5 Ide Tanaman Rambat yang Tidak Merusak Dinding

Mempunyai tanaman hias yang merambat dipagar dapat menambah kesan cantik pada rumah. Namun tanaman rambat ini kadang kala malah merusak dinding tembok kamu. Sebelum memutuskan akan menanamnya, kamu harus pilih pilih jenis tanaman rambat yang tidak merusak dinding.

Ada beberapa jenis tanaman rambat yang tidak merusak dinding yang bisa kamu pilih untuk ditanam di pagar rumah. Apa saja jenisnya, yuk kita simak ulasan dibawah ini.

Tanaman Rambat yang Tidak Merusak Dinding

1. English Ivy

English ivy mempunyai struktur ranting yang cukup lemah. Hal ini membuat tanaman ini mudah tumbuh pada dinding namun tidak merusak permukaan dinding.

English ivy sendiri dapat tumbuh dengan baik di segala ph tanah. Namu, PH terbaik untuk budidaya english ivy ini yaitu ph 6,5.

English ivy mempunyai warna daun yang hijau disegala musim. Jadi sangat pas buat kamu jadikan tanaman hias untuk dinding rumah.

2. Mandevilla

Mandevilla mempunyai akar yag tertanam didalam tanah. Hal ini tentu saja membuat dinding tembok kamu aman dan tidak rusak. Struktur tanaman ini menjalar sehingga mampu menutupi dinding dan mencegah kerusakan dinding akibat panas dan hujan.

Mandevilla ini merupakan salah satu jenis tanaman hias yang cukup mudah untuk kamu tanam. Mandevilla mempunyai berbagai jenis warna, diantaranya merah,pink dan putih.

Kalau kamu ingin mendapatkan pagar yang catik, kamu dapat mengkombinasikan tanaman mandevilla ini dari berbagai jenis warna. Selain itu, agar pohin yang kamu tanam cepat berbunga, letakkan mandevilla di tempat yang cukup mendapat penerangan sinar matahari.

Baca juga:

10 Ide Tanaman Rambat untuk Atap Rumah Minimalis tapi Mewah

3. Morning Glory

Tanaman Rambat yang Tidak Merusak Dinding

Morning glory merupakan salah satu jenis tanaman rambat yang tidak merusak dinding. Tanaman ini mempunyai struktur akar dan batang yang lemah sehingga aman untuk dinding tembok kamu. Selain itu struktur bunga dan daun yang bergerombol juga mampu melindungi tembok dari panas matahari.

Kalau kamu memilih morning glory untuk dijadikan tanaman hias, kamu harus rajin rajin memangkasnya. Morning glory yang dibiarkan tumbuh tanpa perawatan hanya akan membuat tanaman hias ini menjadi perdu atau semak belukar.

4. Lee Kwan Yew

Tanaman rambat yang satu ini mempunyai struktur menjuntai panjang. Batangnya yang lemah membuat tanaman ini juga aman untuk ditanaman di dinding tembok kamu.

Selain itu, Lee kwan yee cukup mudah untuk ditanam. Tanaman yang satu ini bisa tumbuh dengan baik didaerah panas ataupun dingin.

5. Air Mata Pengantin

Tanaman Rambat yang Tidak Merusak Dinding
tukangtaman.com

Tanaman yang berikutnya adalah air mata pengantin. Nama dari tanaman hias yang satu ini cukup unik buka?

Air mata pengantin juga aman untuk kamu tanam di dinding tembok karena struktur akarnya cukup lemah. Selain itu tanaman yang satu ini juga cukup mudah untuk tumbuh.

Tanaman air mata pengantin ini harus rajin kamu pangkas ya, karena tanaman ini mempunyai kecepatan tumbuh yang cukup cepat. Kalau kamu malas dalam merawat tanman yang satu ini, sudah bisa dipastikan tanaman ini akan tumbuh liar dan menutupi tanmana hias kamu yang lain.

Itu tadi beberapa jenis tanaman merambat yang tidak merusak dinding pagar rumah kamu. Selain memilih jenis tanaman, jangan lupakan juga untuk senantiasa merawat tanaman merambat kamu. Perawatan yang tepat akan membuat dinding tembok kamu awet meskipun ditumbui tanaman rambat.

Baca juga:

Cara Simpel Menanam Tanaman Rambat agar Cepat Tumbuh

Semoga bermanfaat. Jangan lupa share ya.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.