Bagaimana Cara Menyembuhkan Alergi Susu Sapi?

By | Februari 27, 2019

Anak bunda alergi susu sapi? Sama seperti anak ku, dek Fatih juga alergi susu sapi. Pusing kan bun? Banget. Sering banget bertanya, apakah alergi susu sapi bisa sembuh? Bagaimana cara menyembuhkan alergi susu sapi?

Awalnya aku juga nggak ngeh kalau anak ku alergi susu sapi. Pas tak kasih sufor dia oke oke aja, tapi pas habis dua bungkus sufor tiba tiba muncul tanda tanda alerginya.


Tanda Alergi Susu Formula

Dari gejala yang muncul sama anak ku , awalnya aku kira malah cacar. Tapi setiap diobati sembuh terus kambuh lagi.

Beberapa gejala yang muncul di anakku antara lain:

  • BAB nya sedikit lebih encer
  • muncul ruam ruam yang awalnya sedikit tapi tiba tiba bayak

Untuk lebih lengkapnya tetag tanda tanda apa saja yang muncul karena alergi sufor, bisa bunda baca di Tanda Gejala dan Cara Mengatasi ALergi Susu Sapi

Ruam ruam yang muncul pada anakku awalnya sedikit, terus banyak banget. Dikasih obat apapun nggak mempan. Terus sama DSA nya disuruh stop sufor. Alhasil setelah dua minggu stop sufor, ruam ruamnya bersih tinggal merah merah dikit.

Pas tanya sama bu dokter, bagaimana dengan susu kambing, apakah susu kambing bisa diguakan sebagai susu pengganti susu sapi.

Dan jawabannya jelas, “TIDAK”. Susu kambing dan susu sapi sama sama mengandung protein hewani. Jadi susu kambing ini tidak bisa digunakan sebagai pengganti susu sapi.

Pengganti Susu Formula untuk Anak Alergi

  • Susu Kambing

Dulu sih saya juga pernah nulis, kalau susu kambing ini diklaim mampu menggantikan susu sapi karena kandungannya yang mirip dengan ASI. Sebenarnya kalau menurut saya pribadi susu kambing memang lebih bagus daripada susu sapi karena kandungannya yang memang lumayan ,mirip dengan ASI. Selain itu dulu zamannya rosulullah minumnya susu kambing kok, bukan susu sapi. hehehe

Baca :

Kelebihan dan Kekurangan Susu Kambing untuk Bayi dan BAlita

Tapi disampng kandungannya yang memang hampir mirip dengan ASI, susu kambing tidak disarankan untuk anak yang menderita alergi susu sapi. Karena protein susu kambing itu sendiri juga sama sama protein hewani seperti susu sapi.

  • Susu SOya atau Kedelai

Sebenarnya susu soya pun tidak cukup direkomendasikan untuk menggantikan susu sapi. Karena dalam susu soya yang mana proteinya dari protein nabati pasti punya kekurangan dibandingkan dengan susu sapi.

Tapi karena susu pengganti susu sapi harganya relatif sangat mahal ( kisaran 400 ribuan per 500 gram), pilihan paling baik adalah susu soya. Sama seperti anakku, denga berbagai pertimbangan akhirnya milih susu soya.

  • Susu dengan Protein Terhidrolisa

Susu yang cocok sebagai penggati susu sapi adalah susu terhidrolisat ekstensif dan susu formula asam amino. Susu tersebut merupakan susu dengan kandungan protein susu sapi yang sudah terhidrolisa atau proteinnya dipecah dalam partikel yang lebih kecil sehingga mencegah reaksi alergi pada anak. Tapi jangan tanya ya bun, harganya beh.

Apakah Alergi Susu Sapi Bisa Sembuh?

Pertanyaan yang sering muncul dibenak bunda pastilah bagaimana caranya menyembuhkan alergi susu sapi? Apakah alergi susu sapi bisa sembuh?

DSA ( Dokter spesialis anak) anakku bilang , kalau mau mencoba memberikan susu sapi pada anak yang mengalami alergi sufor atau intoleransi laktosa tunggulah sekitaran anak usia 2 tahunan. Karena semakin gede anak tubuhnya juga akan mulai menerima protein dari susu sapi.

Jadi intinya alergi susu sapi ini insya aalah bisa sembuh dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Tapi respon anak tentu beda beda ya bun, jadi hati hati saat mulai mecoba memberikan susu sapi ini untuk si dedek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.