11 Jenis Mawar Langka dan Unik di Dunia

Mengaku pecinta mawar? Kalau iya kamu pasti tahu juga kan ada beberapa jenis mawar yang bisa dikatakan langka ditemukan? Jenis mawar langka ini hanya bisa ditemukan dibeberapa daerah saja.

Tidak usah khawatir, kamu yang tinggal di Indonesia bisa juga kok menanam jenis mawar langka ini. Karena beberapa dari bibit jenis mawar langka ini sudah dijual dibeberapa ecomerce di Indonesia.

Jenis Mawar Langka di Dunia

1. Bunga Mawar Juliet

jenis mawar langka
boombastis.com

Mawar juliet mempunyai bentuk kelopak yang indah dan juga warna yang sangat cantik. Mawar yang satu ini juga mempunyai bau yang khas wangi dan lembut. Bunga hasil budidaya David Austin ini pertama kali dikenalkan diajang Chelsea Flower Show pada tahun 2006.

Bunga mawar ini tergolong langka karena dikabarkan selain sulit untuk tumbuh diberbagai daerah, bunga mawar ini juga hanya berbunga puluhan tahun sekali. Ada yang bilang sampai 15 tahun sekali.

Dalam proses mekarnya mahkota bunga, mawar juliet ini membutuhkan bantuan badai untuk proses penyerbukannya. Jadi kalau tidak ada badai, bunga mawar juliet tidak bisa mekar.

Bunga mawar juliet juga dikenal sebagai bunga termahal di dunia. Harganya cukup fantastis yaitu sekitar $ 3 juta dollar diawal peluncurannya. Atau sekitar 29 ,9 milyar. Dan dikabarkan harga jenis mawar langka yang satu ini naik setiap harinya.

2. Mawar Hitam

Bunga mawar hitam ini merupakan salah satu jenis mawar langka berikutnya. Kalau ingat mawar hitam jadi keinget juga sama lagunya tipe X. Auto nyanyi deh.

Ternyata mawar hitam beneran ada, tidak cuma lirik lagu atau cuma dongeng saja. Namun, mawar hitam ini hanya bisa mekar saat musim panas dan jumlahnya juga relatif sedikit.

Mawar hitam ini dapat tumbuh karena tingkat kesuburan dan kadar asam tanah di desa Halfeti yang dialiri sungai Efrat. Di Halfeti, Turki di daerah asalnya sana mawar ini benar benar berwarna hitam pekat.

Kalau kamu berminat, kamu juga bisa menanam mawar hitam ini. Biji bunga mawar hitam sudah banyak dijual di toko ecomerce disini. Namun untuk berhasil atau tidaknya, Saya sendiri juga kurang tahu. Karena saya pribadi belum perna mencoba menanam jenis mawar langka ini ^^

3. Mawar Biru

primatrans.co.id

Jenis mawar langka berikutnya dalah mawar biru. Mawar yang satu ini beneran berwarna biru. Birunya bukan karena proses dari osmosis. Dulunya mawar biru merupakan proses osmosis dari mawar putih yang dicelupkan pada cairan warna biru.

Namun sekarang, mawar biru bukanlah isapan jempol belaka. Pada tahun 2004 lalu, para ilmuan holtikultura telah berhasil menciptakan bunga mawar biru ini melaui rekayasa genetika. Namun bunga mawar ini sebenarnya tidak berwarna persis biru, melainkan agak lavender yang mendekati warna biru.

Untuk bunga warna biru ini juga tidak bisa sembarangan hidup di berbagai tempat. Di ecomerce Indonesia banyak sekali bersliweran penjual bibit bunga mawar biru dengan harga yang relatif murah. Namun saya sendiri juga kurang tahu apakah itu bunga mawar biru asli atau tidak.

Sepengetahuan saya, belum pernah saya menemui bunga mawar biru ini tumbuh didaerah Indonesia. ^^

Jenis Mawar Unik di Dunia

kalau diatas adalah jenis mawar langka, sekarang kita akan kasih info tentang beberapa jenis mawar unik yang populer di dunia.

1. Hybrid Tea

Hybrid tea ini merupakan jenis mawar dari persilangan mawar hybrid dan mawar tea. Hybrid tea merupakan mawar yang cocok digunakan untuk mawar potong. Yang mana dalam satu batang mawar dapat menghasilkan 5-6 bunga mawar.

Mawar jenis ini juga memepunyai warna bunga yang unik karena berwarna warni. Bunga dari hybrid tea juga tergolong besar dan anggun.

2. Damask Rose

Bunga yang satu ini selain mempunyai bentuk yang cantik juga mempunyai wangi yang sangat harum. Tidak aneh jika bunga ini sering dijadikan bahan baku parfum.

3. Banksiae

jenis mawar langka

Jenis mawar ini adalah mawar yang paling cepat berbunga diantara jeis mawar yang lain. Mawar banksiae ini membutuhkan ruang yang cukup luas untuk berkembang. Selain itu, bunga ini juga membutuhkan cuaca hangat untuk berbunga.

4. Floribunda

jenis mawar langka

Jenis bunga mawar yang satu ini adalah hasil dari persilangan atara mawar hybrid dan polyantha. Warnanya cantik dan unik bukan?

5. Mawar Batik

jenis mawar langka

Jenis mawar yang satu ini mempunyai warna yang cukup unik karena berwarna warni seperti batik. Memiliki bunga yang berbeda dari jenisnya, mawar batik ini terlihat cukup unik bukan.

Duri pada batang mawar batik juga relatif lebih kecil dibandingkan dengan duri tanaman mawar pada umumnya.

6. Mawar Batik

jenis mawar langka

Bunga mawar yang satu ini unik bukan. Warna warni persis seperti pelangi. Ada yang bilang kalau mawar ini hasil dari persilangan. Namun sebenarnya mawar pelangi ini berasal dari pewarnaan osmosis pada batang.

Jadi kalau kamu beli bibit bunga mawar pelangi, kemungkinan besar tidak bisa mekar bunga mawar pelangi.

Nah itu tadi sedikit ulasan tentang jenis mawar langka dan unik. Menarik bukan? Bahkan ada yang aneh dan bener bener unik.

Baca juga:

Jenis Tanaman Ranmbat tidak Merusak Dinding

Cara Simpel Menanam Mawar dari Batang Agar Cepat Tumbuh

Jangan lupa like dan share ya ^^

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.