Cara Alami Mengatasi Haid Tidak Lancar

By | Maret 22, 2019

Cara mengatasi haid tidak teratur  yang datang setiap bulan yang bisa kamu coba. Cara efektif dan aman yang bisa dilakukan tanpa obat kimia.

Setiap perempuan yang sudah memasuki masa pubertas tentu akan mengalami haid alias menstruasi setiap bulannya. Bila siklus haid lancar tentu akan membuat para wanita lega karena tidak ada yang salah dengan kesehatannya.

Nah, akan menjadi lain ceritanya bila haid seseorang tidak lancar. Haid yang tidak lancar juga dapat jadi indikasi awal adanya masalah kesehatan pada wanita.

Penyebab Haid Tidak Teratur

Masalah haid yang tidak teratur bisa dikarenakan faktor psikis dan adanya penyakit tertentu. Berikut ini hal yang menyebabkan siklus haid Kamu tidak lancar.

Turunnya berat badan

Bila berat badan Kamu mengalami penurunan atau kenaikan yang drastis bisa jadi salah satu alasan mengapa menstruasi tak teratur.

Stres

Coba Kamu ingat-ingat lagi apakah saat ini Kamu terlalu banyak pikiran? Banyak target yang belum terselesaikan hingga membuat stres? Stres termasuk gangguan psikologis yang bisa memengaruhi hormon dalam tubuh seorang wanita.

Bila kinerja hormon tidak berjalan sebagaimana mestinya, maka Kamu pun akan terlambat datang bulan. Bukan cuma haid, kadang stres juga memicu timbulnya jerawat dan penyakit lainnya loh! Kurangi stres ya Kamu

Diet ekstrem

Tiap wanita tentu mengimpikan punya badan langsing layaknya model. Namun banyak wanita yang berjuang mati-matian melakukan diet ketat sampai mengurangi porsi makan yang berguna untuk membangun stamina tubuh.

Jadinya tubuh akan kehilangan nutrisi penting yang juga bisa menyebabkan haid jadi tidak lancar. Lebih baik hidup sehat kan daripada punya tubuh terlalu kurus sampai haid tidak lancar?

Kelelahan

Terlalu lelah juga dapat menjadi faktor yang memengaruhi haid loh Kamu. Bila Kamu memforsir pekerjaan hingga kelelahan juga dapat membuat stamina tubuh menurun yang mengakibatkan menstruasi terlambat.

Hormon tidak stabil

Hormon yang tidak stabil dalam tubuh seorang wanita juga jadi penyebab utama mengapa Kamu terlambat datang bulan. Biasanya hal ini terjadi karena pemakaian alat kontrasepsi hormonal.

Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur Secara Alami

Bila Kamu kerap mengalami terlambat haid secara terus menerus, sebaiknya segera periksa ke dokter untuk memperoleh diagnosis yang tepat. Sebab, banyak penyakit yang ditandai dengan terlambat datang bulan.

Berikut ini ada beberapa cara alami yang bisa Kamu coba untuk mengatasi haid yang tidak teratur.

Menggunakan Lidah buaya

Lidah buaya ternyata tidak cuma bermanfaat untuk menjaga kilau indah rambut Kamu. Meminum jus lidah buaya secara teratur pun dapat membuat haid Kamu menjadi lebih teratur. Kamu bakal memperoleh dobel manfaat.

Selain memperlancar haid, jus lidah buaya juga dapat menjaga kesehatan kulit Kamu. Sebab, lidah buaya mengandung sangat banyak vitamin, enzim anti inflmasi, dan 20 macam asam amino. Hebat kan?

Menggunakan Labu

Buah yang satu ini juga sangat kaya akan manfaat. Bahkan Kamu bisa mengonsumsi labu yang telah dijus untuk melancarkan haid. Namun, hati-hati ya Kamu. Jus labu ini sangat pahit, oleh karena itu Kamu dapat menambahkan madu secukupnya agar rasa jus labu lebih nikmt untuk diminum.

Menggunakan Pepaya

Buah pepaya dapat membantu Kamu untuk memperlancar datang bulan. Caranya mudah kok. Kamu bisa meminum jus pepaya atau memakan langsung buah pepaya yang telah matang selama 1 minggu sebelum tanggal haid. Pepaya dapat membuat Kamu haid secara teratur.

Pepaya selain dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara mengatasi haid tidak teratur, juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk merontokan bulu yng ada ditubuh Kamu.

Baca:

Cara Praktis dan Mudah Menghilangkan Bulu Secara Permanen

Menggunakan *Anggur

Kamu ingin mencoba camilan yang sehat? Coba deh konsumsi buah anggur. Selain bermanfaat untuk kesehatan, buah anggur juga bisa melancarkan menstruasi.

Menggunakan Biji wijen

Biji wijen juga bisa dijadikan pilihan untuk memperlancar haid.

Caranya :

  • Sediakan segenggam biji wijen lalu rendamlah ke dalam segelas air panas.
  • Biarkan semalaman.
  • Lalu keesokan paginya minum air rendaman biji wijen ini ketika perut masih kosong.

Menggunakan Cuka apel

Cuka apel bisa Kamu temukan di berbagai toko maupun apotek. Untuk memperlancar datang bulan, Kamu bisa mencampurkan cuka apel dengan buah-buahan yang akan dijadikan salad atau bisa langsung mencampurkan dengan air hangat dan diminum.

Baca juga:

8 Cara Mudah Memanjangkan dan Melentikkan Bulu Mata

Pemutih Wajah Alami Efektif Tanpa Efek Samping

Selamat Mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.