Cara Menjaga Mata Sehat Bebas Minus Didepan Laptop

Sering berada didepan laptop atau komputer? Ancaman mata minus pasti tidak dapat dihindari. Tips berikut ini sangat ampuh sebagai pilihan cara menjaga mata sehat didepan laptop.

cara menjaga mata sehat346

Zaman sekarang kehidupan Kamu memang seolah tak dapat terpisahkan dari komputer. Baik sekadar untuk urusan hiburan maupun urusan serius yang menyangkut pekerjaan sehari-hari.

Bagi Kamu yang kesehariannya berhadapan dengan layar komputer, tentunya bukan perkara mudah untuk menjaga mata Kamu sehat setiap saat. Terkadang Kamu akan merasa kelelahan, badan pegal-pegal, atau bahkan penglihatan mulai kabur atau mulai minus.

Mata minus biasanya sering menyebabkan penderita merasa pusing. Kenapa demikian? Baca penjelasannya di Hubungan Mata Minus Penyebab Sakit Kepala

Jangan khawatir, Kamu tidak harus jauh-jauh dengan perangkat teknologi satu ini. Ada 8 tips cara menjaga mata sehat yang bisa Kamu coba supaya mata Kamu tetap sehat meski harus berada di depan komputer selama berjam-jam.

Cara Menjaga Mata Sehat Didepan Laptop

1. Atur jarak dengan monitor

Idealnya, jarak Kamu dengan layar adalah sekitar 50 – 100 cm. Ingat, jangan terlalu dekat dengan layar! Pasalnya, jika Kamu terus-terusan melihat layar dalam jarak dekat, lama kelamaan mata Kamu bisa mengalami rabun jauh (minus).

2. Atur posisi duduk senyaman mungkin

Bagi Kamu yang sebagian besar waktu di kantor dihabiskan untuk duduk, maka ada baiknya untuk mengatur duduk dengan posisi yang senyaman mungkin. Sebab posisi yang nyaman juga akan mengurangi kelelahan di bagian persendian.

Biasakan untuk duduk dengan posisi punggung tegak dan tubuh se-rileks mungkin. Jangan anggap remeh posisi duduk loh! Banyak penyakit kronis yang bersumber dari kesalahan postur Kamu saat duduk.

3. Pakai monitor dan setting sesuai kenyamanan

Aturlah cahaya monitor Kamu yang cukup menyejukkan mata. Tidak terlalu redup, namun tidak juga terlalu terang. Monitor yang redup akan membuat mata Kamu terlalu bekerja keras untuk membaca tulisan, sedangkan monitor yang terlalu terang juga bisa membuat Kamu cepat lelah.

4. Rutin mengistirahatkan mata

Biasanya manusia akan berkedip 18 kali per menit. Tetapi rumusan itu bisa saja tidak berlaku ketika pekerjaan Kamu di komputer sangat menumpuk. Alhasil, intensitas berkedip Kamu pun berkurang.

Jika Kamu memang banyak bekerja di depan layar, ada baiknya untuk mengistirahatkan mata setidaknya 5 menit tiap jam. Memejamkan mata sebentar juga sudah sangat membantu meringankan kerja mata Kamu.

5. Tidur 6 – 8 jam sehari

Tidur dengan cukup di malam hari terbukti bisa membuat Kamu bangun lebih segar pada pagi hari. Bagi Kamu yang biasa bekerja di depan komputer, pastikan untuk tidur setidaknya 6 – 8 jam agar mata Kamu tidak mudah lelah. Selain itu, tidur yang cukup juga mampu memperbaiki metabolisme tubuh.

6. Konsumsi buah-buahan dan sayuran

cara menjaga mata sehat34Seperti yang Kamu ketahui, kesehatan mata erat kaitannya dengan kebutuhan vitamin A yang wajib Kamu penuhi. Tidak perlu mahal-mahal. Kamu bisa mendapatkan banyak vitamin A lewat sayur wortel, buah tomat, dan masih banyak lagi sumber vitamin A lainnya.

Jika Kamu kurang suka mengolahnya sebagai masakan, Kamu bisa mencoba mencampurkan buah atau sayuran yang mengandung vitamin A dengan cara diblender. Selain sehat, jus rasanya juga enak dan segar!

Wortel adalah sayur yang tinggi sekali kandungan vitamin A nya. Ingin tahu manfaat wortel yang lain? Baca selengkapnya di 10 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan dan Kecantikan

7. Periksa mata secara berkala

Memeriksakan mata ke dokter bisa menjadi solusi yang cukup membantu. Jika penglihatan Kamu mulai terasa kabur, siapa tahu Kamu memang sudah waktunya menggunakan kacamata minus. Sebagai tambahan, Kamu juga bisa menambahkan lensa anti radiasi untuk mengurangi paparan radiasi ke mata.

8. Rutin berolahraga

Sesibuk apapun Kamu dengan rutinitas pekerjaan, jangan lupa untuk menyempatkan diri berolahraga. Tidak perlu jauh-jauh pergi ke gym. Cobalah olahraga dengan jogging di sekitar komplek rumah Kamu atau cukup di dalam rumah dengan melakukan beberapa gerakan yoga di akhir pekan. Tubuh yang bugar tentunya akan membuat Kamu bersemangat lagi untuk memulai pekerjaan di hari Senin.

Demikian tadi cara menjaga mata sehat yang bisa Kamu praktekkan di rumah. Jangan sampai aktivitas didepan komputer yang terlalu sering membuat mata menjadi rusak.

Baca juga:

Dapatkah Buta Warna Diobati?

Alasan Sayur Bayam Tidak Boleh Dipanasi

Tetap jaga kesehatan ya guys. Apapun yang terjadi kesehatan adalah yang utama.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.