Tips Ampuh Menghilangkan Sakit Kepala Tanpa Obat

Cara menghilangkan sakit kepala secara alami, aman dan efektif dengan bahan tradisional yang ada di sekitar kita. Sakit kepala alias cephalalgia adalah kondisi saat otak merasa sakit atau nyeri. Sakit kepala terbagi ke dalam beberapa jenis, yaitu migrain, vertigo, sakit kepala cluster, dan sakit kepala berkepanjangan.

cara menghilangkan sakit kepala

Sakit kepala bukan cuma disebabkan karena penyakit tertentu seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), tumor, gangguan saraf, dan sebagainya, namun bisa juga disebabkan karena:

  • Terlambat makan
  • Olahraga berlebihan
  • Terlalu lama berdiri di bawah terik matahari
  • Stres
  • Terlalu banyak mengonsumsi kafein
  • Kurang tidur atau istirahat
  • Mata kelelahan
  • Kurang vitamin B2, D, dan magnesium
  • Dehidrasi

Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah

Bila kamu sedang sakit kepala, kamu dapat melakukan beberapa tips berikut ini untuk menghilangkan rasa nyerinya.

1. Perbanyak minum air putih

Kekurangan cairan atau dehidrasi juga merupakan salah satu sebab kamu mengalami sakit kepala. Oleh sebab itu, pertolongan pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi sakit kepala adalah dengan memperbanyak minum air putih. Sangat disarankan kamu minum air putih minimal 8 gelas sehari agar peredaran darah ke otak menjadi lebih lancar.

2. Buah pisang

cara menghilangkan sakit kepala

Pisang adalah jenis buah-buahan yang mengandung banyak potasium dan magnesium yang mampu menyembuhkan migrain atau sakit kepala sebelah. Bila kamu saat ini tengah mengalami migrain, kamu dapat langsung makan buah pisang untuk meredakan nyeri kepala.

Selain nyeri kepala, pisang ini juga dapat membantu mengurangi nyeri saat kamu mendapatkan menstruasi. Simak tipsnya di Cara Mengatasi Nyeri Haid Paling Efektif Tanpa Obat

3. Menggunakan es batu

Walau terlihat sepele, es batu ternyata cukup efektif untuk menghilangkan sakit kepala. kamu cukup menggosokkan atau mengompres daerah kepala yang sakit menggunakan es batu. Rasa dingin yang ditimbulkan dapat meredakan sakit kepala.

4. Menggunakan kentang

Sakit kepala bukan cuma bisa disebabkan karena dehidrasi, namun bisa juga karena tubuh kehilangan elektrolis seperti kalium. Untuk mengganti elektrolit yang hilang, kamu dapat mengonsumsi kentang. Idealnya, kamu mengonsumsi kentang yang dibakar bersama kulitnya atau direbus. Usahakan jangan digoreng ya!

5. Makan buah semangka

Bila kamu dehidrasi, makanlah buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka. Selain segar dan enak, semangka juga mampu mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.

6. Dengan makan ikan

Jenis ikan seperti salmon, tuna, atau makarel mengandung banyak omega-3 yang mampu mengatasi sakit kepala karena migrain.

7. Makanan atau minuman mint

Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung mint tepat untuk dilakukan oleh kamu yang terserang sakit kepala karena maag atau terlambat makan. Bila kamu mengalami maaf biasanya ditandai dengan mual dan sakit kepala. kamu dapat mengatasinya dengan makan permen mint atau minum teh peppermint, dan sebagainya.

8. Biji wijen

Biji wijen mengandung banyak vitamin E yang bisa menyeimbangkan hormon estrogen dan mengatasi migrain. Kandungan magnesiumnya juga dipercaya mampu mengobati sakit kepala. Saat sakit kepala melanda, kamu dapat mengonsumsi makanan yang mendung wijen seperti onde-onde dan sebagainya.

9. Menggunakan biji alpukat

Biji buah alpukat yang keras ini biasanya pasti kamu buang kan? Nah, bila kamu sakit kepala dikarenakan demam, kamu dapat membuat kompres alami dengan bahan dasar dari biji alpukat loh!

Bagaimana caranya?

  • Siapkan 2 biji alpukat yang telah diparut dan dicampur sedikit air,
  • Tempelkan ramuan tersebut pada dahi sekitar 1-2 jam atau ketika menjelang tidur malam

10. Menggunakan minyak urut

Gunakan minyak urut seperti minyak kayu putih untuk mengurut bagian kepala yang sakit. Gosok dan urut juga bagian leher belakang untuk membantu mengurangi rasa sakit. kamu juga bisa tidur sebentar karena beberapa sakit kepala dapat diakibatkan oleh kurangnya waktu istirahat tidur kita.

11. Kurangi stres

Merasa stres, tegang, dan cemas juga merupakan faktor utama penyebab kamu mengalami sakit kepala. Saat menghadapi suatu masalah usahakan untuk tenang dan tidak panik. Bila kamu mulai merasa lelah, segeralah istirahat dan menenangkan diri. Bisa dengan tidur atau duduk-duduk di taman. Pikiran yang jernih tentunya akan membuat tubuh kita lebih sehat kan?

Cukup mudah bukan tips cara menghilangkan sakit kepala diatas? jangan lupa di share ya.Baca juga:

 Cara Praktis Menghilangkan Jerawat dengan Sayuran

Cara Praktis dan Mudah Mengatasi Bau Kaki Menyengat

Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.