Tanpa Obat Begini Cara Mengobati Alergi Dingin Secara Cepat

Pernah merasakan gatal gatal pas waktu dingin? Rasanya tentu tidak enak sekali. Namun kamu tidak perlu khawatir karena ada cara mengobati alergi dingin pada tubuh secara alami, cepat dan mudah.

Bagi sebagian orang, suasana dingin sehabis hujan, cuaca mendung, atau bahkan ketika berada di daratan tinggi tentu begitu menyenangkan. Selain waktu yang cocok untuk rebahan, juga momen tepat menikmati segelas teh manis panas atau kopi panas ditemani sepiring pisang goreng. Momen seperti itu langka dan rasanya seperti berada di Surga.

cara mengobati alergi dingin
pinterest.com

Tapi, bagi sebagian orang lagi, suasana dingin malah menjadi petaka. Bukan menikmati dingin, malah alergi terhadap dingin dan seringkali menimbulkan penyakit serius. Misalnya biduran.

Biduran adalah penyakit kulit yang biasa dijumpai akibat alergi kulit terhadap kondisi cuaca dingin. Di beberapa tempat, biduran dikenal dengan Kaligata atau kelainan kulit yang ditandai munculnya benjolan-benjolan kecil berwarna kemerahan. Benjolan ini perlahan membesar, terasa sangat gatal, panas dan disertai rasa ditusuk jarum.

Biduran tersebut membuat penderitanya tidak tahan untuk tidak menggaruk karena rasaya yang cukup gatal. Dan akibat garukan tersebut konsekuensinya benjolan makin bertambah banyak dan meluas ke seluruh tubuh.

Cara Mengobati Alergi Dingin dan Bentol Secara Alami

Meskipun dianggap tidak berbahaya, tidak meninggalkan bekas sehabis sembuh, tetapi dalam beberapa kasus biduran dapat menyebabkan kematian. Ketika biduran di saat yang sama terjadi Angioedema atau kondisi Utikaria yang mengenai lapisan bawah kulit dan mukosa kemudian mengenai saluran pernafasan sehingga si penderita sulit bernafas dan menyebabkan kematian.

Secara sederhana biduran terjadi ketika sel darah melepas histamine dan zat-zat lainnya hingga menyebabkan bocornya cairan dari pembuluh darah kecil di bawah kulit. Cairan inilah kemudian membentuk benjolan dan menggumpal di bawah kulit. Hasil penelitian sementara menyatakan 80% penyebab biduran tidak diketahui. Tapi secara umum disebabkan cuaca dingin sehingga alergi atau siklus cuaca ekstrem.

Obat Alergi Dingin atau Biduran

Ada beberapa hal yang bisa kamu coba untuk mengatasi atau meringankan alergi dingin yang sedang kamu rasakn. Yaitu:

1. Pakai Baju Tebal

Memakai baju tebal untuk menghangatkan tubuh di cuaca dingin akan membantu kulit tidak alergi. Sekedar beristirahat di rumah untuk sementara menghindari cuaca dingin mungkin juga bisa membantumu mengurangi resiko kambuhnya alergi kamu.

Di samping itu juga dianjurkan untuk berada di ruangan hangat, atau bila perlu dekat api unggun atau mandi air hangat ketika pagi atau sore. Hal tersebut menghindari kulit Kamu alergi terhadap dingin.

2. Menggunakan Obat Alergi Dingin Tradisional

Bila alergi dingin terjadi, dan menimbulkan penyekit tertentu seperti biduran, jangan tunggu lama. Di samping obat generic yang dijual di apotik, Kamu juga bisa memanfaatkan obat alami tradisonal yang tumbuh di sekitar rumah. Seperti berikut:

Obat Alergi Gatal dari Asam

Caranya:

  • Asam jawa dicampur dengan rimpang temulawak dan air 2 gelas
  • Tambahkan gula aren secukupnya.
  • Rebus semua bahan dalam air hingga tersisa 1 gelas,
  • Saring air rebusan kemudian diminum.

 Obat alergi gatal dari akar jombang

  • Rebus sekitar 30 sampai 40 gram akar jombang dalam air 400 cc hingga tinggal 200 cc.
  • Hasil air rebusan diminum dalam keadaan hangat.
  • Bisa juga dengan merebus 40-65 gram akar Rosa Multifona Thumb dalam air 400 cc hingga tinggal 200 cc,
  • air hasil rebusannya diminum sebanyak 2 kali sehari.

Obat alergi gatal dari tanaman leunca

  • Tumbuk tanaman Leunca sampai halus tanpa disertai akarnya.
  • Setalah ditumbuk sampai halus, oleskan di kulit hingga hijau oleh Launca sebanyak 3 kali sehari.

Obat alergi gatal dari daun sirih

Caranya:

  • Ambil 25 lembar daun sirih, 25 lembar daun ketepeng, kemudian direbus dalam air mendidih sebanyak 1000 cc sampai mendidih.
  • Kemudian air rebusan disaring dan didinginkan.
  • Lalu air tersebut digunakan untuk mengompres bagian yang terkena biduran.

Olesi dengan minyak kayu putih atau bedak salicyl

Minyak kayu putih atau bedak salicyl akan membantu meringankan rasa gatal pada kulit karena biduran atau alergi.

Info menarik yang wajib Kamu baca:

Tips Memutihkan Selangkangan Cepat dan Mudah

Tips Mudah Cara Cepat Mengobati Batuk Tanpa Obat

Itu tadi beberapa tips cara mengatasi biduran dengan menggunakan cara alami dan tentu saja lebih aman. Jangan lupa share ya kalau Kamu merasa info ini cukup bermanfaat.

5 pemikiran pada “Tanpa Obat Begini Cara Mengobati Alergi Dingin Secara Cepat

  1. Tips buat kalian semua ya…semoga bisa sembuh. … Soalnya saya pernah alami ….
    1 mandi air dingin di pagi hari dan jangan mandi air panas
    2 aktifitas di pagi hari
    3 jangan maras kepada alergi karena dapat sebabkan stres
    4 jangan berhenti makan sehat / makanan bergisi seperti telur paling utama
    5 bisa di bantu dengan omega tiga
    6 jangan berhenti berdo’a
    Ingat jangan mandi air panas. ….
    Atas Izin Allah SWT Insya Allah sembuh total
    Oh iya lupa …. Jangan takut dingin… Sering ke tempat dingin agar sistem kekebalan tubuh terbiasa di tempat dingin… Seperti pegunungan

  2. saya sejak smp sampai skrg udah umur 27 gak bisa sembuh alergi dingin ini. hampir tiap hari cuaca dingin pasti biduran, terutama pas wudhu untuk solat subuh. tiap malam bahkan pas mau tidur kalo dingin pake gatal gatal dulu ?? Walaupun kalau badan sudah hangat bidurannya hilang tapi terasa sangat menyiksa ? gak bisa berenang di kolam atau pantai, gak bisa mandi terlalu lama, apalagi ke gunung kayaknya gak bakalan sanggup.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.