Tips Perawatan Tubuh Setelah Melahirkan yang Benar

Perawatan tubuh setelah melahirkan agar tubuh tidak melar dan tetap indah. Melahirkan adalah sebuah momen sangat berkesan yang dialami para ibu di belahan dunia manapun. Namun sayang, setelah berjuang hidup dan mati ketika melalui proses persalinan, tubuh Kamu pasti akan mengalami banyak perubahan.

perawatan tubuh setelah melahirkan

Hal tersebut wajar terjadi. Sebab saat Kamu hamil bobot tubuh bakal melonjak dengan drastis. Setelah melahirkan pun tubuh akan mengalami penurunan berat badan secara drastis juga meskipun banyak lemak yang tertimbun dalam tubuh pasca melahirkan karena Kamu tak ingin si buah hati kekurangan gizi ketika masih ada dalam kandungan.

Cara Merawat Badan Setelah Melahirkan

Bagi para wanita, kembali tampil cantik dan bugar setelah melahirkan tentu menjadi target yang harus dicapai. Bagi mereka yang memiliki uang lebih kebanyakan melakukan prosedur sedot lemak alias liposuction yang sebenarnya bisa berdampak buruk bagi kesehatan ibu yang menyusui. Daripada melakukan cara-cara yang tidak alami, marilah kita mencoba tips yang sehat dan aman bagi ibu setelah melahirkan.

1. Memakai gurita atau stagen

Nah, tips satu ini pasti sudah diturunkan sejak zaman nenek-nenek kita dahulu. Cara paling mudah untuk merawat tubuh setelah melahirkan adalah dengan menggunakan gurita, stagen, atau korset. Kain tersebut berguna untuk mengencangkan dan mengembalikan bentuk perut seperti semula. Setelah melahirkan biasanya perut akan terlihat kendur dan lebar. Walau memakai stagen memang kurang nyaman, kalau Kamu mau bersabar menggunakannya maka tubuh langsing pun tidak akan susah didapat.

2. Minum jamu

Jamu tidak akan pernah lekang dimakan zaman. Banyak sekali jamu dari bahan-bahan alami yang bisa Kamu konsumsi setelah melahirkan. Minumlah jamu yang bisa menghilangkan selulit, mengencangkan tubuh, dan juga menjaga stamina.

3. Konsumsi buah dan sayuran

Setelah melahirkan, Kamu dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah yang mengandung vitamin C, E, serta kolagen. Ketiga zat tersebut bisa membantu mengencangkan kulit tubuh pasca melahirkan. Sayur brokoli, buah apel, dan kiwi juga dapat Kamu coba untuk mengatasi selulit atau stretch mark.

4. Duduk atau tidur dengan posisi kaki lebih tinggi

Untuk memperlancar aliran darah dan mencegah varises, Kamu dianjurkan untuk meletakkan kaki dengan posisi yang lebih tinggi. Misalkan saat tidur, taruh bantal untuk menyangga kaki supaya posisinya lebih tinggi dari kepala.

5. Perbanyak minum air putih

Meskipun sudah melahirkan kebutuhan cairan dalam tubuh tetap harus dipenuhi. Terutama bagi ibu yang memberikan ASI eksklusif. Agar produksi ASI lancar, Kamu diwajibkan meminum banyak air putih, paling tidak 1 liter sehari. Air putih juga membantu melarutkan lemak dalam tubuh dan mengembalikan elastisitas kulit Kamu.

6. Memakai lulur badan

Lulur tradisional atau lulur kemasan bisa Kamu pakai untuk merawat kulit tubuh setelah melahirkan. Usahakan memilih lulur dengan bahan dasar bengkuang atau lidah buaya agar kulit Kamu kembali kencang dan membantu menghilangkan bekas stretch mark di kulit.

7. Berolahraga ringan

Cara lain untuk perawatan tubuh setelah melahirkan adalah dengan melakukan olahraga ringan. Walaupun ringan dan santai, usahakan untuk berolahraga secara teratur. Kamu bisa berjalan di sekitar rumah selama 20-30 menit tiap hari. Tidak perlu berlama-lama, yang penting lakukan secara rutin niscaya tubuh Kamu bisa kembali langsing dan kencang lagi.

Baca juga: Tips Mudah Memilih Susu Formula Terbaik

8. Istirahat yang cukup

Setelah melahirkan, Kamu jangan langsung bekerja atau melakukan aktivitas yang berat. Tubuh Kamu juga perlu pemulihan agar bisa bertenaga lagi. Beristirahat yang cukup pun dapat membuat kulit Kamu lebih segar. Selain itu juga dapat menyamarkan kantung mata dan lingkar hitam pada mata Kamu.

Itu tadi beberapa tips perawatan tubuh setelah melahirkan yang bisa Kamu coba di rumah.

Baca juga:

Waspadai Bahaya Memakai Sepatu High Heels

Cara Terbaik Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami

Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.