Makanan Semut Rangrang Agar Cepat Bertelur

Semut rangrang atau semut api merupakn semut penghasil kroto. Dalam pemeliharaannya, makanan semut rangrang haruslah diperhatikan. Ada beberapa jenis makanan semut rangrang agar cepat bertelur.

Selain memperhatikan jenis makanan, kecukupan makanan dalam kandang semut juga harus diperhatikan. Jika makanan yang Anda berikan di kandang kurang, kemungkinan besar semut akan memangsa kroto. Tentu hal ini akan membuat kroto ternakan Anda berkuramg.

Makanan Semut Rangrang agar Cepat Bertelur

Ada beberapa jenis makanan yang bisa Anda berikan untuk ternakan semut rangrang Anda. Jenis makanan unggul ini tentu dapat berpengaruh pada hasil kroto Anda. Makanan yang berkualitas tinggi tentu juga akan menghasilkan jenis kroto yang berkualitas tinggi pula.

Berikut adalah beberapa jenis makanan semut rangrang agar cepat bertelur yang bisa Anda pilih:

1. Ulat Hongkong

Ulat Hongkong biasanya langsung diberikan untuk pakan burung. Ulat Hongkong ini mengandung protein tinggi yang sangat baik untuk burung Anda.

Namun ulat Hongkong bisa juga diberikan sebagai pakan semut rangrang agar cepat bertelur.

Protein tinggi pada ulat hongkong yang berpadu dengan pada kroto akan menghasilkan kroto unggul untuk unggas Anda.

2. Ulat Daun Pisang

Sama halnya dengan ulat hongkong, ulat daun pisang ini juga tinggi protein. Ulat daun ini juga bisa diberikan langsung sebagai makanan burung.

Namun jika ulat daun pisang ini diberikan pada kroto, kroto yang dihasilkan juga kroto dengan kualitas unggul.

Untuk ulat daun pisang ini juga termasuk ekonomis, karena anda dapat menemukan ulat daun pisang dimana mana. Mengingat pohon pisang bisa tumbuh di sepanjang jalan kenangan.

3. Jangkrik

Jangkrik ini masih satu family dengan belalang. Jangkrik juga termsuk makanan kesukaan semut rangrang. Kandungan proteinnya juga cukup tinggi. Mnegalahkan kandungan protein pada daging ataupun ayam dan udang.

Jangkrik juga bisa diberikan langsung pada burung. Namun pemberian jangkrik pada semut rangrang sangat baik karena mampu menghasilkan kroto dengan kualitas super.

Mengingat pergerakan jangkrik yang cukup lincah, sebaiknya lumpuhkan dulu jngkrik saat akan diberikan pada semut rangrang.

4. Belalang

Sama halnya dengan jangkrik, belalang juga bisa dijadikan pilihan untuk pakan semut rangrang.

Protein yang terkandung pada belalang tidak kalah tinggi dengan jangkrik. Selain itu, belalang bisa disebut juga sebagai pakan semut rangrang alami. Dimana di alam bebas pun semut rangrang juga memakan belalang.

5. Cicak

cicak ini juga bisa dijadikan pilihan untuk pakan semut rangrang. Pemberian cicak dapat membantu semut rangrang untuk mempercepat proses reproduksi. Selain itu juga mampu menghasilkan kroto yang unggul.

Cicak juga cukup mudah ditemui. Hampir setiap rumah pastilah terdapat hewan yang satu ini. Cicak bisa langsung diberikan untuk makanan semut rangrang. Karena semut rangrang merupakan semut yang menyukai segala jenis daging. Tidak terkecuali daging cicak.

6. Cacing Tanah

Cacing tanah bisa dikatakan makanan tambahan atau extra food untuk menunjang agar semut rangrang dapat menghasilkan kroto lebih cepat dan berkualitas.

Sama halnya dengan belalang atau jangkrik, cacing tanah ini juga merupakan makanan alami semut rangrang di alam bebas.

7. Tulang Ayam

Tulang ayam juga bisa Anda berikan untuk tambahan makanan semut rangrang. Jangan lupa untuk memasak dulu tulang ayam agar tidak cepat busuk.

Sebelum diberikan, pecah atau hancurkan dulu tulang ayam ini. Pastikan sum sum tulangnya keluar. Sum sum tulang inilah yang akan dijadikan makaan kroto.

Sum sum tulang ayam merupakan makanan kesukaan kroto. Sum sum tulang ayam ini juga mampu meningkatkan reproduksi smeut, Dengan kata lain, pemberian sum sum tulang ayam secara rutin mampu meningkatkan jumlah kroto.

8. Daging Ayam

Selain tulangnya, semut rangrang juga sangat menyukai daging ayam. Sama halnya dengan tulang ayam, jangan lupa untuk memasak terlebih dahulu daging ayam agar tidak menimbulakan bau busuk.

Bau busuk pada kandang akan membuat semut rangrang menjadi stress dan pergi meninggalkan kandang.

9. Gula tebu

Di alam bebas, biasanya kroto akan mengambil embun madu dari pucuk pucuk daun. Jika Anda ingin membudidayakan kroto, pemberian air tebu tidak boleh dilupakan.

Jika kesulitan mendapatkan air tebu, Anda bisa menggantinya dengan air gula pasir.

10. Pemilihan Lokasi Budidaya

Pemilihan lokasi budidaya untuk semut rangrang ini juga merupakan hal yang krusial.

Tempatnya haruslah nyaman dan tengan, jauh dari keramaian dan lalu lalang orang. Selain itu tingginya sekitar 1500 mdpl sampai 1800 mdpl.

Tempat yang nyaman jutgga mampu meningkatkan produktivitas semut rangrang disamping makanan yang bergizi. Karena akan sia sia jika semut diberikan makanan yang tinggi kandungan gizi namun tempatnya tidak nyaman akan membuat semut stress.

11. Suhu Kelembapan dan Cahaya

Suhu, kelembapan dan cahaya sangat berpengaruh pada produktivitas semut rangrang. Letakkan kandang pada tempat dengan suhu 26 – 30 derajat Celcius dan kelembapan 60 – 70%.

Selain itu, letakkan juga sarang pada tempat yang agak gelap dengan intensitas cahaya yang cukup sedikit.

12. Proses Pemanenan

Proses pemanenan juga sanngat berpengaruh untuk produktivita

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.