Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut dengan Cepat dan Mudah

Cara menghilangkan telur kutu rambut secara alami dan mudah dengan menggunakan bahan yang aman. Perkembangan kutu rambut ini sangat pesat. Dalam sehari ia bisa bertelur sekitar lebih dari 6 kutu yang akan membuat rambut Kamu terasa sangat gatal dan mudah kotor.

cara menghilangkan telur kutu rambut

Kabar buruknya, kalau Kamu dekat-dekat dengan orang yang rambutnya kutuan, Kamu pun akan sangat rentan tertular.

Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut Secara Alami

Sebenarnya untuk menghabisi kutu rambut itu tergolong mudah. Yang agak sulit adalah menghilangkan telur kutu yang sudah terlanjur menempel di tiap helai rambut. Telur kutu yang berwarna putih tersebut sulit dihilangkan kalau tidak kita ambil satu per satu.

Namun jangan khawatir, ada tips yang cukup membantu Kamu untuk melenyapkan telur kutu di rambut. Bagaimana caranya? Yuk, langsung saja simak ulasan berikut ini!

1. Pindah ke lokasi khusus untuk membersihkan telur kutu

Untuk membersihkan telur kutu rambut Kamu tidak boleh melakukannya di sembarang tempat, misalkan di kamar. Jangan ya! Nantinya malah telur-telur tersebut bisa pindah kemana-mana. Usahakan untuk pindah ke tempat yang lebih terbuka dan banyak sinar matahari atau tempat yang terang. Sediakan pula handuk putih di bahu agar memudahkan Kamu untuk melihat telur kutu mana yang telah berjatuhan.

2. Bersihkan rambut dengan cuka

Cuka juga dapat Kamu gunakan untuk menghilangkan telur kutu. Telur kutu biasanya dilapisi dengan suatu zat lengket yang membuatnya bisa begitu bertahan di tiap helai rambut. Nah, untuk membuatnya berjatuhan dengan sendirinya, Kamu bisa memakai cuka.

Cuka ini berfungsi untuk menghilangkan zat lengket tersebut. Langkah yang harus Kamu lakukan adalah juga cukup mudah:

Caranya:

  • Basahi rambut menggunakan air hangat
  • Lalu olesi rambut Kamu menggunakan cuka
  • Pastikan mengoleskan cuka secara rata di tiap helai rambut
  • Setelah diamkan beberapa saat
  • Bersihkan rambut menggunakan air hangat.

3. Menyisir rambut dengan sisir kutu atau serit

cara menghilangkan telur kutu rambut

Kamu tahu serit? Sisir kecil khusus kutu yang bergigi rapat. Sebelum melakukan cara ini, ada baiknya Kamu mengoleskan rambut dengan leave-in conditioner agar rambut tidak mudah kusut. Setelah diolesi kondisioner, Kamu dapat menyisir rambut dengan serit. Sisirlah pelan-pelan saja agar kulit kepala Kamu tidak terluka. Pastikan Kamu menyisir rambut secara rata mulai dari pangkal rambut hingga ke ujungnya.

Hal ini dilakukan agar telur-telur kutu yang bersarang di tiap rambut bisa berjatuhan seiring dengan Kamu menyisir rambut. Agar lebih efektif, Kamu bisa melakukan cara ini setelah mengolesi rambut dengan cuka seperti cara sebelumnya yang telah kami jelaskan.

4. Obat kumur

Kamu juga dapat menghilangkan kutu dengan menggunakan Listerine original. Caranya mudah kok, Kamu hanya perlu mencuci rambut dengan Listerine. Lalu tutup rambut menggunakan shower cap selama setengah jam. Setelah itu bilas rambut sampai bersih menggunakan air hangat.

Ada satu hal yang perlu Kamu perhatikan. Hindari penggunaan kapur ajaib atau kapur pembasmi serangga sebagai obat kutu rambut. Sebab, kapur-kapur semacam itu mengandung banyak zat kimia yang bisa merusak lapisan rambut dan juga kulit kepala Kamu. Jangan samakan kutu rambut dengan serangga biasa.

Daripada menggunakan kapur ajaib, Kamu lebih baik menggunakan obat pembasmi kutu yang sudah banyak dijual di apotek seperti Peditox dan sebagainya. Selain murah, penggunaan obat khusus pembasmi kutu rambut malah lebih aman daripada kapur ajaib.

Mudah kan cara menghilangkan telur kutu rambut ini. Jangan biarkan telur telur dari kutu rambut itu menghilangkan rasa percaya diri Kamu.

Baca juga:

Cara Mudah dan Ampuh Menghilangkan Kutu Rambut

Cara Merawat Rambut Bercabang Secara Alami dan Mudah

Selamat mencoba, jangan lupa di share ya.

Leave a Comment