Sebab dan Tanda Tanda Pasti Hamil Kosong

By | Maret 16, 2019

Cek urine positif, tapi pas USG kantung kehamilan tidak terbentuk atau tidak terlihat. Hati hati bunda karena hal tersebut bisa jadi merupakan tanda tanda hamil kosong atau blighted ovum.

Hamil kosong ini berbeda situasi dengan kehamilan anggur atau hamil mola, berbeda juga degan kehamilan diluar kandungan atau kehamilan ektopik

Saya pribadi, saat kehamilan pertama juga mengalami hamil kosong ini. Sedih? Pasti. saya sampai harus bedrest total gara gara ini. Nangis berhari hari, berdoa berharap ada keajaiban.

Bagaimana tentang ciri, penyebab dan tanda dari kehamilan kosong ini? Agar tidak salah dalam membedakan kehamilan kosong, hamil anggur ataupun hamil diluar kandungan, kita akan bahas semua disini.

Apakah Hamil Kosong Itu?

Hamil kosong merupakan suatu keadaan dimana bunda mengalami berbagai ciri kehamilan, mulai dari pemeriksaan urine yang positif, perubahan hormon dan berbagai jenis tanda kehamilan. Namun dalam pemeriksaan USG, disebut hamil kosong karena dalam rahim tidak terdapat janin atau kantung kehamilan.

Hamil kosong ini terjadi karena sel embrio tidak berkembang. Sel embrio yang tidak berkembang ini, oleh tubuh ibu direspon sebagai benda asing, sehingga tubuh berusaha untuk mengeluarkan.

Lalu, apakah kehamilan kosong ini bisa dipertahankan? Bagaimana cara mempertahankannya atau kenapa kehamilan kosong tidak bisa dipertahankan.

Baca selanjutnya di:

Kehamilan Kosong Bisakah Dipertahankan Agar Aman

Penyebab Hamil Kosong atau Blighted Ovum

Penyebab dari kehamilan kosong ini sangat dipengaruhi oleh keadaan baik suami maupun istri.

  1. Kurang Nutrisi
gizi.fk.UB.ac.id

Mal nutrisi atau kurang nutrisi ini juga sangat mempengaruhi kehamilan kosong ini. Sel embrio tidak dapat tumbuh dengan baik karena nutrisi dari ibu tidak dapat mencukupi kebutuhan embrio.

Hal ini membuat kualitas dari sel embrio jelek dan tidak dapat berkembang dengan baik.

2. Kualitas sel telur dan sel sperma yang buruk

Kualitas dari sel sprema ataupun sel telur ini sangat berpengaruh pada pserkembangan bayi atau kehamiln ibu.

Sel telur dan sel sperma yang kurang sehat akan membuat pembuahan menjadi tidak sempurna. Hal ini juga bisa mejadikan embrio tidak dapat membelah dengan sempurna.

3. Faktor Genetik

Faktor genetik dari ayah atau ibu, bisa juga menjadi salah satu penyebab kehamilan kosong.

Tanda – Tanda Pasti Hamil Kosong

Secara garis besar, hamil kosong ini mempunyai tanda dan gejala seperti lazimnya hamil biasa. Seperti, :

  • hasil tes urine yang positif
  • Ibu mengalami perubahan fisik seperti kehamilan biasa
  • Mual Muntah, kalau saya sendiri tidak merasakan keluhan yang ini
  • Kelelahan

Serta masih banyak lagi, selengkapnya tentang tanda dan gejala atau keluhan selama kehamilan, bisa bunda bacaa disini

Keluhan Ibu Hamil dan Cara Aman mengatasinya

Tanda Pasti Hamil Kosong

Berikut ini adalah tanda pasti dari hamil kosong ini. Dan saya sendiri juga mengalami hal tersebut. Apa saja tandanya, berikut akan kita bahas:

  • Nyeri perut bawah bagian rahim

Nyeri perut atau kram ini terdapat pada perut bagian bawah, dimana merupakan letak dari rahim. Kalau saya merasakannya seperti disminore, atau nyeri haid.

Kram atau nyeri pada perut ini terjadi karena kontraksi otot rahim. Rahim berusaha mengeluarkan benda asing atau embrio yang tidak berkembang dari dalam rahim.

  • Flek darah kecoklatan

Kontraksi pada rahim karena berusaha mengeluarkan embrio yang dideteksi sebagai benda asing akan membuat dinding rahim terluka. Hal ini akan menimbulkan flek darah merah kecoklatan dari vagina.

Jika bunda mengalami hal demikian, segera lakukan USG untuk mengetahui apakah terjadi sesuatu dengan kandungan bunda.

  • Hasil USG tak tampak kantung kehamilan
hubpages.com

Untuk mengetahui secara pasti apakah kehamilan sehat atau bermasalah, USG bisa dijadikan pemeriksaan acuan untuk mengetahuinya. Pada kehamilan kosong atau blighted ovum atau biasa disebut BO, pada rahim tidak terbentuk kantung kehamilan.

Jika di USG menunjukkan hasil yang demikian, biasanya dokter akan menyarankan untuk USG lagi sekitar 1 minggu kedepan. Jika hasilnya masih tetap, sudah dipastikan kehamilan tersebut adalah hamil kosong atau blighted ovum.

Jika seorang waita sudah didiagnosa hamil kosong atau BO, maka jalan yang harus dilakukan adalah tindakan kuret.

  • Pendarahan Hebat

Pendarahn hebat ini terjadi karena proses keguguran. Biasanya hamil BO hanya akan bertahan sekitar 8 sampai 12 minggu. Kalau saya kemarin, gugur di usia kehamilan 8 minggu.

Setelah mengalami kehamilan kosong ini, ada beberapa pendapat tentang kehamilan berikutnya. Seperti saya, dari dua dokter yang saya kunjungi yang satu menyarankan untuk menunggu sekitar tiga sampai empat bulan, dan dokter yang satunya mengatakan boleh langsung hamil.

Apa dan mengapa kehamilan selanjutnya harus diberi jarak setelah bunda keguguran? Alasan selengkapnya bisa bunda baca di

Amankah Langsung Hamil Setelah Kuret?

Tips Aman Hamil Setelah Kuret

Jika bunda merasa ini bermanfaat, jangan lupa share ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.