wartamedika

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Secara Aman dan Mudah

Cara mengatasi sakit pinggang secara mudah, alami dan juga cepat. kamu pasti pernah ya mengalami sakit pinggang? Rasanya itu nyeri, pinggang terasa kaku dan susah untuk bebas bergerak. Hati-hati lho kamu, bila dibiarkan bertahun-tahun dan dianggap sepele, maka bisa merembet ke area atas tulang bagian belakang dan memicu punggung semakin kaku dan kian bungkuk.

Sebelum membahas cara mengatasi sakit pinggang, yuk kita kenali dulu apa penyebabnya. Semoga dengan tahu penyebabnya di antara kamu bisa menghindari sejak dini.

Cara Mengobati Sakit Pinggang

Untuk dapat mengatasi atau mengobati sakit pinggang, kita juga perlu mengetahui hal-hal yang dapat memicu timbulnya sakit pada pinggang ini. Beberapa hal yang dapat memicu timbulnya sakit pinggang pada umumnya adalah beberapa hal berikut, yaitu:

1. Kurangnya olahraga.

Kurangnya pergerakan tubuh, tulang dan sendi-sendi, mengakibatkan persendian tulang tidak lentur. Maka disarankan untuk berolahraga ringan seperti jalan kaki, mendoron. Selain itu aktivitas sehari-hari sederhana di rumah bisa menjadi sarana olahraga seperti mengangkat air, menyiram bunga, menyapu, membuka jendela dan pintu serta jalan kaki membeli sayur mayur ke warung terdekat.

Mudah kan? Terutama bagi kamu dengan profesi berkutat di depan meja kerja di kantor, pulang pergi ke kantor naik mobil dan tidak sempat melakukan aktivitas olahraga.

2. Tidur di tempat dengan alas sangat lentur

Ini mengakibatkan tulang belakang mengikuti alas tempat tidur yang lentur, tidak pada posisi normal dan mengakibatkan tulang dan sendi tidak pada posisi normal lurus.

3. Gangguan pada struktur tulang dan fungsi tulang belakang.

Gangguan tulang belakang juga dapat memicu terjadinya sakit pinggang. Seperti kifosis atau disebut tulang yang terlalu membungkuk kedepan, lordosis yaitu tulang yang membungkuk ke belakang dan skoliosis yaitu tulang yang membengkok membentuk huruf seperti huruf s.

4. Adanya penyakit lain yang menyertai

Timbulnya sakit pinggang bisa juga disebabkan adanya penyakit seperti penyakit ginjal, gangguan metabolik, jantung, kanker, serta penyakit tulang.

5. Penggunaan High Heels

Penggunaan sepatu dengan tumit tinggi yang memaksa tubuh melengkung ke depan dan menjadi penyebab sakit pinggang. Hal ini terjadi karena keseimbangan tubuh terganggu.

Baca selengkapnya di Waspadai Bahaya Memakai Sepatu High Heels

6. Sikap badan yang salah

Sikap badan yang terlalu membungkuk saat kerja, saat mengangkat barang atau beban juga memicu terjadinya sakit pinggang.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Secara Alami

Ada beberapa cara mengatasi sakit pinggang secara alami. Bagi kamu yang tengah sakit pinggang, bisa menerapkan agar sakit pinggang sembuh.

1. Jahe dan Merica

Caranya:

2. Temulawak dan Daun Dewa

Caranya:

3. Jahe dan Temu Hitam

Caranya:

4. Bawang Putih dan Jahe Merah

Caranya:

5. Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat membantu menyembuhkan skait pinggang karena air hangat mampu mengendurkan otot dan membuat otot semakin rileks serta melancarkan aliran darah.

6. Menjalani terapi pijat

Terapi pijat bermanfaat mengurangi keregangan otot-otot di sekitar pinggang, memperbaiki sirkulasi darah, meringankan rasa sakit nyeri otot.

Tips Mencegah Sakit Pinggang

Sakit pinggang tidak akan pernah muncul jika kita mengantisipasinya sejak dini. Bagi kamu-kamu yang masih sehat wal afiat dan belum kena sakit pinggang, ada baiknya membiasakan hal-hal berikut dalam aktivitas sehari-hari.

1. Hindari Angkat Beban Terlalu Berat

Jangan paksakan mengangkat beban atau barang berat jika memang tidak sanggup mintalah bantuan orang lain yang lebih kuat untuk mengangkatnya atau bersama-sama mengangkatnya.

2. Ambil Posisi Duduk Yang Nyaman

Posisikan tubuh secara proporsional dan nyaman serta tidak posisi bungkuk ketika duduk jika pekerjaan di perkantoran, atau berdiri tegak lurus jika mayoritas aktivitas banyak bergerak dan berjalan.

3. Peregangan atau Olahraga Ringan

Lakukan peregangan dan pemanasan jika hendak berolahraga, jangan langsung ancang-ancang berolahraga tanpa pemanasan.

4. Hindari Terlalu Lama Duduk

Jika pekerjaan menuntut banyak duduk, maka selingi dengan berjalan-jalan sekitar 5-15 menit agar otot lentur, meregang dan ketegangan syaraf berkurang.

5. Gunakan Alas Tidur yang Nyaman

Pilih alas tidur yang tidak terlampaui empuk, tetapi juga jangan terlampau keras. Tilam biasa bisa menjadi alternatif dibandingkan tilam yang memiliki busa banyak dan sangat empuk untuk menjaga tulang belakang tidak terlalu tertarik ke belakang. Gunakan posisi miring ketika tidur agar tulang belakang tidak tertekan.

6. Konsumsi Makanan Bergizi

Konsumsi makanan dengan gizi dan nutrisi seimbang, jangan berlebihan dalam hal makan, jaga kondisi berat badan agar tidak bertumpuk lemak di area pinggang. Imbangi juga dengan mengkonsumsi air putih setidaknya 8 gelas per hari. Asupan air yang cukup akan membantu meringankan beban kerja ginjal.

7. Olahraga Ringan

Sering-seringlah berolahraga, walaupun hanya sederhana seperti jalan kaki dan bergerak di tempat.

Bagaimana, mudah bukan cara mengatasi sakit pinggang secara alami. Tetapi alangkah lebih baik lagi kalau kamu segera menerapkan gaya hidup sehat untuk mencegah timbulnya sakit pinggang. Ingat mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Info lain yang juga cukup menarik untuk kamu baca:

Cara Cepat Menghilangkan Bau Mulut Secara Mudah

Cara Mudah Merawat Rambut Pria Agar Sehat

Selamat mencoba.

Exit mobile version