Cara Menanam Bunga Mawar dari Batang Cepat Tumbuh

Bunga mawar tentu sudah tidak asing lagi. Mempunyai bunga yang cantik dan juga harum membuat mawar masih menjadi pilihan favorit untuk dijadikan tanaman hias. Meskipun berduri, namun salah satu cara menanam bunga mawar dari batang merupakan pilihan yang tepat.

Menanam mawar menggunakan batang atau lebih dikenal dengan stek batang memang cara paling mudah untuk menanam bunga mawar. Selain lebih cepat tumbuh, menggunakan stek juga akan menghasilkan bunga mawar yang sama dengan induknya.

Cara Menanam Bunga Mawar dari Batang

Berikut adalah tahapan simpel dan mudah cara menanam bunga mawar dari batang.

Alat dan Bahan:

  • Gunting atau pisau ranting
  • Air bersih 1 roples
  • Pot atau wadah tanaman lain
  • Media tanam ( tanah, kompos, pupuk kandang) perbandingan 1:1

Cara Menanam Bunga Mawar dari Batang:

1. Pilih batang yang sehat

tribunnews.com

Pilihlah batang yang sehat dan subur. Potong batang sekitar 15 -20 cm dengan kemiringan 45 derajat. Sebaiknya potong batang pada sepasang dua daun pertama yang tumbuh.

Pemotongan batang sebaiknya juga kamu lakukan pada pagi hari. Karena pada pagi hari kondisi batang masih terhidrasi dengan baik.

2. Celupkan Batang yang dipotong kedalam toples air

cara menanam bunga mawar dari batang
infoagribisnis.com

Setelah batang kamu potong, masukkan batang tersebut kedalam toples air. Hal ini bertujuan agar batang tetap terhidrasi sebelum kamu tanam. Tapi untuk cara ini bisa kamu skip kalau batang yang baru kamu potong langsung ditanam.

3. Buang Semua Daun di Batang

cara menanam bunga mawar dari batang
bibitbunga.com

Pastikan kamu membuang semua daun yang ada dibatang. Sisakan kuncup daun yang ada di ujung batang.

Pastikan juga gunting atau pisau dalam keadaan steril ya. Kamu bisa mensterikan gunting itu dengan alkohol. Satu hal lagi yang perlu kamu perhatikan saat memilih batang yang akan di stek. Pastikan batang tidak sedang berbunga atau mempunyai calon kuncup bunga.

Bunga atau kuncup bunga akan menghabiskan energi pohon sehingga pertumbuhan akar akan terhambat.

4. Celupkan Ujung Stek pada Zat Penumbuh Akar

Untuk cara yang ini opsional ya. Kamu bisa skip kalau dirumah tidak ada bahan ini. Namun pemberian enzim penumbuh akar akan membantu mempercepat proses penumbuhan akar pada stek pohon mawar.

5. Tanam Stek pada Tempat yang Terang

Tanam stek yang sudah kamu siapkan ditempat yang terang namun tidak terkena cahaya matahari secara langsung.

Kamu bisa menanam stek pohon mawarmu pada tanah langsung atau bisa juga menggunakan wadah seperti pot atau wadah yang lain. Untuk penggunaan wadah, pastikan wadahnya mempunyai kedalaman yang cukup yaitu minimal 15 cm. Hal ini untuk menjaga agar mawar mempunyai ruang tumbuh yang cukup.

Pastikan kamu menggemburkan tanah terlebih dahulu sekitar 15 cm sebelum menanam. Tusuk tanah menggunakan ranting atau yang lain untuk membuat lubang tanam. Pastikan kedalaman lubang kurang dari setengah panjangnya dari panjang stek.

Masukkan stek yang sudah di olesi hormon penumbuh akar. Lalu keraskan tanah diatasnya. Kalau kamu menggunakan media plastik, jangan lupa untuk melubangi plastik. Karena kalau kamu lupa, sirkulasi dan kondensasi akan terganggu sehingga membuat batang cepat busuk.

6. Pastikan Keadaan Tanah Selalu Lembab

Sejatinya buga mawar ini dapt ditanam di waktu kapan saja, tidak harus menunggun di musim hujan. Namun pastikan selalu keadaan tanah selalu lembab. Siram secara teratur stek mawar yang sudah ditanam agar dapat membantu pertumbuhan akar dengan cepat.

Kalau kamu sudah melihat ada tunas baru yang muncul, 99% cara yang kamu lakukan sudah berhasil dan akar sudah mulai tumbuh. Tetap sirami stek mawar secara teratur agar batang tidak megering.

Mudah bukan cara menanam bunga mawar dari batang? Kamu bisa langsug mempraktekkannya di rumah. Mempunyai bunga mawar tentu akan ada perasaan sengan tersendiri. Sebagaimana mawar dikenal sebagai lambang cinta.

Baca juga:

10 Ide Tanaman Merambat Untuk Pagar Rumah

Daftar Jenis Mawar Langka dan Unik Harga Boombastis

Semoga bermanfaat ya. Jnagan lupa di share.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.