wartamedika

Cara Menghilangkan Bekas Luka Knalpot Alami dan Cepat

Cara menghilangkan bekas luka knalpot yang menghitam atau meninggalkan bercak putih. Bekas luka bakar kena knalpot kerap dijumpai di tengah masyarakat. Mungkin kamu pernah memiliki pengalaman buruk tanpa sengaja terkena knalpot sepeda motor. Knalpot yang panas dan bersuhu tinggi ini dapat menyebabkan luka bakar serius.

Parahnya, bekas luka bakar knalpot sering meninggalkan bekas permanen berwarna hitam dan gelap selama bertahun-tahun. Otomatis membuat kulit terlihat mencolok. Terlebih bila ada di area mudah terlihat orang lain seperti lengan tangan dan betis kaki pasti menjadikan diri kurang pede dan merusak penampilan.

Luka bakar tidak hanya berasal dari kanlpot dengan suhu tinggi yang menyebabkan kulit dan daging melepuh. Luka bakar ini bisa juga berasal dari air panas yang tumpah tanpa sengaja, tersengat listrik serta terpapar api (api lampu, lilin, tempat pemanggangan, tempat bakar sampah, dan lain-lain)

Oleh karena itu, maka Kamu harus waspada dan hati-hati bila pulang dari bepergian jauh dan kondisi knalpot sepeda motor masih panas membara. Wanti-wanti dan waspada bila ada anak kecil di rumah ya.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Secara Alami

Langkah pertama orang yang terkena luka bakar seringkali salah dan malah membuat luka yang melepuh bertambah parah dan meninggalkan bekas permanen.

Di tengah masyarakat sering menggunakan pasta “odol’ gigi ketika mengalami luka bakar. Menurut penelitian pakar dokter, bahwa odol ternyata memicu infeksi dan memperparah keadaan luka bakar karena odol gigi mengandung zat-zat kimia seperti deterjen, pemutih dan pewarna.

Ada beberapa obat dan cara alami dan tradisional untuk mengobati bekas luka bakar khususnya luka bakar knalpot. Yaitu sebagai berikut:

1. Bawnag putih

Caranya:

2. Buah Mengkudu

Caranya:

Buah mengkudu bermanfaat menghilangkan bekas luka karena mengandung senyawa scopoletin yang berfungsi membangu anti radang dan menghilangkan bekas luka.

3. Buah Mentimun

Caranya:

Mentimun bermenfaat membantu memudarkan koloid atau bekas luka secara perlahan-lahan karena mengandung beberapa zat berguna seperti vitamin C dan zat yang merangsang produksi kolagen.

4. Guyur dengan air dingin

Cara ini khusus ketika baru saja terkena panas knalpot.

Caranya:

Air ini berfungsi untuk mengurangi rasa sakit dan juga menjaga agar luka bakar tidak semakin masuk kedalam.

5. Air bekas rendaman beras

Air bekas rendaman beras atau air bekas cuci beras, ternyata bermanfaat untuk mengobati kaki atau bagian tubuh yang terkena luka panas knalpot.

Caranya:

6. Cairan kayu bakar

Caranya:

Cara Menghilangkan Bekas Luka Karena Kanlpot

Selain cara di atas, juga ada cara lain menghilangkan bekas luka bakar knalpot.

1. Menggunakan minyak zaitun

Cara menghilangkan bekas luka knalpot berikutnya yaitu dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun ini dapat dimanfaatkan untuk membantu menyamarkan luka bekas knalpot yaitu:

2. Bawang putih

Bawang putih selain bermanfaat sebagai bumbu dapur, juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi luka bakar knalpot.

Caranya :

3. Tomat

Caranya:

Kandungan vitamin C pada tomat juga dapat dimanfaatkan untuk mencerahkan kulit wajah secara alami.

Baca selengkapnya di Pemutih Wajah Alami Efektif Tanpa Efek Samping

4. Menggunakan jeruk nipis

Sama halnya dengan tomat, Kamu juga dapat memanfaatkan jeruk nipis untuk memudarkan bekas luka knalpot pada kulit Kamu. Jeruk nipis ini juga mengandung tinggi sekali vitamin C.

Caranya:

Mudah kan? Yang terpenting jangan pernah mengoleskan odol, mentega, minyak tanah, kopi atau apapun ke kulit yang terkena knalpot. Karena hal itu justru akan membuat kulit menjadi semakin parah .

Baca juga:

Cara Praktis dan Mudah Mengatasi Bau Kaki Menyengat

Cara Alami Menghilangkan Burket Tanpa Ribet

Selamat mencoba. Semoga tips tentang cara menghilangkan bekas luka knalpot dari kami bermanfaat

 

Exit mobile version