10 Cara Mengobati Gigi Berlubang Ampuh Tanpa Obat

Semasa hidup di dunia ini Kamu tentu pernah merasakan betapa tersiksanya sakit gigi dikarenakan gigi berlubang kan? Makan tak enak, tidur tak nyenyak, bahkan berdiam diri saja pun tak enak.

Bila Kamu saat ini sedang sakit gigi, coba diingat-ingat lagi di mana letak kesalahannya. Apakah karena kurang rajin menyikat gigi? Sering mengonsumsi permen, cokelat, atau makanan manis lainnya? Bila rasa sakit dari gigi yang berlubang sudah tak dapat terbendung lagi, Kamu sebaiknya segera pergi ke dokter gigi untuk ditangani lebih lanjut.

cara mengobati gigi berlubang123

Cara Mengobati Sakit Gigi yang Sudah Berlubang Besar

Namun sebelum periksa ke dokter, Kamu bisa mencoba berbagai cara alami yang akan kami suguhkan berikut ini.

1. Jeruk nipis

Buah yang sangat asam ini bisa Kamu jadikan sebagai obat untuk mengatasi gigi berlubang. Caranya sangat mudah kok! Kamu tinggal meneteskan perasan air jeruk nipis pada bagian gigi yang lubang. Mungkin nantinya akan terasa perih dan sedikit menyiksa, tapi jangan khawatir rasa sakitnya hanya sementara. Kenapa sih jeruk nipis bisa mengobati gigi berlubang? Sebab, jeruk yang satu ini mengandung banyak sekali vitamin C.

2. Garam

Nah, obat gigi berlubang satu ini tentunya sangat legendaris dan dikenal oleh banyak orang. Yup, bila Kamu mengalami sakit gigi. Cobalah berkumur dengan garam yang telah dilarutkan dalam segelas air hangat. Kandungan yodium dalam garam bisa meredakan rasa sakit yang ditimbulkan oleh gigi berlubang. Ingat, Kamu tidak perlu mengunyah garamnya langsung ya!

3. Cengkeh

Cengkeh adalah salah satu jenis rempah yang mengandung zat anti-inflamasi, antioksidan, anti bakteri, dan bisa digunakan sebagai anestesi yang berguna untuk menyembuhkan luka serta memusnahkan bakteri dalam gigi yang berlubang. Kamu tinggal menyediakan minyak cengkeh dan segelas air. Lalu, teteskan beberapa minyak cengkeh ke dalam air dan gunakan air tersebut untuk berkumur. Selain dijadikan obat kumur, minyak cengkeh tadi dapat langsung diteteskan ke kapas, kemudian tempelkan kapas yang telah dibasahi minyak cengkeh tadi ke gigi yang berlubang.

4. Lada

Lada alias merica juga merupakan salah satu obat yang ampuh untuk menyembuhkan sakit karena gigi berlubang. Kamu tinggal menyiapkan lada dan garap dengan perbandingan 1 : 1, lalu campurkan lada dan garam tersebut dengan sedikit air sampai bentuknya seperti pasta. Oleskan pasta tersebut ke area gigi berlubang, biarkan selama beberapa menit. Setelah itu Kamu dapat langsung berkumur menggunakan air bersih. Agar lebih manjur, lakukanlah hal ini secara rutin.

5. Belimbing wuluh

Buah yang sangat asam ini juga berguna untuk menyembuhkan sakit karena gigi berlubang loh. Caranya juga sangat gampang. Ambillah beberapa buah belimbing wuluh yang telah dicuci bersih, lalu makanlah belimbing wuluh bersama garam. Kunyah pelan-pelan memakai gigi yang sakit.

6. Bawang merah

Kandungan antiseptic anti mikroba pada bawang merah sangat berguna untuk mengatasi gigi berlubang. Mudah sekali caranya. Kamu tinggal mengambil 1 buah bawang merah yang telah dikupas bersih, kemudian kunyahlah bawang merah tersebut. Namun bila Kamu tak dapat mengunyah, Kamu bisa menggosokkan bawang merah ke daerah gigi berlubang.

7. Bawang putih

Seperti halnya bawang merah, bawang putih juga mengandung antibiotik yang dapat menyembuhkan gigi berlubang. Sediakan 1 siung bawang putih yang telah dihaluskan, lalu berilah sedikit garam. Oleskan bawang putih tersebut ke gigi yang berlubang. Lakukan cara ini dengan rutin.

8. Daun jambu biji

Tanaman satu ini bisa jadi solusi lain bagi Kamu yang sakit gigi. Kamu tinggal mengunyah 1 atau 2 lembar daun jambu biji dengan menggunakan gigi yang nyeri. Kamu bisa juga mencoba cari lain dengan memasak 4-5 lembar daun jambu biji yang dicampur sedikit garam hingga mendidih dan dijadikan obat kumur.

9. Biji asam jawa

Sediakan biji asam jawa yang telah disangrai, kemudian tumbuk hingga halus dan oleskan ke gigi yang berlubang.

10. Bersihkan gigi secara teratur

Selain menggunakan cara tradisional, Kamu juga wajib untuk menjaga kebersihan gigi sehingga kuman penyebab gigi berlubang bisa segera hilang.

Semoga tips diatas dapat bermanfaat dan membantu mengatasi masalah gigi berlubang Kamu.

Baca juga:

Cara Jitu Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Cara Termudah Memutihkan Gigi Kuning Permanen

Semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.