10 Ide Tanaman Merambat untuk Atap

Ingin menanam tanaman rambat untuk atap pergola Anda? Pilihan yang sangat tepat. Tanaman rambat ini tentu tidak hanya membuat atap pergola Anda menjadi indah, tapi tentu juga membuat suasana rumah menjadi adem.

Ada banyak sekali jenis tanaman rambat untuk atap yang bisa Anda pilih. Mulai dari jenis tanaman hias ataupun buah buahan. Pemilihan jenis tanaman hias untuk atap bisa Anda sesuaikan dengan peletakan tanaman yang akan Anda tanam.

Tanaman Merambat untuk Atap

Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman merambat untuk atap yang bisa Anda pilih untuk menambah kesan adem pada pergola Anda.

1. Tanaman Merambat Morning Glory

Morning Glory merupakan salah satu yang banyak dipilih dari jenis tanaman rambat untuk atap yang lain. Warna daun dan bunga yang cerah membuat tanaman ini menambah kesan segar dan indah untuk pergola Anda.

Selain itu, tanaman morning glory ini juga mampu tumbuh dicuaca yang cukup ekstrem. Jadi Anda tidak perlu khawatir tanaman rambat jenis yang satu ini tidak akan mudah mati saat kemarau panjang.

2. Tanaman Dolar

Tanaman merambat untuk atap berikutnya adalah tamanan dolar. Tanaman ini mempunyai tekstur akar yang kuat dan mencengkeram dinding rambatnya.

Daripada di atap, tanaman jenis dolar ini lebih cocok jika di tanam dengan media rambat vertikal, contohnya dinding. Dinding sangat cocok untuk jenis tanaman dolar mengingat permukaannya yang kasar sehingga tanaman dolar mampu menempel secara kuat.

3. Flame of Irian

mommyasia.id

Flame of irian atau melati irian bisa Anda pilih untuk tanaman rambat pada atap Anda. Warnanya yang orange segar dipadu dengan warna hijau pada daun membuat flame of irian sangat cocok untuk hiasan taman Anda.

Selain itu, struktur tanaman ini juga sangat cocok untuk atap pergola. Dimana mempunyai daun yang lebat dan bunga yang menjuntai kebawah menambah kesan indah pada atap pergola.

4. Melati Belanda

jogagarden.com

Tidak kalah dengan melati irian, melati belanda juga sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias pada pergola. Warnanya juga tidak kalah keren. Kombinasi warna merah hijau dan sedikit wara putih akan menambah kesan indah dan segar pada pergola.

5. Mandevilla

bacaterus.com

Bunga mandevilla juga cocok sekali untuk pilihan tanaman penutup atap rumah anda.

6. Wisteria

hitsbanget.com

Kalau Anda ingin memiliki tanaman wisteria sebagai tanaman merambat untuk atap rumah Anda, Anda juga harus bersiap siap merogoh kocek cukup dalam.

Wisteria merupakan tanaman sub tropis yang harganya cukup mahal. Selain mahal, tanaman merambat untuk atap yag satu ini juga sulit untuk hidup di daerah Indonesia.

Namun saat Anda berhasil menanam tanaman ini, Nggak rugi deh pokonya. Bunganya yang berwana ungu dan menjuntai juntai akan menambah kesan elegan pada rumahmu.

7. Lee Kwan Yew

dekoruma.com

Kalau Kamu memilih jenis tanaman ini untuk menghias atap rumah kamu, sudah dipastikan pasti rumah kamu jadi seger bener.

Struktur tanaman yang menjuntai panjang akan menambah kesan adem pada rumah.

8. Golden Moneywort

mitalom.com

Tanaman merambat untuk atap yang berikutnya adalah golden moneywort. Jenis tanaman ini merupakan tanaman daun tanpa bunga.

Tanaman golden moneywort sangat cocok untuk ditanam pada pergola kamu. Pertumbuhan tanaman ini yang menjuntai panjang, akan sangat cocok untuk di tanam di atap.

Tanaman Buah Merambat Untuk Atap

Selain tanaman bunga, tanaman buah bisa juga di tanam untuk pergola kamu. Selain menambah kesan cantik, menanam tanaman buah juga menambah keuntungan tersendiri. Ya, tentu saja selain mata dimanjakan keindahan, kita juga bisa menikmati buah yang dihasilkan.

Berikut adlah beberapa jenis tanaman buah yang bisa ditanam untuk menutup pergola kamu.

1. Anggur

Anggur ini membutuhkan waktu yang cukup lama dalam penanamannya. Selain itu, jika kamu memilih anggur untuk tanaman merambat untuk atap atau pergola kamu, kamu harus ekstra rajin dalam perawatannya.

2. Markisa

doripos.com

Markisa merupakan tanaman tropis yang berasal dari negara Brasil. Markisa ini juga sangat cocok untuk dijadikan tanaman merambat untuk atap rumah kamu.

Sama seperti anggur dan tanaman merambat untuk atap yang lain, kamu juga perlu membuat anjang anjang untuk markisa ini.

Tidak jauh beda dengan tanaman anggur, markisa juga membutuhkan perawatan yang ekstra rutin dan rajin agar tumbuh dengan baik dan rapi.

Itu;ah tadi beberapa jenis tanaman merambat untuk atap yan gbisa kamu jadikan referensi untuk taman rumah kamu.

Masih banyak juga tanaman lain yang bisa ditanam untuk atap pergola rumah.

Mungkin kamu bisa menambahkan jenis tanaman merambat untuk atap yang lain di kolom komentar. Jangan lupa like dan share ya.

Baca juga:

Cara Mudah Menanam Tanaman Rambat di Rumah

Semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.