Banyak Yang Tidak Tahu, Begini Cara Merawat Gigi yang Benar

Cara merawat gigi agar sehat tetap putih dan menjaga gigi agar tidak rusak seperti berlubang, berubah warna menjadi kuning dan juga mencegah timbulnya bau mulut. Tersenyum memang salah satu faktor penunjang yang membuat penampilan kita jadi terlihat menarik. Namun, apa jadinya bila senyum kita menjadi kurang cantik karena gigi kita yang kuning atau bahkan menghitam karena terlalu banyak merokok dan minum kopi?

cara merawat gigi

Banyaknya makanan dan minuman yang kita konsumsi membuat kita jarang memperhatikan kesehatan mulut terutama gigi kita? Setiap harinya gigi kita akan selalu bekerja untuk mengunyah makanan yang masuk. Namun, terlepas dari enak atau tidak makanan yang Kamu makan, benarkah makanan itu tidak mempengaruhi kebersihan gigi Kamu?

Cara Merawat Gigi yang Benar

Bila Kamu ingin merawat gigi agar lebih putih dan bersih, kami mempunyai beberapa cara untuk membuat senyum atau tawa Kamu tampak mempesona. Sebenarnya tak sulit untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi, Kamu hanya perlu bersabar melakukannya.

Penasaran? Berikut ini tips-nya.

Sikat gigi 2 kali sehari

cara merawat gigi

Menyikat gigi adalah hal paling dasar yang harus Kamu lakukan tiap hari, setidaknya 2 kali sehari. Usahakan sebelum tidur Kamu juga menyikat gigi agar tidak ada sisa-sisa makanan yang terselip di gigi dan menyebabkan gigi berlubang. Tahu sendiri kan, tiap hari ada saja makanan yang kita kunyah dan kita tak pernah tahu apakah makanan itu baik tidak untuk kebersihan gigi kita.

Ganti sikat gigi 1 bulan sekali

Bila Kamu sudah rajin menyikat gigi, ada lagi yang perlu diperhatikan. Gantilah sikat gigi Kamu minimal 1 bulan sekali. Sikat gigi adalah sebuah alat bantu yang selalu masuk ke dalam mulut. Kamu tak mau kan pakai sikat gigi yang sama selama berbulan-bulan. Hii, bayangkan betapa kotor dan joroknya sikat gigi tersebut.

Gunakan benang gigi

Benang gigi atau dental floss juga bisa membantu Kamu untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang terselip di sela gigi. Dental floss menjangkau bagian gigi yang tidak dapat terjangkau oleh sikat gigi. Namun hati-hati ya Kamu, memakainya pelan-pelan saja. Sebab kalau Kamu terlalu bersemangat nanti malah menyebabkan gusi terluka dan berdarah.

Hindari minum kopi

Kopi memang mempunyai beberapa manfaat yang baik untuk tubuh. Namun Kamu juga perlu memperhatikan jumlah kopi yang Kamu minum. Sebab, terlalu banyak minum kopi bisa membuat warna gigi berubah jadi menguning. Minum kopi mungkin hanya butuh waktu beberapa menit, tetapi membersihkan gigi yang kuning karena kebanyakan minum kopi ini bisa menghabiskan waktu yang lama.

Rusaknya email yang membuat gigi menjaddi kuning ini tentu akan sangat mengganggu rasa percaya diri Kamu. Ada beberapa tips cara merawat gigi yang menguning ini agar kembali menjadi putih berseri. Baca selengkapnya di Cara Termudah Memutihkan Gigi Kuning Permanen.

Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Mengonsumsi sayur dan buah-buahan ternyatabisa sekaligus membersihkan gigi loh Kamu! Asyik kan? Coba ganti camilan Kamu dengan buah-buahan atau sayuran. Selain sehat, camilan dari sayur dan buah ini bisa membersihkan gigi Kamu secara alami.

Stroberi

Buah stroberi yang asam ini memang memiliki banyak kandungan vitamin C. Tak hanya itu, meminum jus stroberi secara teratur juga mampu membersihkan gigi. Tapi ingat, ampas stroberinya jangan dibuang ya. Gosokkan ampas tersebut pada gigi dan biarkan sebentar, lalu berkumur. Bila dilakukan secara teratur, hasilnya akan cukup memuaskan loh!

Kulit lemon

Bila Kamu ingin memakan buah lemon, kulitnya jangan dibuang. Kulit buah lemon yang digosokkan ke gigi juga bisa untuk memutihkan gigi Kamu. Asyik kan kalau Kamu mendapatkan manfaat dobel?

Kurangi makan makanan manis

Makanan manis seperti permen dan cokelat bisa menimbulkan karang gigi kalau Kamu lupa untuk menggosok gigi. Sebaiknya kurangi mengonsumsi makanan yang mengandung kadar gula terlalu tinggi.

Rutin periksa gigi ke dokter gigi

Hayo, siapa yang masih takut ke dokter gigi? Kamu sangat dianjurkan untuk memeriksa kondisi gigi ke dokter gigi setidaknya 1 kali dalam 1 tahun atau tiap 6 bulan sekali supaya gigi Kamu mendapat perawatan dan pemeriksaan yang benar.

Mudah bukan cara merawat gigi agar gigi tetap sehat dan kuat. Jika Kamu malas dalam merawat dan membersihkan gigi, tentu gigi Kamu akan rusak bahkan dapat memicu timbulnya bau mulut. Bagaimana cara mengatasi bau mulut ini bisa Kamu baca di Cara Cepat Menghilangkan Bau Mulut Secara Mudah.

Itu tadi beberapa tips tentang cara merawat gigi, tips lain yang juga wajib Kamu baca:

Cara Merawat Gigi Palsu Mudah, Praktis dan Benar

Cara Praktis dan Mudah Mengobati Kaki Pecah Pecah

Selamat mencoba.

 

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.