Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan dan Kecantikan Wajah

Manfaat buah pear atau buah pir ternyata cukup banyak dan wajib Kamu ketahui. Kamu tahu buah pir kan? Buah yang kulitnya berwarna kuning dengan bintik kecoklatan ini ternyata memiliki segudang manfaat.

Selain rasanya yang enak dan segar, pir sangat berguna untuk kesehatan. Tidak hanya kesehatan, tapi buah pir ini juga bermanfaat untuk menjaga kebugaran dan kecantikan Kamu.

Buah pir ini juga sangat bagus sekali untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan vitamin dan serat yang cukup tinggi menjadikan buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi setiap hari

manfaat buah pear

Manfaat Buah Pir Untuk Diet dan Wajah

Tentang manfaat buah pir ini bisa Kamu baca selengkapnya di Berikut ini beragam manfaat dari buah pir.

1. Anti radikal bebas

Buah pir banyak akan kandungan vitamin C, K, dan tembaga yang sangat berguna untuk menangkal radikal bebas yang bisa merusak berjuta sel dalam tubuh.

2. Melancarkan pencernaan
manfaat buah pear

Dalam 1 buah pear ukuran sedang terkandung sekitar 5,5 gram serat. Bila kamu mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat, tentunya proses pencernaan dalam tubuh pun bisa bekerja dengan baik.

Serat bisa membuat tubuh lebih mudah menyerap vitamin serta mineral dalam makanan. Selain itu, manfaat yang paling utama dari serat adalah mengatasi sembelit (susah BAB), mencegah wasir, serta menjauhkan diri kita dari penyakit seperti kanker usus besar.

3. Mencegah penyakit kanker

Rutin mengkonsumsi 1 buah pir tiap harinya dapat menurunkan risiko kanker payudara sampai 34% pada wanita yang telah memasuki masa menopause.

4. Mencegah osteoporosis

Seiring bertambahnya usia, masa tulang akan menurun dan membuat tulang Kamu mudah mengalami keropos atau osteoporosis. Agar terhindar dari osteoporosis, kamu bisa menjadikan pir sebagai menu diet yang dikonsumsi tiap hari.

5. Mengontrol tekanan darah

Buah pear mengandung 212 mg kalium yang dapat membantu jantung bekerja secara normal. Anti karsinogen glutathione dan anti oksidan di dalam sebuah pir pun sangat bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah dalam tubuh.

6. Mencegah stroke

Menurut American Heart Association, memakan 1 buah pir tiap harinya bisa mengurangi risiko terserang penyakit stroke hingga 52%. Zat flavonoid yang terkandung dalam buah pir bisa menurunkan risiko sakit jantung dan kematian yang diakibatkan oleh penyakit jantung.

7. Menjaga daya tahan tubuh

Buah pear mengandung 7,5 mg vitamin C yang bisa mencukupi sekitar 10% kebutuhan vitamin C harian Kamu. Seperti yang Kamu ketahui, vitamin C bisa menjaga imunitas tubuh dan menghalau datangnya beragam penyakit.

8. Menambah energi

Bila kamu merasa lemas, cobalah mengkonsumsi buah pir. Kandungan glukosa yang tinggi di dalamnya bisa dengan cepat mengembalikan energi tubuh Kamu.

9. Mengontrol kadar gula dalam darah

Walaupun buah yang satu ini lumayan manis, pir tergolong buah yang indeks gliserin di dalamnya rendah tetapi sangat tinggi serat. Oleh karena itu bagi Kamu yang menderita diabetes ataupun ingin mencegah penyakit diabetes bisa mengkonsumsi pir dengan nyaman. Sebab pir dapat mengontrol kadar gula dalam darah.

10. Mengatasi peradangan

Buah pir bersifat anti-inflamasi alias anti peradangan. Sehingga pir dapat mengatasi arthritis dan sebagainya.

11. Mengatasi jerawat

Buah pir dapat membantu mengurangi jerawat dari dalam. Sebab vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit.

Baca juga: Tips Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Mudah

12. Perawatan bibir kering dan pecah-pecah

Pir mengandung asam laktat yang sangat baik untuk melembapkan bibir dan mengembalikan kelembutan bibir.

13. Mengatasi kulit berminyak

Bila Kamu tergolong orang yang memiliki kulit berminyak, Kamu dapat memanfaatkan pir untuk mengurangi minyak di wajah.

Caranya :

  • Hancurkan pir lalu dicampur krim segar dan madu murni
  • Aplikasikan pasta tersebut 3 kali seminggu sebagai masker wajah.

14. Mengatasi rambut kering dan kusam

Selain untuk kesehatan tubuh dan kulit, buah pir berguna untuk mengatasi kekeringan pada rambut. Vitamin C serta antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat menghaluskan tiap helai rambut Kamu secara alami.

15. Mencukupi gizi ibu hamil

Hal terakhir yang paling penting dari buah pir adalah dapat mencukupi gizi bagi ibu hamil. Buah pir mengandung banyak asam folat yang bisa mengurangi risiko cacat lahir pada bayi. Oleh karena itu bagi Kamu yang sedang hamil sangat disarankan untuk memakan buah pir secara teratur.

Baca juga: Cara Aman Mengatasi Keluhan Ibu Hamil

Semoga beberapa manfaat buah pir yang telah kita uraikan diatas dapat membantu dan menambah pengetahuan Kamu tentang manfaat dari buah tersebut.

Info lain yang menarik untuk Kamu ketahui:

Manfaat Kulit Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan

10 Manfaat Penting Buah Apel Untuk Ibu Hamil

Semoga bermanfaat, jangan lupa share ya.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.