Tips Jitu Cara Membuat Anak Cerdas Sejak Dalam Kandungan

Bunda sredang hamil? Kalau iya, bunda wajib tahu cara membuat anak cerdas atau mencerdaskan anak sejak dalam kandungan. Emang ada caranya? Jawabannya tentu ada.

Memiliki anak cerdas, aktif dan menjadi kebanggan kedua orangtua tentu menjadi impian semua ayah dan bunda.  Tidak heran, sebab anak adalah aset berharga baik di dunia maupun di akhirat yang sangat diharapkan oleh ayah dan bunda. Untuk mewujudkan anak cerdas, tentu ada beberapa hal mesti diperhatikan. Karena tidak bisa instan dan bim salabim.

Tips Cara Membuat Anak Cerdas Sejak Dini

Bagaimana aktivitas Bunda sebagai seorang bunda yang tengah mengandung agar bayi dalam kandungan tumbuh sehat dan menjadi anak cerdas? Berikut kiat-kiat menciptakan anak cerdas sejak dini. Yuk Bunda, kita intip apa saja kiat-kiatnya agar anak kita cerdas:

1. Mendengar musik klasik.

Cara ini kian populer di abad ini lewat musik Jazz, Mozart. Untuk Umat Muslim bisa mengganti musik klasik ini  dengan lantunan bacaan Al-Qur’an. Suara musik dan bacaan Al-Qur’an membantu otak bayi yang sedang berkembang ikut merangsang pertumbuhan syaraf otak secara pesat sejak dini. Konon Imam Syafii yang terkenal cerdas dan ulama Muslim ketika masih dalam kandungan sering diperdengarkan lantunan Al-Qur’an oleh bundanya lho.

2. Mengerjakan soal-soal matematika

Ini umum dilakukan oleh kaum ibu yang tengah mengandung di negara Israel. Maka jangan heran bila banyak anak turunan Israel cerdas di dunia seperti Mark Zukenberg, Albert Einstein, serta banyak jadi pesohor di industri film dan ekonomi seperti George Soros.

Untuk Bunda yang tidak suka matematika, bisa cara lain seperti mengerjakan soal-soal TTS (teka teki silang), membaca buku, atau yang ringan membaca buku novel atau cerita anak. Sekalian sebagai persiapan kalau si kecil lahir, udah ada cerita anak yang siap didongengkan pengatar tidur.

3. Jauhkan dari asap rokok

Hindari atau jauhi asap rokok saat bunda sedang hamil. Karena asap rokok berbahaya bagi perkembangan janin. Ini rahasia, bahwa di negara Israel, di sana sudah umum bila tamu perokok diminta merokok di luar rumah agar asapnya tidak menganggu perkembangan otak dan kesehatan. Apalagi untuk bayi yang masih dalam tahap pertumbuhan. Bahkan di negara Singapura perokok didenda bila merokok di tempat umum sembarangan karena di sana sudah ditentukan tempat-tempat khusus untuk merokok.

Beda sekali bukan dengan di Negara kita? Namun untuk sekarang ini, sudah banyak juga kok tempat tempat yang sudah menyediakan smoking area.

Baca juga: Bahaya Fatal Merokok pada Ibu Hamil

4. Sering diskusi

Bagi Bunda sering-seringlah berdiskusi bersama suami. Ingat, diskusikan yang baik-baik ya, bukan ngegosip. Karena bayi sejak 4 bulan dalam kandungan sudah menerima sinyal pembicaraan dari orang sekitar termasuk kedua orangtuanya.

5. Jaga mental dan kondisi psikologis


Bunda yang sedang mengandung harus menjaga kondisi psikologis supaya tetap tenang, gembira dan ihklas. Jangan murung, sedih, stress, merengut atau perasaan negatif lainnya. Karena apa yang dirasakan oleh bundanya berpengaruh besar bagi perkembangan psikologis dan pertumbuhan otak bayi. Bagi  ayah, lakukan yang terbaik agar istri selalu gembira, senang dan ikhlas. Hal-hal kecil yang romantis akan mewarnai hari-hari kegembiran istri yang tengah mengandung.

6. Berdoa kepada Tuhan

Segala sesuatu diusahakan oleh manusia, tetapi hasil akhir tetap di tangan Tuhan ya Bunda. Maka banyak berdoa semoga kelak bayi yang dikandung lahir selamat, sehat wal afiat, cerdas, dan membahagiakan kedua orangtua, keluarga dan bangsa dan negara.

Makanan untuk Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas

1. Gizi seimbang

Bundanya wajib menjaga pola makan dan mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi bagus. Wajib juga menjaga asupan nutrisi yang mendukung perkembangan janin dalam kandungan. Hal ini akan berpengaruh pada janin agar tumbuh sehat dan organ otak tumbuh pesat sehingga kelak anaknya lahir cerdas.

Konsumsi bahan yang mengandung minyak ikan dan DHA yang sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan otak anak yang masih dalam kandungan. Banyak sekali diantaranya seperti nulacta, Omega dan lain-lain.

Baca juga:

Dafar Makanan Sehat Wajib Untuk Ibu Hamil

2. konsumsi sayur

Utamakan konsumsi makanan dengan protein tinggi seperti daging dan sumber makanan yang banyak mengandung vitamin seperti vitamin A, B, C, Omega 3, Asam Folat, AA, Zat besi, B1, B6 serta buah dan sayur mayur hijau.

3. Utamakan bahan makanan alami dan segar

Jauhi makanan olahan pabrik, kemasan dan pakai pengawet, pemanis buatan dan pakai pewarna. Juga makanan junkfood, fastfood dan makanan siap saji lainnya. Karena apa yang dimakan oleh bundaya akan berdampak pada perkembangan pada bayi dalam kandungan. Jadi, bunda yang tengah mengandung jauhi makanan seperti itu ya, tapi pilih makanan segar alami, apalagi bila langsung petik sendiri di kebun sekitar rumah.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba tips cara mencerdaskan anak sejak masih dalam kandungan?

Baca juga:

Tips Mudah Memilih Susu Formula Terbaik Untuk Bayi

Manfaat Buah Alpukat Untuk  Ibu Hamil

Selamat mencoba, jangan lupa dishare ya kalau dirasa perlu.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.