proses melahirkan. Seberapa bahaya rumput fatimah ini dan apa yang membuat rumput nan cantik ini berbahaya akan kita kupas secara tuntas.

Bahaya Rumput Fatimah Saat Melahirkan

Saat proses melahirkan, baik calon ibu ataupun keluarga yang menunggu akan merasa tegang. Apalagi kalau proses melahirkan itu sedikit mengalami kesulitan. Walaupun cuma sedikit tapi rasa panik yang ditimbulkan sangat besar. ya, disinilah nanti peran rumput fatimah dimulai.

Rumput fatimah itu sendiri merupakan sejenis tanaman semak yang berasal dari arab. Penggunaan rumput faimah biasanya dengan cara direndam. Walaupun rumput fatimah sudah mengering berpuluh puluh tahun, kalau direndam dalam air akan mekar kembali.

Banyak orang beranggapan kalau dengan meminum rendaman rumput fatimah akan membantu melancarkan proses persalinan. Tidak salah sih, karena dalam air rendaman rumput fatimah mengandung hormon oksitosin. Hormon oxytocin ini merupakan salah satu hormon yang membuantu proses persalinan. Nah hormon inilah yang terkandung dalam rendaman rumput fatimah.

Semakin lama direndam, kadar oxytocin dalam air rendamannya akan semakin besar. Jika oxytocin yang masuk kedalam tubuh semakin banyak, maka kontraksi pada uterus juga akan semakin sering.

Mengapa Rumput Fatimah Berbahaya untuk Ibu dan Janin?

Mengkonsumsi rumput fatimah dengan tujuan untuk melancarkan proses melahirkan bisa dikatakan sangat beresiko dan berbahaya. Manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi  rumput faimah tidak sebanding dengan besarnya resiko yang ada.

Pasalnya tidak ada takaran pasti kandungan oxytoxin dalam air rendaman rumput fatimah tersebut. Saya pernah erkonsultasi dengan salah satu dokter spOG disalah satu rumah sakit swasta yang ada didaerah say. Penjelasan dari dari beliau cukup mengagetkan, yang mana dalam penggunaannya rendaman air rumput faimah dapat  menyebabkan distress sampai kematlan.

Berikut ini merupakan beberapa akibat karena mengkonsumsi rumput fatimah:

  1. Distress janin
    Saat seseorang mengkonsumsi rumput fatimah, oxytocin dalam tubuhnya akan meningkat. Oxytocin itu sendiri membantu proses kontraksi uterus atau rahim. Yang mana jika oxytocin meningkat, maka kontraksi uterus akan meningkat pula. Hal ini dapat menyebabkan janin menjadi stress.
  2. Rupture Janin
    Kontraksi pada uterus atau rahim yang terus menerus akan membuat rahim tidak istirahat. Hal ini akan menyebabkan kondisi rahim bekerja lebih keras. Jika rumput fatimah terus diminumkan kondisi rahim yang seperti itu dapat menyebabkan rahim kelelahan sampai ruptur atau robek pada dinding rahim.
  3. Kematian Ibu dan Janin
    Terlalu sering kontraksi akan menyebabkan bayi mengalami kekurangan oksigen. Jika terus berlanjut, bayi akan mengalami gagal jantung sehingga bisa mengalami kematian. Begitupula dengan ibu, Ruptur pada rahim membuat ibu mengalami syock yang berujung kematian.

Itu tadi beberapa bahaya rumput fatimah yang sering terjadi jika mengkonsumsi rendaman airnya saat proses persalinan. Untuk saya saat proses melahirkan kemarin, sudah berpesan pada keluarga untuk tidak memberikan rumput fatimah saat melahirkan. Bagaimana dengan anda?

Baca:

30 Makanan Sehat dan Wajib Untuk Ibu Hamil

10 Daftar Wajib Buah yang Bagus Untuk Ibu Hamil

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.