Cara Mudah Menanam Tanaman Rambat di Rumah

Memiliki rumah yang hijau asri dan adem pasti impian semua orang. Tak ayal untuk menambah kesan adem ini banyak orang yang memilih menanam berbagai tanaman hias di halaman rumah. Tak terkecuali tanaman hias rambat. Cara menanam tanaman rambat untuk taman hias ini pun tergolong mudah.

Dengan banyaknya pilihan jenis tanaman rambat ini, tentu bisa Anda sesuaikan dengan luasnya halaman yang Anda miliki. Selain menambah cantik dan segar dipandang mata, menanam tanaman rambat juga membantu menambah kadar oksigen di rumah. Anginnya juga seger. Jadi sribit sribit adem.

Cara Merawat Tanaman Rambat

Sebelum mengenal lebih jauh tentang cara menanam tanaman rambat ini, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan.

1. Mengenali jenis tanaman yang akan ditanam

Sangat penting mengenal karakteristik dan jenis tanaman rambat yang akan ditaman. Bagaimana pola tananaman rambat, ketahanan tanaman rambat dalam terkena sinar matahari dan juga media untuk tanam dan untuk rambat dari tanaman rambat itu sendiri.

Untuk tanaman rambat yang berdaun besar, Anda dapat memberikan jarak tanam agak jauh agar tanaman dapat tumbuh leluasa.

2. Waktu pemangkasan tanaman rambat secara teratur dan berkala

Tanaman rambat merupakan jenis tanaman hias yang wajib dipagkas secara rutin. Seruti apa sih memangkas tanaman rambat ini. Tentu saja berbanding lurus dengan kecepatan tumbuh dari tanaman rambat itu sendiri.

Tanaman rambat harus rutin dipangkas agar cabang dari tanaman itu sendiri tetap rapi dan tidak menjuntai kemana mana. Saat proses pemangkasan ada beberapa hal juga yang harus tetap diperhatikan.

Dalam proses pemangkasan, hindari dahan utama pada tanaman rambat. Pemangkasan dahan utama pada tanaman rambat ini akan mengakibatkan tanaman rambat rusak bahkan mati.

Cukup pangkas ranting ranting cabang yang mulai tumbuh secara liar dan biarkan ranting utama agar tumbuh cabang cababang baru.

3. Pastikan sinar matahari cukup untuk pertumbuhan tanaman rambat

Sinar matahari sangat berpengaruh untuk pertumbuhan tanamana rambat ini. Tanaman yang ditempatkan pada tempat yang terlalu teduh akan sangat berpengaruh dalam pertumbuhannya.

Cara Menanam Tanaman Rambat di Halaman

Menanam tanaman rambat ini tentu tidak asal menanam. Jenis tanaman dan karakteristik dari tanaman itu sendiri harus kita perhatikan. Beda jenis tanaman tentu beda pula perawatan, termasuk jenis rambatan yang digunakan.

Berikut adalah tahapan bagaimana cara menanam tanaman rambat agar tumbuh subur dan indah.

1. Tentukan lokasi penanaman

Tanaman rambat merupakan salah satu tanaman hias yang cukup ekstra dalam pemeliharaannya. Mengingat pertumbuha tanaman yang menjuntai dan merambat kesegala arah, pemilihan lokasi harus diperhatikan.

Jika Anda memilih halaman depan untuk menanam tanaman hias jenis merambat ini, pastikan anda selalu rajin untuk merawat dan memangkasnya.

2. Siapkan Media Tanaman Rambat

grid.id

Siapkan media tanam untuk tumbuh tanaman rambat. Mediaa tanam untuk tanaman hias jenis ini biasanya langsung di tanah berupa lubang lubang kecil.

Setelah menyiapkan media tanam, berikut cara menanam tanaman rambat yang bisa Anda lakukan:

  • Untuk tanaman rambat di dinding, buat lubang atau pot berjarak sekitar 30 – 60 cm dari dinding
  • Saat proses menanam, uraikan akar agar tanaman dapat mencari nutrisi secara maksimal
  • Tutup kembali lubang dengan tanah yang sudah dicampur pupuk kompos dengan perbandingan 2:1

3. Letakkan Tanaman di Tempat yang Strategis

Pilih tempat yang strategis untuk menanam tanaman rambat Anda. Bisa disudut sudut halam, belaknag rumah atau depan rumah dengan catatan sering di pangkas dan di rawat.

4. Berikan Sinar Matahari yang Cukup

Meskipun tanaman rambat ini tidak memerlukan banyak sinar matahari, namun Anda juga tetap harus memperhatikan sinar matahari cukup untuk pertumbuhan tanaman.

Hindari menanam tanaman pada tempat yag terlalu teduh karena akan menghambat pertumbuhan tanaman itu sendiri.

5. Pasang Media Perambat

Memasang media perambat sangat penting untuk tanaman hias jenis perambat. Bagaimana tidak, jika media perambat dibuat asal asalan, tentu saja tumbuhnya tanaman perambat ini juga akan semrawut.

Media tanaman rambat bisa dibuat teralis dari kawat, kayu atau tembok. Anda juga bisa membuat anjang anjang untuk tempat merambatnya tanaman ini.

Media perambat ini sangat penting untuk merambat tanaman agar tumbuh tinggi. Untuk itu media perambat haruslah benar benar disesuikan dengan jenis tanaman yang akan Anda tanam.

Pastikan juga kanopi atau anjang anjang tanaman rambat ini cukup kuat. Hal ini untuk mengantisipasi agar tidak roboh saat tanaman sudah mulai tumbuh banyak

6. Siram Tanaman Secara Teratur

Siram tanaman secara teratur disesuaikan dengan jenis tanaman yang di tanam. Setidaknya siram tanaman setiap pagi dan sore agar kondisi tanah pada tanaman tidak terlalu basah dan juga tidak terlalu kering.

7. Pangkas Tanaman Secara Teratur

Cara menanam tanaman rambat yang tak kalah penting yaitu proses memangkas tanaman secara teratur. Memangkas tanaman harus ekstra diperhatikan. Karena saat Anda malas untuk memangkas tanaman yang sudah mulai meninggi tanaman akan tumbuh dengan tidak teratur.

Cabang dari tanaman akan tumbuh dan menjalar kemana mana. Oleh karena itu proses pemangkasan sharus dilakukan agar tanaman tetap tumbuh dengan baik dan rapi.

Untuk tanaman rambat yang berbunga pemangkasan bisa Anda lakukan setelah tanaman mulai berbunga. Untuk tanaman rambat daun, pemangkasan bisa Anda lakukan saat daun daun mulai tumbuh menjalar dan sudah terlihat tidak rapi.

Cukup mudah bukan cara menanam tanaman rambat ini. Dengan perawatan yang baik tanaman hias ini akan membuat halaman rumah anda menajdi hijau, adem dan tentu sedap dipandang mata.

Anda bisa menambahkan informasi yang bermanfaat tentang tanaman rambat di kolom komentar. Anda juga bisa bertanya tantang hal hal yang berhubungan cara menanam tanaman rambat ini di kolom komentar.

Jangan lupa kritik dan sarannya ya. Kalau dirasa bermanfaat silakan share agar bisa jadi ladang pahala juga 🙂 .

Baca juga:

10 Ide Tanaman Merambat Untuk Atap Pergola

Semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.