Cara Aman Mengatasi Sembelit Pada Bayi Mpasi

By | Maret 9, 2019

Usia 6 bulan berarti dedek sudah mulai MPASI ya bun. Awal mula dedek MPASI seneng banget. Aku dulu juga gitu, ngumpulin resep MPASI dedek, sampai mencoba hal hal baru yang berkaitan dengan MPASI deddek. Tapi bunda juga perlu tahu tentang jenis MPASI dan tekstur MPASI yang diberikan untuk dedek.

Kadang kalu kita salah memberikan MPASI, tidak jarang hal ini malah membuat pencernaan si kecil jadi terganggu. Kalu bukan sembelit pasti diare. Yang paling sering adalah sembelit. Kasihan banget kan lihat si kecil mengejan sampai kesakitan gara gara sembelit.

Lalu bagaimana cara kita untuk mengatasi sembelit pada bayi MPASI? Sebenarnya perlu obat apa tidak sih untuk mengatasi sembelit pada bayi ini?

Penyebab Sembelit pada Bayi MPASI

Buka hanya bayi MPASI, tapi bayi ASI pun kadang juga sembelit. Namun tidak seperti bayi MPASI, Bayi ASI relatih lebih jarang sembelit karena struktur ASI yang sangat mudah diserap oleh tubuh. Sehingga hampir semua kandungan ASI terserap sempurna.

Hal ini tentu saja membuat bayi ASI lebih jarang mengalami sembelit daripada bayi yang sudah mulai proses MPASI ataupun bayi yang diberi susu formula.

Cara Mengatasi Sembelit pada Bayi MPASI

Sebelum bunda memilih obat untuk mengatasi sembelit pada bayi MPASI, ada baiknya bunda melakukan cara cara alami berikut sebagai alternatif:

  1. Berikan Alpukat

Alpukat ini sangat membantu sekali dalam mengatasi sembelit pada bayi. Bunda bisa langsung memberikan alpukat dengan cara dikerok lalu dihaluskan. Karena rasa alpukat yang lumayan pahit, bunda jangan sampai mengambil alpukat sampai kulitnya yang berwarna hijau. Cukup kerok daging yang berwarna putih.

2. Berikan Pepaya Matang

Buah pepaya memang sudah dikenal dari dulu sebagai obat pencahar secara alami. Bunda juga bisa memberikan buah pepaya ini sebagai salah satu cara mengatasi sembelit pada si kecil.

Cukup kerok daging pepaya yang sudah matang sampai halus, kemudian langsung berikan pada si kecil.

3. Berikan buah pir

Buah pir ini juga bisa buda manfaatkan untuk membantu mengatasi sembelit pada si kecil.

Caranya:

  • Kukus buah pir lalu haluskan kemudian berikan pada si kecil

4. Berikan sayur – sayuran

Selain pepaya, pir atau pun alpukat, sayur mayur juga bisa bunda berikan untuk membantu mengatasi smebelit pada si kecil.

Diantara sayur mayur tersebut antara lain wortel dan brokoli . Bunda bisa mengukus sayur sayur tersebut kemudian di blender atau disaring dengan saringan kawat.

Selain itu, bunda juga bisa melakukan beberapa tips untuk membantu mengatasi sembelit pada bayi MPASI. Selengkapnya baca

resep mpsai untuk bayi sembelit

5. Berikan cairan dari air putih, kuah sayur atau jus buah

Asupan cairan tambaha sangat penting untuk bayi MPASI. Cairan ini bisa berasal dari air putih, kuah sayur atau jus buah.

Kebutuhan cairan antara bayi sufor dengan bayi ASI tentu saja berbeda. Berikut adalah rumus yang bisa bunda jadikan pedoman dalam memberikan cairan untuk si kecil.

Bayi dengan ASI

Berat bayi (dalam kg) x 30 lalu hasilnya dibagi 2 = jumlah takaran air putih per hari (dalam ml) yang seharusnya diberikan untuk bayi MPASI yang minum ASI.

Misalnya berat bayi 10 kg, maka hitungannya menjadi:

10×30/2=150 ml air putih per hari untuk bayi ASI

Bayi dengan sufor

Berat bayi (dalam kg) x 30 = jumlah takaran air putih per hari (dalam ml) yang seharusnya diberikan untuk bayi MPASI yang minum sufor.

Misalnya berat bayi 10 kg, maka hitungannya menjadi:

10×30=300 ml air putih per hari untuk bayi sufor

Pada bayi sufor kebutuhan air putih lebih banyak daripada bayi ASI, hal ini karena air putih dibutuhkan untuk mengeluarkan sisa mineral yang terkandung dalam susu formula

7. Imbangi makanan berserat dengan makanan tinggi protein dan lemak

Perut si kecil belum terlalu kuat untuk mencerna makanan yang tinggi serat. Imbangi dengan memberikan makanan yang cukup mengandung lemak atau berikan lemak tambahan pada MPASInya.

Baca:

Bubur Sehat Bayi Usia 6-7 bulan mudah dan simpel

Menu Sehat MPASI bayi usia 6 – 7 bulan

8. Lakukan pijatan ILU

Pijatan ILU atau I Love You, bisa membantu merangsang BAB.

aksisadaralergi.org

Cara melakukan pijat ILU:

  • Gunakan 2 atau 3 jari bunda untuk memijit membentuk huruf ILU, jika dilihat dari posisi kita memijat bentuk huruf ILU terbalik.
  • urut bagian kiri bayi dari bawah iga ke bawah (huruf I)
  • urut melintang dari kanan bayi ke kiri bayi, kemudian turun ke bawah (huruf L)
  • urut dari kanan bawah bayi, naik ke kanan atas bayi, melengkung membentuk huruf U dan turun lagi ke kiri bayi. Semua geerakan berakhir di perut kiri bayi.

9. Lakukan Senam gowes

Senam gowes ini bisa bunda praktekkan setiap pagi sebelum si kecil mandi. Cukup mudah dan snagat simpel untuk dilakukan.

Saat anak telentang, bunda lakukan gerakan seperti mengayuh sepeda. Gerakkan kaki si kecil secara berulang ulang.

motherandbaby.co.id

Senam gowes dan pijat ILU bermanfaat untuk membantu menstimulasi pencernaan.

Itu tadi beberapa hal yang bisa bunda coba dalam mengatasi sembelit pada bayi MPASI. Ada baiknya bunda melakukan hal hal tersebut sebelum memilih obat laksatif atau obat pencahar.

Pemberian obat pencahar tanpa resep dokter sangat tidak disarankan, untuk itu jika si kecil tidak segera BAB segera hubugi dokter.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.