Hati Hati, Ini Efek Samping Makan Sayur Daun Kelor

Daun kelor sudah dikenal dengan sejuta manfaatnya mampu mengatasi berbagai macam penyakit. Namun tahukah kamu, kalau ternyata mengkonsumsi sayur kelor tanpa takaran yang jelas justru dapat membahayakan tubuh.

Efek samping maan sayur daun kelor cukup berbahaya jika konsumsi daun kelor secara berlebih dan tanpa takaran yang pas. Efek samping ini tentu akan mengganggu kinerja tubuh.

Efek Samping Makan Daun Sayur Kelor

Berikut adalah efek samping makan daun sayur kelor yang terjadi jika konsumsi tidak sesuai takaran:

1. Hipotensi atau Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan alkaloid pada daun kelor mampu menurunkan tekanan darah. Untuk kamu yang memang sudah mempunyai tekanan darah normal atau bahkan rendah, sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi daun kelor.

Konsumsi daun kelor berlebih pada penderita darah rendah justru akan berbahaya. Alih alih mendapatkan manfaat dari daun kelor tersebut, kamu justru bisa mengalami syock karena tekanan darah yang turun drastis.

2. Menimbulkan Diare

Efek laksatif atau pencahar pada daun kelor sangat bermanfaat untuk mengatsi sembelit. Namun jangan salah, konsumsi berlebih atau konsumsi saat kamu sedang diare justru akan memicu diare atau memperberat diare tersebut.

Oleh karena itu, sanagat tidak disarankan untuk mengkonsumsi daun kelor bersama dengan obat pencahar atau makanan tinggi serat. Seperti agar agar, pepaya dan lain lain.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun kelor mempunyai kandungan antiglikemik atau mampu menurunkan kadar gula darah. Kalau kamu mempunyai riwayat hipoglikemi atau gula darah rendah, sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi daun kelor.

Pasalnya kandungan antiglikemik pada daun kelor akan langsung mengikat dan menyerang sehinggga kadar gula dalam darah akan langsung drop. Yang mana gula darah merupakan slah satu dari sumber tenaga. Jika gula darah rendah tentu kamu akan merasa lemah.

Hipoglikemi ditandai dengan rasa pusing, mual, pucat lemah bahkan kadang sampai pingsan.

4. Memperlambat Detak Jantung

Detak jantung rendah atau bradikardi merupakan keadaan dimana denyut nadi kurang dari 6o kali per menit.  Untuk kamu yang mempunyai gangguan irama jantung, sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi daun kelor.

Senyawa alkaloid dalam daun kelor mampu melemahkan detak jantung. Meskipun belum diketahui seberapa banyak kandungan alkaloid yang dapat mengacaukan irama jantung.

5. Kerusakan Ginjal dan Hati

Tidak ubahnya konsumsi obat jangka panjang, mengkonsumsi daun kelor dalam kurun waktu yang panjang juga sangat tidak disarankan. Meskipun dikatakan alami, konsumsi daun kelor untuk jangka panjang juga akan berpengaruh pada hati dan ginjal.

6. Alergi

Meskipun tidak banyak ditemukan, namun ada beberapa orang yang mempunyai alergi pada daun kelor. Kalau kamu memiliki alergi pada daun kelor, kamu tidak boleh menggunakannya. Penggunaan untuk aplikasi masker atau yang lain bahkan untuk konsumsi sangat tidak dianjurkan.

7. Berbahaya Untuk Kandungan

Pada bagian kulit, akar dan bunga dari daun kelor sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Yang mana pada bagian tersebut dapat memicu kontraksi pada kandungan dan menyebabkan keguguran.

Cara Aman Konsumsi Daun Kelor

Agar kamu tetap aman dalam mengkonsumsi daun kelor dan mendapatkan manfaat dari daun kelor itu sendiri kamu harus memperhatikan cara pengolahannya.

1. Hindari Bagian Akar

Hindari bagian akar, dimana bagian akar dari daun kelor merupakan bagian yang sangat beracun. Untuk bagian daun kelor yang lain seperti bunga dan daun hanya berbahaya jika dikonsumsi dengan berlebih.

2. Gunakan Sesuai Dosis Yang Disarankan

Saat merebus daun kelor, pastikan kamu mengikuti petunjuk tentang banyaknya daun kelor yang gharus direbus. Jumlah daun kelor yang tidak tepat saat perbusan akan meningkatkan efek samping saat mengkonsumsi daun kelor.

3. Segera Hubungi Dokter Bila Muncuk Efek Samping

Saat muncul gejala efek samping atau keadaan tidak membaik, segera hubungi dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

Meskipun dikenal dengan sejuta manfaatnya, namun tidak memungkiri bahwa makan daun kelor juga mempunyai efek samping yang cukup banyak. Untuk itu kita harus bijak dan berhati hati dalam mengkonsumsinya.

Baca juga:

Cara Aman Mendapat Manfaat Daun Kelor Yang Wajib Kamu Ketahui

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.