Waspadai dan Kenali Ciri Cream Wajah Berbahaya

Cream wajah berbahaya atau krim wajah abal abal beredar sangat banyak di pasaran. Oleh karena itu Kamu sebagai konsumen haruslah sangat jeli memperhatikan dan mengenali ciri ciri dari krim wajah tersebut. Tampil cantik dan menarik sudah jadi hal yang lumrah bagi kaum wanita. Banyak perempuan yang berlomba-lomba untuk tampil cantik dengan menempuh berbagai macam cara. Entah dengan diet, perawatan di salon, sampai menggunakan berbagai produk kosmetik.

Nah, dalam kesempatan ini. Kami ingin membahas lebih lanjut tentang cream wajah yang biasa Kamu pakai. Semua perempuan tentu ingin memiliki kulit wajah yang mulus dan enak dipandang, namun sudah amankah krim wajah Kamu? Jangan-jangan mengandung merkuri yang bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan?

Ciri Ciri Cream Wajah Berbahaya

Jangan sepelekan bahayanya krim bermerkuri. Sebab cream pemutih wajah yang mengandung merkuri dapat merusak lapisan kulit secara permanen, merusak sistem syaraf, mengakibatkan gagal ginjal, kerusakan otak, kanker, dan juga membahayakan janin bagi wanita hamil.

Yuk, simak ciri-ciri cream wajah yang mengandung merkuri berikut ini!

1. Tidak terdaftar di BPOM

Salah satu ciri yang dapat Kamu periksa sebelum membuka kemasannya adalah dengan memeriksa apakah cream wajah tersebut memiliki nomor BPOM atau tidak. Bila belum terdaftar di BPOM, besar kemungkinan krim tersebut belum melalui serangkaian pengujian untuk mengetahui apakah krimnya aman dipakai atau tidak. Untuk mengetahui cream wajah ataupun kosmetik yang Kamu pakai terdaftar di BPOM atau tidak, bisa Kamu cek di Database Registrasi BPOM RI

2. Warna cream mengkilap

cream wajah berbahaya

Sekarang, coba periksa isinya. Apakah cream wajah Kamu mengkilap? Krim palsu biasanya diwadahi sebuah toples kecil dan warnanya sangat menyolok. Entah itu warna kuning atau putih seperti mutiara. Para produsen krim abal-abal ini biasanya menggunakan bahan pewarna yang berbahaya. Bahkan para produsen nakal ini menggunakan bahan pewarna tekstil untuk menekan biaya produksi dan meraup untung yang lebih banyak.

3. Bau menyengat

Dalam krim-krim yang mengandung merkuri biasanya akan tercium aroma seperti logam yang sungguh menyengat. Biasanya bau logam tersebut akan disamarkan dengan aroma parfum yang berlebihan. Bila Kamu kebetulan sedang menggunakan produk semacam ini, segera hentikan pemakaian dan buang krimnya.

4. Krim tidak tercampur secara rata dan lengket

Ciri lain dari krim yang berbahaya adalah teksturnya yang lengket dan tak tercampur secara merata. Kadang bagian yang mengandung minyak akan terlihat terpisah di dalamnya. Selain itu, ketika digunakan rasanya begitu kasar di kulit.

5. Panas dan perih ketika digunakan

cream wajah berbahaya

Pemakaian krim yang berbahaya biasanya akan cepat bereaksi di kulit. Cobalah rasakan, apakah kulit Kamu terasa panah, perih, merah-merah, atau gatal? Bila iya, hentikan pemakaiannya. Jangan percaya dengan slogan-slogan yang menganjurkan Kamu untuk tetap memakainya. Sebab, cream semacam itu mengandung bahan-bahan keras yang tidak cocok bagi kulit dan akan menimbulkan iritasi yang lebih serius lagi.

Saat Kamu hendak membeli cream, cek krim tersebut dengan dioleskan ke punggung tangan Kamu. Jika terasa panas, itu artinya krim tersebut tidak cocok dengan kulit Kamu.

6. Kulit merah saat terpapar sinar matahari

Kulit kita ini sebenarnya memiliki sistem perlindungan sendiri yang akan melindungi kita ketika berada di bawah sinar matahari. Namun, bila kita menggunakan cream wajah yang berbahaya, kulit kita akan lebih mudah merah saat terpapar cahaya matahari. Hal ini dikarenakan lapisan kulit kita telah tergerus oleh kandungan berbahaya yang ada dalam krim abal-abal tersebut.

7. Hasilnya sangat cepat

Kamu patut curiga dengan krim-krim tidak terdaftar yang menawarkan janji manis seperti putih dalam 7 hari atau sebagainya. Sebab, efek yang cepat itu ditimbulkan oleh kandungan merkuri atau hidrokuinon di dalam cream. Hasil pemakaian krim tersebut memang seolah sangat memuaskan. Kulit wajah jadi putih mulus, tidak ada jerawat, dan pori-porinya mengecil. Namun itu adalah pertanda bahwa kulit Kamu telah terkikis lapisannya.

8. Kulit terlalu putih

Krim berbahaya biasanya akan menyebabkan kulit Kamu terlihat sangat putih dan mengilap. Namun putihnya bukan seperti kulit yang sehat dan segar. Putih yang dihasilkan oleh krim-krim berbahaya adalah cenderung pucat.

9. Efek ketergantungan

Tahukah Kamu apa ciri yang paling mengerikan dari cream wajah berbahaya? Cream semacam itu akan menimbulkan ketergantungan. Bila Kamu tidak menggunakan krim itu lagi, wajah jadi kusam dan berjerawat. Bila terus-terusan dipakai, racun dalam tubuh Kamu akan terus tertimbun dan kulit Kamu malah semakin rusak.

Jadi, berhati-hatilah dalam memilih cream untuk wajah! Jangan tergoda dengan penawaran krim-krim racikan dokter yang dijual secara bebas di luar sana. Harganya mungkin murah, tetapi efek yang ditimbulkan akan membuat Kamu menyesal.

Untuk mendapatkan kulit wajah yang putih berseri tidak harus menggunakan cream pemutih dari bahan kimia. Kamu dapat memilih cream yang terbuat dari bahan alami dan tentu saja lebih aman.

Baca di Pemutih Wajah Alami Efektif Tanpa Efek Samping

Kenali dan pahami cream wajah yang akan Kamu gunakan. Jangan sampai Kamu menggunakan cream wajah berbahaya yang tidak terdaftar di BPOM.

Baca juga:

Cara Terbaik Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami

Tips Alami Memutihkan Kulit Tubuh Paling Ampuh

Selamat mencoba, jangan lupa di share ya.

 

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.