Tips Aman Hamil Setelah Kuret

By | Maret 16, 2019

Ingin segera hamil setelah mengalami keguguran? Bunda perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan ingin langsung hamil atau ditunda dulu. Tips hamil setelah kuret ini sangat peting untuk bunda yang ingin segera hamil algi setelah kuret.

Ada dampak baik dan buruk karena proses kehamilan yang langsung setelah keguguran. Selain itu, seringkali kehamilan pasca kuret sedikit lebih sulit dan lebih lama. Hal ini juga yang biasanya membuat orang orang enggan untuk menunda kehamilan setelah kuret.

Tips Aman Hamil Setelah Kuret

Setelah kuret ada beberapa tips yang bisa bunda lakukan agar tidak terlalu lama untuk hamil lagi.

  • Hindari stress

Stress dapat berpengaruh pada keseimbagan hormon pengatur ovulasi. Jika hormon ini terganggu, tentu proses ovulasi akan terganggu juga. Untuk itu menghindari stress sangat di anjurkan.

Hal yang paling membuat stress adalah pertanyaan “Kapan hamil” saat bunda mendapatkan pertanyaan seperti itu, cukup senyum saja yang tanya nanti juga capek sendiri.

  • Persiapan secara matang

Yang berikutnya adalah bunda tidak perlu terburu-buru. Bunda harus mempersiapkan semuanya, mulai dari fisik bunda. Asupan nutrisi yang baik akan membantu memulihkan kembali rahim agar cepat sembuh.

  • Konsumsi makanan mengandung asam folat
ingincepathamilblog.wordpress.com

Asam folat ini akan membantu memperbaiki kualitas dari sel telur. Dokter saya dulu menyarankan untuk sering mengkonsumsi susu ibu hamil karena mengandung asam folat yang tinggi.

Baca juga:

10 Daftar Buah Yang Bagus Untuk Ibu Hamil

  • Konsumsi makanan penyubur kandungan

Makanan dengan kandungan asam folat juga termasuk dalam jenis makanan penyubur kandungan. Bunda bisa mengkonsumsi brokoli, bayam, jenis biji bijian, susu serta olahannya seperti es krim. Taoge juga bisa membantu menyuburkan kandungan.

  • Batasi minuman yang mengandung kafein

Ada yang mengatakan kafein ini dapat membuat bunda kesulitan untuk hamil lagi. Walaupun belum terbukti secara ilmiah, tidak ada salahnya kan membatasi konsumsi kafein ini. Kafein bisa berasal dari kopi, teh ataupun coklat tapi penyumbang kafein terbesar adalah kopi. Bunda bisa mengganti minum kopi ini dengan minum susu.

  • Hindari rokok dan alkohol

Rokok dan alkohol jelas sangat tidak baik untuk ibu. Selain bunda, ayah juga harus ikut menghindari rokok, alkohol dan juga kafein.

  • Berhubungan diwaktu yang tepat dan teratur

Dalam berhubungan dengan suami bunda bisa memilih pada waktu masa subur. Namun untuk menentukan masa subur yang tepat ini juga agak sulit. Jadi sangat disarankan untuk bunda melakukan hubungan secara rutin, setidaknya 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Tidak usah terlalu sering ya bu, karena akan menganggu proses ovulasi juga.

  • Rutin olahraga

Olahraraga yang rutin ini akan mengembalikan kesehatan tubuh. Olahraga secara ringan dan rutin akan lebih efektif daripada olahraga yang hanya sesekali tapi terlalu berat. Tidak hanya bunda yang berolahraga, tapi suami juga harus rajin berolahraga.

  • Konsultasi ke dokter

Konsultasikan ke dokter spog terlebih dahulu jika bunda mau merencanakan kehamilan lagi. Dokter akan menyarankan apakah rahim bunda sudah siap atau belum untuk menerima proses kehamilan.

  • Hindari KB Hormonal

Untuk cara yang satu ini adalah cara paling aman menurut saya. Untuk menunda kehamilan pasca kuret bunda sebaiknya tidak menggunakan KB hormonal. Kb hormonal ini akan mengganggu hormon dalam tubuh yang mana juga akan mengganggu proses ovulasi.

Sebab dan Tanda Pasti Kehamilan Kosong

Kehamilan Kosong Bisakah Dipertahankan Agar Aman

Amankah Langsung Hamil Setelah Kuret?

Jika Bunda merasa ini bermanfaat, jangan lupa share ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.