Cara Mengatasi Alergi Susu Sapi Pada Bayi

By | Juli 15, 2018

Susu formula terlebih yang berbahan dari susu sapi memang pilihan yang paling mudah untuk diberikan pada bayi sebagai pendamping ASI. Namun tidak sedikit bayi yang tidak cocok dengan susu formula sapi ini. Banyak gejala yang ditimbulkan saat bayi mengalami alergi susu, yang paling sering dan kelihatan seperti diare.

cara mengatasi alergi susu sapi

Alih alih ingin memberikan nutrisi yang lengkap untuk sikecil, jika bunda kurang menyadari kecocokan sufor pada bayi bunda malah akan menimbulkan resiko yang serius. Alergi susu ini beerbeda dengan intoleransi laktosa. Intoleransi laktosa terjadi ketika usus si kecil tidak mampu mencerna laktosa atau gula murni yang terkandung dalam susu. Gejala intoleransi laktosa yang paling sering adalah diare. Sedangkan alergi susu merupakan kondisi dimana tubuh sikecil bereaksi terhadap salah satu kandungan protein dalam susu formula.

Ciri Ciri Alergi Susu Sapi Pada Bayi

Sebelum mengetahui cara mengatasi susu alergi susu sapi pada bayi, bunda juga sebaiknya mengetahui tentang ciri-ciri bayi bunda alergi agar bunda dapat mengambil langkah yang tepat.

Ciri-Ciri Alergi Susu Sapi pada Bayi antara lain:

  • Kemerahan pada kulit, seperti ruam ruam kemerahan atau bentol
  • Bengkak pada daerah wajah dan bibir
  • Sakit perut, diare, sembelit bahkan BAB darah jika sudah parah
  • Gangguan pernafasan
  • Pilek berkepanjangan

cara mengatasi alergi susu sapi

Sedangkan reaksi dari intoleransi laktosa pada susu formula antara lain:

  • Diare
  • Kram perut
  • Muntah
  • Perut kembung

Cara Mengatasi Alergi Susu Sapi pada Bayi

Ada beberapa hal yang harus bunda perhatikan untuk cara mengatasi alergi susu sapi pada bayi bunda. Hal hal yang dapat bunda lakukan jika si kecil tidak cocok dengan jenis susu formula tertentu diantaranya:

  • Hindari Jenis produk yang mengandung susu sapi untuk bayi
    Perhatikan label makanan yang akan diberikan pada sikecil. Jika makanan tersebut mengandung protein susu sapi lebih baik bunda tidak memberikannya. Jika si kecil masih mengkonsumsi ASI, bunda juga harus memperhatikan jenis makanan yang kana bunda konsumsi.
  • Cari produk pengganti susu
    Jika si kecil mengkonsumsi susu formula, sebaiknya bunda mengganti produk susu yang diberikan untuk bayi bunda. Sekarang ini sudah banyak susu formula yang berbahan kedelai, yang mana lebih aman untuk dikonsumsi bayi yang mengalami alergi protein susu sapi. Selain susu kedelai, bunda juga dapat memberikan susu kambing sebagai produk pengganti susu sapi. Protein susu kambing ini hampir mirip dengan kandungan ASI.Baca: Kelebihan dan Kekurangan Susu Kambing Untuk Bayi dan Balita
  • Berikan ASI
    Berikan ASI kembali jika sikecil mengalami alergi susu formula, ASI merupakan nutrisi terlengkap dan terbaik untuk sikecil.

Alergi susu sapi sebenarnya tidak berbahaya, namun pada kondisi tertentu, alergi susu ini bisa membahayakan bayi. Terlebih jika sampai mengalami syock anafilaksis. Yang mana reaksi alergi sudah sampai dalam tahap merusak tubuh hal ini dapat menimbulkan kematian.

Jika bayi bunda sampai menunjukkan ciri ciri reaksi alergi ataupun intoleransi laktosa seperti diatas, segera konsultasikan ke dokter untuk tindakan lebih lanjut.

Baca juga:

Tips Mudah Memilih Susu Formula Terbaik

Tips Memilih Makanan Bayi Usia 6 Bulan

Semoga tips cara mengatasi alergi susu sapi pada bayi ini bermanfaat untuk bunda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.